BTP: Kita Punya Biaya Untuk Pembangunan Deep Tunnel

20
193

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yakin gorong-gorong (Deep Tunnel) raksasa bisa terlaksana. Pasalnya dengan pengehematan anggaran yang dilakukan saat ini, akan ada uang untuk membangun infrastruktur antibanjir tersebut.

“Sekarang kan punya Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) 10 T, tahun depan diharapkan pemasukan meningkat karena online-kan, terus ada penghematan-penghematan biaya, uang kita (akan) banyak,” ujar Ahok di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/12/2012).

Sebelumnya, Jokowi menyatakan siap membangun proyek terowongan raksasa bernama Deep Tunnel berdiameter 16 meter. Terobosan ini diprediksi memakan dana Rp 16 triliun yang dibangun dari MT Haryono hingga Pluit.

Mengenai pembiayaan, Ahok masih belum menentukan dengan pembiayaan sendiri atau mendatangkan investor.”Bisa pemprov semua, bisa juga investor terserah kalau kita sendiri kita kerjakan saja, tender saja,” ujar Ahok.

Pembangunan Deep Tunnel sebenarnya sudah diusulkan oleh Sutiyoso ketika menjabat menjadi gubernur. Kemudian ketika era Fauzi Bowo proyek ini belum sempat terealisasikan karena ketiadaan biaya. Berbagai penghematan yang dilakukan era Jokowi saat ini memungkinkan proyek ini direalisasikan untuk mengatasi banjir.[Detik.com]

20 COMMENTS

  1. Kelihatannya susah di kerjakan secara teknis..deep tunnel muaranya di daerah Pluit berada di bawah muka laut, jadi akan selalu terendam air laut??…perawatannya akan mahalll
    Atau ada teknik baru?
    Salam JakartaBaru

  2. Kalau kita di Pantai… tanpa rob/pasang… sebanyak apapun air hilang ditelan laut..
    intinya buat Sungai itu perpanjangan dari laut… Buat sungai itu kedalaman 10-15 m. seolah2 laut di tarik ke daratan… ide sederhana…
    Salam JakartaBaru

  3. Pak JB

    Pembangunan Deep Tunnel sptnya Ide Bagus

    Tapi tetap hrs dikaji feasibility,apakah wajar jg dijalankan di negara maju dan Pembiayaannya ,jangan sampai terjebak kepada penggiringan semata mata

    Krn sepertinya spt gayung bersambut ,bisa tiba tiba banjir tergenang sebesar itu dan ada pihak yang langsung mengusulkan deep tunnel

    Waspadalah terhadap effect pemotongan 25 % Biaya penghematan

  4. deep tunnel kalo berakhir di laut, hati2 juga. kalo dari laut ada ombak pasang atau tsunami kecil, air dengan deras bisa berbalik…

    semoga di temukan cara terbaik ya pak Ahok.
    Apa di bangun tunnel besar mengitari jakarta, lalu baru dibuat tunnel2 masuk ke dalam kota. Air dari tunnel2 dalam kota, di saring bersih, dan tunnel yg mengitari kota dibuat atasnya terbuka dan airnya bersih.
    Dirawat baik2, bagus jg bisa buat objek wisata atau sarana transportasi.

  5. Yakin se yakin-yakinnya, DKI punya banyak anggaran…cuma apakah tepat di bangunnya hanya untuk daerah MT. Haryono sampai dengan Pluit ? Kenapa tidak dipertimbangkan untuk buat waduk atau penampungan air banjir kiriman dari Bodetabek ? Masing-masing kali dari Bodetabek yang masuk ke Jakarta, memiliki pintu air dan pintu pengalihan ke tempat penampungan/waduk. Begitu mencapai ketinggian tertentu yang akan membuat jakarta akan banjir, pintu pengalihan akan terbuka dan air mengalir masuk ke tempat penampungan. Lebih efisien kale…tinggal manfaatkan tanah pemda yang masih kosong…dan kordinasikan dengan pejabat Bodetabek

