Pedagang Pasar Gede Solo, Kenduri Bagi Kemenangan Jokowi

0
41

Ahok.Org – Jelang Pilgub DKI Jakarta 11 Juli lusa, para pedagang Pasar Gede Solo menggelar kenduri. Mereka berdoa bersama agar Jokowi, Wali Kota Solo, yang ikut mencalonkan diri bisa menang dan memimpin Ibu Kota.

Para pedagang rela patungan dan menyumbangkan berbagai buah dagangan untuk hidangan kenduri.

Sebuah meja kayu diletakkan ditengah jalan kecil yang biasa untuk lalu lalang pedagang dan pembeli, persis di dekat pintu masuk pasar buah dan sayur terbesar di Solo itu. Tak lama, seorang pedagang datang membawa nasi tumpeng, lengkap dengan lauk pauk.

Beberapa saat kemudian, datang pedagang lainnya yang membawa jeruk dalam wadah anyaman bambu. Berturut-turut datang lagi pedagang yang membawa pisang, apel, alpukat, jambu, hingga pepaya.

“Para pedagang patungan sukarela untuk membuat nasi tumpeng. Sedangkan buah-buahan tadi juga sumbangan sukarela. Buah itu sebenarnya barang dagangan,” kata Tri Handayani, pedagang yang menyumbangkan satu sisir pisang, Senin (9/7/2012).

Meja yang awalnya kosong tadi pun menjadi penuh sesak oleh hidangan makanan kenduri. Para pedagang dan pembeli yang awalnya sibuk mulai berkerumun berjubal mendekati meja. Tepat di atas meja, menggantung poster bergambar Jokowi-Ahok yang mengenakan kemeja kotak-kotak. Poster berukuran sekitar 1×1 meter itu bertuliskan “Dari Solo Untuk Jakarta”.

Acara kenduri pun dimulai. Suharno, salah seorang pedagang buah memimpin jalannya doa. “Pak Jokowi akan bertarung dengan lima calon lain pada 11 Juli nanti. Sebagai pedagang yang selama ini selalu diperhatikan, mari kita berdoa bersama-sama agar Pak Jokowi diberi kemudahan,” katanya.

Seluruh pedagang diminta berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. Suasana pasar langsung hening, seolah seluruh aktifitas pasar berhenti. “Jokowi.. Yes.. Jokowi… Yes. Pasar Gede.. Yes,” teriak para pedagang serentak usai berdoa. Kenduri ditutup dengan menyantap hidangan nasi tumpeng dan buah-buahan tadi oleh seluruh pedagang dan pembeli.[tribunnews]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here