Jokowi-Basuki Gencar Rintis Rusun di Area Tertentu

9
133

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus merintis  pembangunan rumah susun (rusun) di area tertentu terkait penataan wilayah kumuh seperti pasar dan bantaran sungai .

Terbaru  Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama (Ahok) telah meminta PD Pasar Jaya, selaku pengelola pasar tradisional di ibu kota untuk menyiapkan pembangunan rusun di area pasar.

Dalam kaitan itu pengkajian dan koordinasi dengan instansi terkait juga terus dilakukan agar pembangunannya dapat optimal, tulis situs resmi Pemprov DKI Jakarta, Jumat (16/11/2012) .

Rencananya, lantai satu dan dua rusun akan digunakan sebagai pasar dengan pengelolaan lebih modern dan lantai tiga serta empat dijadikan ruang serba guna, klinik atau puskesmas dan sisanya dimanfaatkan sebagai hunian warga.

Kepala Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut pihaknya masih melakukan kajian dengan berkoordinasi melibatkan instansi terkait seperti, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Tata Ruang, dan Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah.

Hingga akhir tahun ini, baru dalam tahap koordinasi dan sosialisasi. “Kami harap garis besar terkait skema pembangunan rusun yang bersatu dengan pasar sudah ada awal tahun depan,” kata Agus.

Sebelumnya Gubernur Joko Widodo (Jokowi) juga sudah melontarkan rintisan rusun tak jauh dari bantaran Sungai Ciliwung sebagai bagian dari normaslisasi sungai tersebut.

Dalam kaitan ini Jokowi, tulis Antara, sudah membhasnya dengan Menteri PU Djoko Kirmanto dan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Farid.[bisnis.com]

9 COMMENTS

  1. satu apartemen/rusun ada pasar ada klinik, ruang serba guna… rasanya nanti sepi..
    marketnya kecil. nanti mubazir..
    akan lebih baik kalau 4 s/d 7 apartemen ada pasar n pujasera, klinik dan ruang serba guna bersama…

    Salam Jakarta Baru

  2. tentunya bukan bangun apartemen/rusun ditempat baru trus dibuat pasar, namun justru di lokasi pasar PD Pasar Jaya yg telah exis, sehingga pasar tetap ramai dan pemanfaatan lahan optimal serta masyarakat akan mau tinggal di rusun tsb krn sdh da fasilitaas yg komplit…Sungguh gagasan yg brilliant!!

  3. ide yang sangat bagus sekali dan saran saya dilegkapi disetiap rusun ada sport hall jadi akan bisa mengembangkan sport seperti bulutangkis dan futsal dll. Rusun akan menjadi one stop living ground. Rakyat harus menjaga agar tidak ada premanisme. keamanan juga harus dijamin. Bravo pak JOKOWI Pak AHOK suksess selalu

  4. saran buat kawan-kawan..
    mendingan masing-masing di tiap daerah kita buat satu komunitas pecinta Jokowi-Basuki

    buatku daerah medan SUMUT:
    nama : ice paisal
    tinggal: Jl.RPH mabar Lingk VII no 2
    HP : 082162422405
    “mudah2an terbentuk”
    *ngarep Mode On

  5. Saya setuju dengan gagasan ini Pak!
    Sedikit masukan, mungkin di lantai 3-4 di bagian ruang serbaguna alangkah baiknya di bentuk tempak olahraga(fitness), ruang bermain untuk anak” kecil(playground) dan perpustakaan yang tentunya gratis untuk umum. Sehingga dalam jangka panjangnya masyarakat semakin pintar dan berpotensi untuk meluruskan krisis di negara kita ini.
    dan juga harus di perkirakan area parkir dan fasilitas keamanan rusun tersebut.

  6. Gagasan bangun rusunawa di atas lahan PD Pasar jaya sudah tepat, prioritas untuk rakyat miskin dgn harga sewa 750ribu sd 1,5 jt, tapi sebelumnya e-KTPdi beresin jadi 1 ktp hanya boleh sewa 1 lokasi, atau 1 kk dgn 4 org hanya boleh sewa 1 unit, dan tidak boleh diperjual belikan hak sewanya. Kalau tidak mau sewa harus dikembalikan ke pengelola, dan pengelola harus prioritas kepada antrian sewa. Barulah program bisa tepat sasaran dan jakarta tidak ada lagi kawasan kumuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here