  6. proyek Deep Tunnel silaken dijalanken pak JoW/Baz, udah bagus itu.
    tapi ane mo tanya dikit, ntu BKT & BKB tujuan utamanye utk ape sih?
    tadinye ane pikir buwat ngalihin aliran sungai besar spt Ciliwung dan Pesangrahan, bener kagak sih?
    soalnye ane rada keder tiap kali denger banjir kiriman dari Bogor, Katulampa lah, dst – koq masih ade ye?
    kalo udah dialihin beban debit airnya kenape kite masih kena banjir kiriman ini?
    ane kire Jakarte butuh bukan cuma “Deep Tunnels”, tapi “Great Rivers for Super Re-Canalizations” projects tanpa harus ngemis2 ame Jawa Barat binti Banten lagi, cukup pake daerah2 urban perbatasan Bekasi dan Banten utk ngalihin aliran sungai besar dari Jawa Barat ke laut aje langsung! ga perlu nyodok2 wilayah pedaleman Jakarte lagi buwat nemuin ujung laut tuh kali2 kiriman Jawa Barat/Banten.
    Sekalian jadi marker yg tegas antara perbatasan Jakarte dgn sekitarnye. Nah kite terapin “ERP buwat masuk kota Jakarte” (nyang laen bayar! cume warga Jakarte yg GRATIS ERP!) dah disitu sekalian! Premanisme kite bales dgn ‘premanisme’ lagi! Emangnye Jawa Barat/Banten ga butuh Jakarte ape?
    Nyesek banget, mo bikin sama2 enak malah bikin enek dengernye! Jawa Barat malah minta duwit kompensasi kayak preman utk ngatasin soal banjir kiriman ke Jakarte, aje gile! emangnye ibukota negara mane sih DKI Jakarte ini? Jawa Barat bukan termasuk Indonesia yah?

    @buchebp: sesuai hukum hidrostatik, ga peduli berapa dalem dikerok, ntu area di kiri kanan sungai tetep pada kelelep donk, kan saling berusaha nyamain level air antara laut dan daratan? 🙂 musim kemarau tetep kelelep akibat arus balik dari laut, dan saat musim ujan, sami mawon, tetep kelelep juga krn level air laut tetep segitu juga bahkan malah naek, berapepun ente kasih bingkisan ‘ampas sedot WC’ ke laut!
    Yg dibutuhin masalah banjir rob/pasang ntu tanggul laut (dimana laut lebih tinggi drpd garis pantai shg wajib ‘sedot WC’ utk buwang aer comberan ke laut lewatin tanggul laut, spt di Pluit itu bos), spt di Belanda deh contoh paling pop.
    Katanye Jokowi mo bikin tanggul laut raksasa juge buwat ngatasin soal banjir rob di area pantai Jakarte ini, dah lama beritanye ntu.
    Paduin proyek “Tanggul Laut Raksasa” ala JoW/BaZ dgn proyek2 “Tanggul Sungai Bermasalah” dan “Great Rivers for Re-Canalizations” ala TaZ – mudah2an Jakarte bise bebas banjir, yah korting dikit lah buwat ente2 nyang lagi apes nangkring di wilayah rawan banjir (est. 90% flood-free).
    “Kalo kurang lagi ga bisa bos.. Ini proyek bagus punya, ane brani jamin bukan barang BM! garansi resmi distributor langsung dari pimpinan pemda Jakarte! Nih plototin stiker hologram merek “JB” di dus klo ga percaye!”

