Jokowi-Ahok Tulari PNS Datang On Time Pukul 07.30 WIB

9
120

Ahok.Org – Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) dan Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyebarkan ‘virus’ baru di Balai Kota: ngantor tepat waktu pukul 07.30 WIB. Tradisi ini menular ke para PNS DKI untuk Jakarta datang on time.

“Kalau internal, ada peningkatan disiplin seperti datang tepat waktu 07.30 WIB,” ujar Ruki Cita, salah satu pegawai Pemprov DKI di Balaikota, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2012).

Menurut Ruki, dari dulu peraturan PNS DKI masuk pukul 07.30 WIB-16.00 WIB. PNS menggunakan absen sidik jari. Jika ada PNS yang datang dan pulang tidak sesuai waktunya, maka uang tunjangan kinerja daerah akan dipotong. Bahkan jika kelakuan tersebut dilakukan selama 3 hari, maka PNS juga akan menerima teguran selain dipotong uang kinerja daerah.

Nah, Ruki tidak mengetahui jika ada PNS yang pulang kerja sebelum waktunya.

“Tapi yang pasti tunjangan kinerja daerah dipotong. Sebenarnya kebijakan ini sudah lama ada sejak zaman Pak Fauzi Bowo. Telat semenit saja kita dipotong melalui akumulasi sebulan. Kalau akumulasi lebih dari 3 hari bisa ditegur selain dipotong kinerja daerahnya,” bebernya.

Begitu juga dengan PNS DKI yang bermain di sela-sela kerjanya. Menurut Ruki, setiap dinas, pekerjaan PNS berbeda-beda.

“Ada saja sih yang main game pas jam kerja. Tapi kadang-kadang kan kerjaan itu nggak semua sama di setiap dinas. Ada yang kerjanya sibuk, ada juga yang langsung selesai. Memang ya bagusnya dicari solusi serta job desk yang jelas,” kata pria yang baru 2 tahun berdinas di Balaikota DKI ini.

Selain datang tepat waktu, Ruki juga senang PNS DKI bisa langsung bertemu Jokowi dan Ahok. “Perubahan paling besar, itu ya mereka bisa langsung kayak wartawan langsung bisa bertemu gubernur. Masyarakat bisa langsung ketemu,” tutur Ruki.[Detik]

9 COMMENTS

  1. Buat pak basuki ada sdikit saran :

    1. Absensi finger print.

    Mohon di cek ulang masalah absensi itu
    masih dapat Di edit di stiap akhir bulan
    masa kerja.

    Bnyk PNS terutama di kelurahan yg absen
    dipagi hari telat, mreka bs melakukan
    editting dng meminta kepada rekannya yg
    membuat report di akhir bulan utk rekap
    pemberian TKD.

    Jadi pak basuki sebagai wagub jng hny percaya begitu aja, silahkan di cek sendiri, anda pasti tau kapan file itu di buat utk pertama kali, dan kapan yg dibuat setelah editting.

    Solusi : absensi ter integrasi pada satu system server yg tdk bisa di edit secara sembarangan oleh oknum2 PNS yg gak bertanggungjawab.

    2. JUAL BELI JABATAN

    Mohon di kroscek ke beberapa pegawai yg masih menjabat, terutama dlm 6bln – 1thn terakhir menjelang pemilukada.

    Apakah mreka diminta utk membayaR sejumlah uang kpd oknum “penguasa”?

    Solusi : coba dibuat system baru yg lebih independen agar tidak ada keterikatan “POLITIK BALAS BUDI”, krn mnurut saya ini adalah sperti budaya OPSPEK DITINGKAT KAMPUS, yg selalu menular dan akhirnya menjadi budaya turun temurun yb diwariskan.

    3. PROGRAM 1000 TOWER???

    Coba tolong di kroscek pada era bang yos ada program 1000 tower rumah susun di jkrt.

    Sampai saat ini saya masih melihat mubadzir atau ke sia sia an progam tersebut, maksudnya adalah sudah terbangun rumah susunya, tp hampir 3 thn lebih inI, rumah tersebut tdk digunakan sesuai fungsinya.

    Bayangkan jika 1 tower ada 100 unit kamar, dan di satu titik lokasi ada minimal 5 tower?

    Saya bisa memberikan foto2 Mngenai rumah susun tersebut sbagai bukti yg akurat jika anda atau pak jokowi Memang menginginkannya Utk sebagai bahan evaluasi.

    —————————————

    Utk sementara hny 3 hal tersebut yg menjadi bahan pemikiran saya, dan masih bnyk lagi permasalahan2 yg lain yg bs diangkat dan dipecahkan secara bijak.

    Jika berkenan, utk lebih lanjut, silahkan kontak saya di email saya,
    [email protected],maaf saya blm bs memberikan alamat dan no telp, krn posisi saya membeberkan permasalahan tersebut sangatlah tidak nyaman.

    Trimakasih atas perhatianya.

    • psst… mba orang dalem pemda DKI ya? 😉
      .
      abis tau banget absensi PNS bisa diedit gitu, pake spreadsheet (excel, etc) sih databasenya, makanya gampang diedit siapa aja yg bisa pake excel/etc (atow cuma dlm format text? lebih gampang lagi, semua juga bisa! kec. nenek gue yg masih nanya notepad/laptop itu apaan seh), coba pake program bikinan sendiri pake C/C++ atawa Delphi yg bisa dicompile jadi standalone program, bingung sendiri dia mo edit file yg mana, caranya gimana, dst – kec. dia sendiri hacker-minded, itupun cukup repot klo ga tau internal data structurenya (binary compressed + encoded/encrypted gitu lho).
      Boleh kontak ane klo mo dibantu beresin program absensinya.
      .
      kayaknya cewe kritis juga ente nih… psst.. “kawin yuk?”

  2. pak, saat ini saya bekerja di perusahaan minyak. ada teknologi injeksi air ke dalam bumi. sebagai contoh di salah satu lokasi kami menginjeksi air sebanyak 580.000 barrel perhari hanya dari 12 unit pompa yang masing – masing 1000 HP.
    mungkin ini bisa jadi solusi murah dan cepat pak. selain mengisi porositas tanah DKI yang memang sudah sangat kecil.

  3. Pak saya mau nanya seputar barang import dan barang yang kembali ke negara indonesia (bukan import) maaf, sebelumnya saya mau belajar dulu karena saya ada masalah di bea cukai jakarta. apa bisa bantu seputar ini?
    mohon pencerahannya.
    terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here