2013, Setiap Rabu Pegawai Pemprov Pakai Seragam Betawi

5
112

Ahok.Org – Saat menjadi Wali Kota Solo, Joko Widodo mewajibkan pegawai Pemkot memakai baju adat Surakarta. Hal ini juga akan diberlakukan kepada pegawai Pemprov DKI mulai 2013.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, sekitar 68.000 pegawai Pemprov DKI akan menggunakan pakaian adat Betawi setiap hari Rabu. Hal itu guna membangkitkan kecintaan untuk melestarikan budaya Betawi kepada para pegawai.

“Jadi, sekarang ini kita masih memilih mana motif dan model seragam yang pas untuk pegawai di lingkungan Pemda DKI. Ada banyak lho, 68.000 orang, jadi harus benar-benar pas,” ujar Jokowi di sela-sela kunjungannya meninjau kawasan wisata budaya di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2012).

Yang penting, menurut Jokowi, baju tersebut harus nyaman dan fleksibel saat digunakan sehingga tidak mengganggu aktivitas saat bekerja.

“Baju adat Betawi kan macam-macam jenisnya. Kita pilih yang sesuai dengan suasana kerja di Pemda,” ujar Jokowi yang datang dengan kemeja putih lengan panjang.

Menurut Jokowi, Pemprov telah menyediakan anggaran untuk penyediaan seragam tersebut.[Kompas]

Berita Lainnya:

5 COMMENTS

  1. Wah Pak Jokowi. ini kan ibukota Indonesia. jd tdk boleh hanya pakaian adat betawi saja dunk. kan ada byk suku dinas di pemprov DKI. bagi2 saja yg mana mewakili sumatra, jawa, bali, lombok dll. brdasarkan pulau per pulau gitu pak atw per propinsi. pasti akan sgt menarik utk daya tarik pariwisata. plus para suku dinas itu brtanggung jwb juga utk menguasai kehidupan sosial n budaya dr propinsi tsb. tdk kenal maka tdk sayang bukan ? 🙂

    • Ah ribet. Mo gimanapun Jakarta itu tetep tanah betawi. Warga lokalnya yah tetep warga betawi. Di mana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Paling gak itu yg bisa dilakukan pemprov dki supaya budaya gak punah.
      Macem2 pakaian adat mo kaya hari Kartini?

      And no gw bukan orang betawi, gw orang jawa.

  2. ya kasian dong klo pakaian adatnya macam2, seakan-akan betawi ini gak ada di indonesia dan gk di hargai.. cara hargai ya berpakailah pakaian adat betawi di tanah betawi.. itu aja uda cukup.. klo pakaian adat seluruh indonesia kan bisa dipakai pada saat acara kebangsaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here