    • Peil di MT haryono itu 18m-23m dari muka air laut (chek google earth)
      Deep Tunnel Pluit sampe MT Haryono, selalu terisi air laut.. pasti deh kurang efektivitasnya…
      Udh bagus ide lama bikin Waduk kecil2 banyak atau waduk besar/raksasa di daerah depok-ciawi.. bagus untuk persediaan air juga waktu musim kemarau..
      Salam JakartaBaru

      • sori bos, ane dah capek2 nulis panjang teknis eh tiba2 ilang akibat salah pencet tombol (ngamuk2 dah ane sendirian… ()Y&_)#@*(^*($)^$@)#!!!).

        drpada gak nulis apapun, gini aja, krn dah males nulis panjang lagi trus nanti kena kutukan jande KW, eh ilang lagi:
        Nih ane bisikin aje, “pompa sedot” itu inti dari semuanye bos… (baru kemudian kanalisasi/kanal2 air dan waduk2 reservoir.)
        itu wajib ada klo mo bebas kelelep di wilayah BPL (diBawah Permukaan Laut), dan harus berkekuatan super: super cepat dan super besar daya hisapnya.
        nah baru level air bisa diturunkan drastis shg gorong2/saluran2/kanal2 air penyalur yg BPL ke arah waduk2 reservoir bisa berfungsi optimal/efektif.
        dan pompa2 sedot supernya ditempatkan di waduk spt biasa, bos…
        dan buwangnya ke laut bos… jangan ke rumah engkong tetangge, bisa kuwalat dimaki2 nanti… 😀

        Salam TaZuper-JB juga bos..

        • ga ada salah sharing. ketik lagi dong.. sy udah lihat video smart tunnel di Kuala Lumpur… agak beda dikit.. di KL itu masih 40 m lebih di atas muka air laut.. makanya smart tunnel bisa buat lalu lintas juga…

          Semangat bro Taz. ditunggu ide2 kreatif nya untuk Jakarta Baru

        • Alternatif lain, bisa juga kite bikin semacam aqueduct raksasa khusus utk mengalirkan aer comberan ke laut. Ane namain (boleh ge-er dikit ya): “TaZuper WasteDuct (TaZWaDu)”.
          ini pengembangan sedikit dari ide ane akan tanggul zuper di kali2 besar di Jakarte.
          Intinya, nanti akan dibangun tanggul tinggi di kiri-kanan kali2 besar yang tingginya TIDAK naik-turun mengikuti kontur tanah tapi rigid-lurus sesuai pola kemiringan tanah mengikuti garis lurus virtual dari level tanah yg lebih tinggi di ujung paling selatan jakarta (misal Pondok Labu/Cinere/Lebak Bulus) menuju ujung laut Jakarta di utara (misal ditampung di waduk Pluit dulu ato bisa dibuwang langsung ke laut ajeh).
          Kalo diperhatikan dgn seksama maka tinggi TaZwaDu di ujung Selatan akan hampir sama dgn tinggi TaZWaDu di ujung utara menuju laut. Ini pola dasarnya, tapi bisa dimodif shg ujung selatan bisa lebih tinggi dari ujung utara/laut agar kecepatan aliran air bisa lebih cepat sesuai hukum gravitasi dan hidrologi (contoh paling gampang, talang aer, ente coba perhatiin deh, kalo lebih miring maka lebih cepat aliran aernya).

          OK, bahasan tentang bangunan utamanya sudah, sekarang kita bahas bagaimana cara membuwang aer comberan dari warga yg tinggal di sekitar TaZWaDu ini.
          Aer comberan warga bisa disedot dgn pompa2 sedot berukuran kecil atau medium (tak perlu berkekuatan zuper besar spt pompa2 gigantic yg ditempatkan di waduk2 reservoir itu) yg harganya lebih murah drpd harga pompa zuper besar di waduk2 reservoir itu.
          Biayanya bisa ditanggung Kelurahan/warga setempat, dgn membuwat waduk2 kecil penampung sementara dan pompa sedotnya ditempatkan di waduk2 kecil tsb dan naek menuju TaZWaDu utk selanjutnya menuju laut (suck-n-forget).

