Basuki: Gaji PNS Naik kalau APBD DKI Ratusan Triliun

4
88

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menegaskan wacana kenaikan gaji untuk pegawai negeri sipil (PNS) di Jakarta harus diimbangi dengan kenaikan pendapatan asli daerah (PAD). Menurutnya, gaji PNS layak dinaikkan apabila APBD DKI menembus angka Rp 100 triliun.

“Kalau anggaran kita sampai ratusan triliun ya gaji juga patut naik dong,” kata Basuki saat dijumpai di gedung Balai Agung, Balaikota Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Seperti diberitakan, Basuki melontarkan usul untuk menaikkan gaji PNS di Jakarta. Alasannya adalah untuk menyejahterakan PNS, lebih bersih dari upaya penyelewengan, serta memberikan kesan bangga pada para PNS sehingga mampu mendongkrak kinerjanya lebih optimal. Kalaupun ada PNS nakal yang tidak memiliki kinerja lebih baik atas kenaikan gaji tersebut, maka sanksi tegas adalah ganjaran utamanya.

Mengenai sumber dana, kenaikan gaji berasal dari APBD yang diimbangi dengan optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). Namun demikian rencana ini masih dikaji secara mendalam dengan melibatkan pakar berpengalaman dari Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

“Saat ini gaji PNS di Jakarta bisa dibilang rendah kok,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Budhiastuti mengaku belum mengetahui detail rencana tersebut. Ia menjelaskan bahwa kenaikan gaji PNS menjadi wewenang pemerintah pusat.[Kompas]

4 COMMENTS

  1. Jika Pemerintah DKI Jakarta, berhasil membuat online 100 persen PAD (Penerimaan Asli Daerah) target PAD 100 Triliun optimis berhasil dalam waktu singkat. Logikanya seperti ini, PAD yang seharusnya dibayar oleh pengusaha misalnya 4 bagian, jika ada kongkalikong dalam transaksi manual, pengusaha berusaha hemat 2 bagian, sisa yang dua dibagi 1 bagian untuk Pemda DKI dan 1 bagian untuk oknum Dinas Pajak, setelah online Pemda terima penuh PAD 4 bagian. silakan hitung jika pengusaha yang kongkalikong dengan oknum Dinas Pajak nilainya 50% dari PAD DKI Jakarta sekarang.

  2. Pegawai NEGERI yg jujur dan berprestasi harus gajinya tinggi,agar kesejahteraan hidupnya dan keluarganya terjamin.INI HARUS SEGERA DILAKSANAKAN.AGAR INDONESIA MAJU DAN BEBAS KORUPSI.
    INI BARU ADIL.ORANG YG JUJUR DAN BERPRESTASI HARUS HIDUPNYA LAYAK DAN TERJAMIN.GAJINYA HARUS TINGGI.

  3. Pecuma kalo gaji tinggi dan apa apa tinggi namun ada pinjaman dari bank yang melegalkan gadai sk sampai plafon memangkas pendapatan sampai 70% terus semakin lama kebutuhan hidup semakin meningkat untuk menutupi pendapatan yang di pangkas oleh bank harus dengan apa ujung ujungnya ya nakal kan pak…. kl udah begitu mau gaji setinggi langit tapi ada beberapa bank yang memberikan dana pinjaman dengan plafon tinggi dan pemangkasan gaji dan tunjangan sampai dengan 70 persen???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here