Soal Monorel Jokowi Tunggu Hingga 15 Januari

3
61

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali bertemu dengan pihak PT Jakarta Monorail sebagai konsorsium lama yang akan melanjutkan pembangunan transportasi massal berbasis rel yang mangkrak, monorel. Pria yang akrab disapa Jokowi itu tampaknya memberikan keleluasaan kepada PT JM sebagai konsorsium untuk dapat mengkaji lebih detil kembali terkait monorel.

Jokowi memberikan tenggat waktu sampai 15 Januari 2013 mendatang kepada PT JM untuk melakukan kajian. Jika kajian tersebut memuaskan Jokowi, maka ia berjanji akan memutuskan proyek monorel pada hari itu juga.

“Kita berikan tenggat waktu sampai tanggal 15 Januari harus siap semuanya,” kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Adapun, tiga aspek yang masih harus dikaji oleh pihak PT JM adalah terkait masalah financial crossing, kajian teknis, dan legal aspek.

“Kajian belum sampai ke kami jadi belum bisa putuskan. Tadi kan bagian hukum, Bappenas, Bappeda ikut berpartisipasi, apakah nanti saya buat Pergub baru, atau yang lama semuanya harus komplet,” ujar Jokowi.

Namun, Jokowi masih belum mau memutuskan apakah hanya PT JM yang menjadi konsorsium penggerak monorel. Karena, ia masih menunggu semua kajian yang diminta kepada PT JM. Namun, Jokowi berjanji tidak akan berlama-lama untuk memutuskan proyek tersebut.

“Wong kajian belum sampai ke kita masak kita putuskan. Saya enggak mau lama-lama. MRT juga begitu, deep tunnel juga begitu. Pras pres pras pres. Tapi sekali lagi kalau legalnya belum ya belum,” kata Jokowi.

Sementara juru bicara PT JM Bovananto mengatakan, saat ini pengkajian akan berlanjut hingga minggu pertama Januari. Pihaknya pun mengaku sebenarnya ingin langsung melakukan koordinasi internal terkait masalah legal dan finance teknik tersebut.

“Untuk jalur tidak ada yang diubah, tapi penyesuaian itu mungkin ada. Prinsipnya yang sesuai dengan agreement kita tetap kita pertahankan,” katanya.

Perubahan tersebut, menurut Bonavanto lebih ke masalah teknis, seperti mengenai stasiun yang tempatnya tidak layak karena jalan layang dan hal-hal lainya yang bersifat teknis. Jalur Green Line dan Blue Line pun masih sama seperti sebelumnya.

Jalur Green Line di Semanggi-Casablanca-Kuningan-Sudirman-Karet-Semanggi, sedangkan jalur Blue Line adalah Kampung Melayu-Casablanca-Karet-Tanah Abang-Roxy-Mall Taman Anggrek.[Kompas]

3 COMMENTS

  1. monorail yes,mrt no,monorail tidak usah pakai uang pinjaman luar negeri yg membebankan warga jakarta,lagi jalur jalannya diatas,tidak usah ber-lama2 dalam pengerjaannya,tidak seperti mrt,belum dikerjakan sudah harus menanggung hutang luar negeri,kalau bisa jangan dipaksakan pak,angkutan massal yg diperbaiki,maju terus pak untuk monorail,bukannya mrt yg memberatkan

  2. kalau bisa rangkullah para insinyur2 lulusan dalam negeri untuk diperbantukan,karena banyak insinyur2 yg memadai,dan pula banyak material dalam negeri yg dapat dimanfaatkan,menurut pak wagub dalam perhitungannya selama dapat mengefisiensikan anggaran selama 4 tahun,monorail sudah rampung tanpa pinjaman luar negeri yg memberatkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here