          Mari kita bahas untung-ruginya dari alternatif pertama yg umum dilakukan kota2 BPL di dunia (A1) dan alternatif kedua ala ane (A2/TaZWaDu).
          Kalau saya lebih suka alternatif kedua ini drpd alternatif pertama (dimana pompa sedotnya harus berkekuatan zuper besar dan zuper mahal tentunya shg wajib dibiayai pemda kota tsb utk pembangunan dan pemeliharaannya).
          Alternatif pertama membuwat problem lumayan besar jika lebih dari 30% jumlah pompa zuper tsb fail/gagal berfungsi (misal listrik mati ato mesin rusak/tersumbat), shg debit air yg disedot berkurang drastis dan dapat membuwat luapan aer disekitar waduk/titik terendah dari saluran2 air krn tidak mampu ditampung waduk2 reservoir besar itu sesuai hukum hidrostatik.
          Alternatif kedua membuwat problem diatas terdistribusi dgn baik (very sporadic) shg jika pompa sedot di kelurahan X gagal total (100%) maka cuma aer comberan di wilayah itu yg meluap dan tidak mempengaruhi Kelurahan2 lainnya (terutama jauh dari wilayah kelurahan bermasalah tsb) yg pompa2 sedotnya berfungsi dgn baik.
          Keuntungan kedua, jika warga ingin berpartisipasi aktif, mereka bisa menambah jumlah pompa sedot yg bisa dibeli di pasaran dgn mudah dan murah jika dirasa perlu krn harganya relatif lebih murah drpd harga pompa powerful zuper besar itu.
          Jadi cukup beli pompa sedotnya sendiri, ongkos buwang aer comberan ke TaZWaDu ditanggung pemda 100% aliyas gratis!

          “Distributed waste-water suck-pumping” ini membuwat pemda jakarta cukup memikirkan biaya pembangunan TaZWaDu dan penyediaan pompa2 sedot cukup kelas medium/kecil saja yg lebih murah sesuai kebutuhan wilayah sekitar TaZWaDu dan selanjutnya urusan pemeliharaannya diserahkan ke Kelurahan setempat atau Dinas PU urusan TaZWaDu ini, termasuk penambahan pompa2 sedot tambahan jika dirasa perlu. Saking murahnya warga bisa beli sendiri pompa2 sedot tsb, dan tinggal tancepin ke TaZWaDu pipa buwangannye – rebes!
          Dgn begini pemda bisa scr bertahap menambah jumlah pompa2 sedot2 dgn cara “cicilan tanpa bunga” aliyas “beli kontan dgn harga murah, satu per satu sesuai kebutuhan”.
          Dan yg paling penting, gagalnya pompa di wilayah satu takkan mempengaruhi jumlah luapan aer/banjir di tempat lain.
          Kalo perlu, tapi tidak disarankan, banjir kiriman dari bogor/jabar/banten bisa disalurkan lewat TaZWaDu ini asal dibuat konstruksi/pondasinya lebih kokoh dan besar/tebal/tinggi di struktur letter “U” utamanya (slice view) – caranya koneksinya gimana, tinggal tanya Dinas Pu terkait, masa ane mulu nyang kerje binti kasih ide teyus neh – makan gaje buta donk masbrow2 PU ini nanti :D.
          Dan jangan sampe ada rembesan aer sedikitpun ke tanah/sekitar, krn ini utamanya utk buwang aer comberan warga jakarte.

          Sbg tambahan agar lebih murah dan efisien biaya pemeliharaannya, pompa2 sedot ini sebaiknya digerakkan dgn listrik tenaga surya (LTS) agar biaya pemeliharaan bisa lebih murah lagi, krn listriknya gratis, matahari sangat sering muncul di area katulistiwa dan terkonsentrasi penuh/terik (kenapa dibyarkan mubazir tak terpakai? padahal negara2 lain yg kesulitan dapet matahari terik spt jerman/jepang malah dioptimalkan penuh pemakaian LTS ini), tinggal sering2 aja bersihin kaca panel surya dan perawatan modul inverternya plus battery yg ga makan biaya besar asal jangan sering ditendang2 dipukul2 tiap kali ga jalan kayak benerin tipi jadul bermasalah, coba klo bisa rada intelek dikit lah hare gini ya…
          “makin tinggi demand, makin banyak suplai, makin banyak yg beli, makin murah harga barang” – hukum pasar dasar: supply vs demand vs price.
          Jadi ga usah takut harga panel surya/LTS mahal saat ini, nanti kalo dah banyak yg pake juga murah kok spt yg laennya yg sudah2, spt harga ponsel aje deh contohnye paling gampang.
          BTW, pak Baz, kapan nih mo mulai gerakan “Sadar LTS. mulai berhemat energi dan efisien dgn tenaga surya” program ane nih dgn memasang panel2 surya mulai di balaikota sbg tonggak sejarah pertama, terutama di dinding2 luwar teratas yg tak terpakai yg sering terkena sinar matahari?
          Atap dek kalo gak kepake buwat proyek “taman atap gedung” bisa dioptimalkan buwat panel surya juga.
          Ini ane ingetin sebelon orang2 sini nanti taunye “LTS murah di rumah2/gedung2 kota” itu programnye si TaZ, bukan pak BaZ, ato nanti bakal kesalip ama gedung KPK baru (ato gedung2 penting laennya) kalo misalnya mo pasang “taman atap gedung” utk menambah jumlah taman kota di jakarta sesuai program pak Jow, dan kalo memasang panel2 surya di dinding2 luwar teratas gedung utk menyuplai kebutuhan listrik di gedung KPK baru tsb.
          Tapi kok cuma 16 jumlah lantainye? mentok ampe 19 donk, sbg simbol beresin masalah korupsi dari awal/mulai (1) sampe akhir/final (9), masa brenti sampe level (6) aja prosesnya? yg blon nyampe level 7 – 9 prosesnya nanti bisa2 melenggang bebas dari jeratan hukum donk…
          “wah ceritanye nanti neh anti korupsi listrik PLN ye? ambil aje dari matahari langsung” 😀

          Dah deh, cape bener neh ane… aus2 mo minum..
          eh, ane mo ngaso dulu yeh… bye2!
          “…mana tiker ane tadi…”
          “eh ipin ccd, lu kemanain tiker ane disini?”
          “bawak kemari cepet! awas klo ente juwalin lagi ke Ma’il! gue kepret lu ntar!”

          • Sbg tambahan, sblon ada yg nanya lagi:

            TaZWaDu ini pada dasarnya menggunakan kali2 besar yg ada yg sering meluap kebanjiran ketika sedang hujan atau dapet banjir kiriman dari bogor/luwar jakarta – ini demi penghematan anggaran, jadi tak perlu dibuat khusus lagi spt Deep Tunnel (tapi kalau mau dan ada dana besar, kenapa tidak? tinggal diadopsi/dimodif sesuai kebutuhan – utk kali ini ane bahas TaZWaDu yg model DARURAT saja).
            Untuk wilayah2 dekat kali yg BPL/yg sering kebanjiran akibat luapan kali didekatnya atau tergenang akibat hujan deras, maka tanggul tinggi di kali akan sangat membantu utk mencegah luapan dari kali masuk menggenangi wilayah2 rendah/BPL tsb. Akan tetapi tanggul tsb juga mencegah aliran air hujan dari wilayah tsb menuju kali, shg diperlukan pompa2 sedot ukuran kecil/sedang (yg bahkan jika perlu dapat dibeli warga setempat dgn cara patungan/lainnya karena cukup murah) utk menyedot genangan air hujan yg ditampung di waduk2 kecil sementara dan menuju TaZWaDu (pompa sedotnya dipasang di waduk tsb dan pipa buwangannya langsung menuju ke TaZWaDu di dekatnya).
            Jadi hanya daerah2 rendah/BPL yg kena tanggul tinggi TaZWaDu yg mesti menyediakan pompa2 sedot ukuran kecil/sedang ini, sedangkan daerah2 yg tidak perlu tanggul tinggi aliyas level normal/setara level kali/laut atau lebih tinggi tidak memerlukan pompa2 sedot ini krn saluran2 air menuju kali tsb bisa langsung disalurkan ke TaZWaDu spt biasa/normal.
            Pembangunan tanggul tinggi dan penyediaan pompa2 sedotnya utk proyek TaZWaDu inipun bisa bertahap, tak perlu harus selesai langsung secepat2nya, cukup disesuaikan dgn ukuran kantong (bujet anggaran) pemda saat itu – pokoknya baru wilayah rendah yg terkena pembangunan tanggul tinggi wajib sekalian disediakan pompa2 sedotnya dan harus berfungsi dgn baik, shg wilayah tsb bisa bebas banjir saat kejadian (kena banjir kiriman/hujan deras).
            Kalau ada dana lebih, memang sebaiknya dasar kali diratakan agar lurus segaris seluruh dasar kali dari hulu sampai hilir demi mengurangi turbulensi air (pusaran) yg menghambat/melambatkan kecepatan aliran air kali menuju laut (sesuai hukum hidrologi, makin cepat/deras aliran air berpindah, maka makin rendah level air setempat shg mencegah meluapnya air kali melewati tanggul).

            Kira2 spt itu gambaran umumnya dari master plan ane tsb.
            Mudah2an ide TaZWaDu model “Darurat” ini bisa digunakan pak BaZ/JoW jika anggaran buwat bikin Deep Tunnel masih gak cukup atau sulit terealisasi dlm kurun waktu 1-3 tahun lagi.

            @Sak: nyang ini gak terlalu kepanjangan kan? 😀

  7. Pembangunan deep tunnel adalah suatu solusi yang bagus, saran saya jika akan melaksanakan pembuatan deep tunnel sebaiknya di lihat adakah situs-situs sejarah bangsa yang terkontaminasi dengan pembangunan, contohnya pembuatan terowongan busway di Depan Stasiun Kota, dan pada pembuatan galian ternyata ada bangunan bersejarah yang sengaja di rusak untuk pembangunan halte busway terowongan antara stasiun kota ke meseum mandiri.

  8. klo udah bicara pembangunan deep tunnel, hrus skaligus sjalan dg pembangunan MRT, saluran pembuangan air kotor & saluran air bersih. belum lagi itu smua kabel2 listrik, telpon, internet dll…. hrus disinkronisasikan. jd, pembangunan di bwh tanah itu udah spt kota trsendiri lagi. sapala kerja, smua dikoordinasikan dlm satu kesatuan. capelah klo jalanan kerjanya bongkar pasang terus bikin macet jalanan n banjir krna masalah pasang kabel dsb.

    mulai dari mana dipasangnya oke saja lah pak Ahok. yg penting, grand plan-nya udah direncanakan smpai detil sekecil2nya n pengembangannya ke 20-100 tahun kemudian 🙂 thanks.

    • Setuju Grace, berapapun biayanya untuk bangun Deep Tunnel pasti lebih kecil dibandingkan biaya bbm karena kemacetan, biaya ‘tenaga karena kekesalan, emosi’, waktu yang terbuang karena banjir yang membuat macet. Kasihannya orang Jakarta, sekarang Bandung juga udah ikutan seperti Jakarta.edwin yen bandung.

      • yah utk sementara waktu, spt usul/saran saya lalu2, mulailah memakai mobil/spd-motor listrik, buat demand yg tinggi agar supply meningkat drastis dan harga otomatis jatuh drastis juga shg cita2 ane akan mobil listrik murah (yg ukuran city-car ato mini-car 1×2 meter harusnya paling murah donk – ini pasti paling tinggi demandnya sbg pengganti spd-motor, yg udah bosen kepanasan, keujanan, kena ciprat luapan comberan di jalanan tiap kali naek motor pasti ngantri daftar buwat beli mobil mini listrik nyang ini) bisa kita nikmati di Jakarta.
        Mo jakarte bebas polusi asap aja susah banget ya… padahal udah bagus solusinya, irit energi lagi, and ga perlu ngantri di SPBU buwat beli BBM lagi, cukup isi di rumah ente masing2 – rebes! bebas antrian!
        macetpun ga buwang asep maupun energi (mendekati NOL watt! kecuali ente tetep idupin AirCon waktu macet, ya energi itu yg disedot buwat dinginin ente kalo ogah buka jendela loket kiri-kanan; BTW, mobil/motor litrik ga pake ukuran CC ya mesinnya, pake WATT, inget!).

        Biyarpun nyang mo nongol 2013 mei nanti baru mobil listrik mewah klas sport, ane dukung deh setidaknya jadi paveway/pembuka jalan bagi generasi2 mobil/motor listrik berikutnya yg akan jauh lebih murah harganya spy terjangkau warga jakarte khususnya. Mohon doa restu biyar cita2 ane ini terwujud agar jakarte bisa bebas polusi asap knalpot dan hemat energi, plus warga tertinggal di pelosok ujung negri bisa dapet listrik murah dari PLN krn subsidinya akhirnya dialihkan ke listrik FULL 100% TOTAL dari subsidi BBM yg sering salah sasaran dan malah sering dimalingi WNI kita sendiri itu akibat beda harga jual pasaran.

        Salam JB yg TaZuper maknyoos buwat semuaaaa,,, 🙂

  9. Deep tunnel itu gorong2 bawah tanah kan?. Permukaan tanah jakarta rendah, bisa gak ditinggikan aja, yang sdh rendah dijadikan waduk, daratan ditambah, negara lain bisa buat pulau kok, beli tanahnya dari Indonesia lagi. knp indonesia ga bisa

  10. Pemimpin yg cerdas akan menciptakan bawahan yg cerdas. Bahkan tdk meutup kemungkinan menciptakan calon pemimpin berikutnya. Sungguh menyenangkan meliat WEB ini, dimana byk ide2 bermunculan ttg bgmn membangun satu negri dmn ide ini muncul dari reaksi thd pemprov DKI yg begitu terbuka. Coba bandingkan dg daerah lain yg rakyatnya sibuk ngurusin pemimpinnya yg kesandung masalah ‘syahwat’, atau daerah lain yg sangat adem ayem krn tidak tau dan tdk ngerti mau dibawa kemana negri nya. Sungguh beruntung DKI punya JOKOWI-AHOK

  11. Membangun Saluran Banjir dibawah Badan Jalan di Jakarta

    Banjir mengikuti hukum alam yang  rasional. Banjir  menggenangi suatu  kawasan mengikuti hukum gravitasi. Secara topografi, kawasan yg lebih rendah potensial digenangi banjir dibanding kawasan yg lebih tinggi. Jika sudah diidentifikasi titik-titik  genangan, maka solusinya adalah mencari lokasi yang lebih rendah untuk dijadikan titik-titik genangan yang tidak merugikan masyarakat.

    Permukaan laut, secara topografi, sebetulnya dapat menjadi pusat tampungan genangan yang volumenya bisa dikatakan tak terhingga.Masalahnya, bagaimana membawa volume air dari titik-titik genangan tersebut menuju laut? Melalui pelebaran dan memperdalam sungai sungai dan pembangunan saluran baru seringkali terkendala dengan masalah sosial yang tidak sederhana antara lain pembebasan tanah dan pemindahan penduduk. 

    Saya urun pemikiran, bagamana kalau kita gunakan bawah badan jalan untuk membangun saluran pembawa banjir? yang  dapat menghubungkan titik titik genangan dengan    laut Jawa? Memang butuh biaya besar, tapi demi Ibukota RI, apakah kita tidak mampu membiayai?

    Kita dapat mencontoh bagaimana Jepang mengatasi banjir yang mengancam    kota Tokyo dengan proyek yang dinamai G-Cans Project atau Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel, yang merupakan prasarana pengelak banjir dibawah tanah, yang dibangun sejak tahun 1992 dan diselesaikan tahun 2009, yang   dibangun untuk mengatasi  banjir kota Tokyo pada musim hujan dan badai.Prasarana tersebut berupa tampungan  dan saluran banjir yang dibangun dibawah permukaan tanah ( 50 m dibawah permukaan tanah).Saluran yang dibangun memanfaatkan bawah badan jalan yang paralel dengan sungai2 yang sering meluap. Biaya yang dikeluarkan untuk proyek tersebut sebesar 2 milyar dolar ( 18 trilyun rupiah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here