Atasi Banjir, Wagub BTP Jajaki Teknologi Sedot Lumpur

14
227

Ahok.Org – Wakil Gubernur (Wagub) DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjajaki teknologi baru penyedot lumpur kali di Jakarta. Teknologi ini diyakini bisa mengatasi banjir Jakarta.

“Sungai dibersihkan, dikeruk kali hingga bersih. Nanti mau diajukan acuannya. Teknologi seperti vacum cleaner. Seperti menyedot sumsum tulang, tahu kan?” ujar Adilwan, salah satu perwakilan dari Tim Peneliti Indonesia yang lama tinggal di Australia di Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (3/1/2013).

Adilwan menemui Ahok bersama 5 rekannya. Dia juga didampingi pejabat Dinas Kelautan dan Pertanian DKI serta Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI.

Teknologi dredging (keruk) ini sebelumnya pernah diterapkan di sungai Bengawan Solo dan sungai Brantas. Teknologi dredging diklaim sudah mengurangi banjir di sungai tersebut.

“Kita lebih murah, cepat, modern. Kalinya bisa bersih sebagai alat transportasi, alat dredging. Menyedot semua, lumpur yang nggak bisa diangkat lagi bisa kita angkat sehingga lebih dalam,” tambahnya.

Ahok menerima dengan baik teknologi baru anyar ini. “Secepatnyalah, tahun 2013 ini. Dari Pak Ahok juga sudah open,” ujar Adilwan.

Terkait anggaran, Adilwan masih merahasiakan besaran jumlah dana yang dibutuhkan. “Masih rahasia,” imbuhnya.[Detikcom]

14 COMMENTS

  1. Pak Wagub dan Gubernur

    Sebenarnya sdh banyak peralatan kita dan personel nya

    Masalahnya
    Belum dapat soulnya (jiwa orang2 yg benar benar mau membersihkan menjadi bersih)

    Kesannya selama ini
    1.Kl ditegur baru jalan
    2.Pembersihannya pantes pantes saja
    buktinya sampah yg menumpuk dan kali yg dangkal dimana mana berlam lama
    3.jadi krisis kedisiplinan juga
    saya yakin kl TNi diperbantukan selama 1 tahun setelah establish baru diserahkan ke sipil pasti bersih

    4.Kesannya juga hanya untuk dikomersialisasikan sampah cuma dipindah kesana kemari
    5.
    Dikeruk diangkut taruh disamping jalan
    tapi truk pengangkutnya tidak kelihatan

    6.
    Kelihatan yg bertugas gak ada rasa malu

    Mungkin juga mereka memang gak tahu yang namanya bersih seperti apa

    • @ WikiCiamik pny koment TEPAT.
      .
      d indo TIDAK perlu alat macam2.
      masalah bukan pd alat…tetapi pd mental orangnye yg emang TIDAK BAGUS.
      .
      selama FAKTOR X org ny tidak diurus dulu….mau system ALIEN juga percumeeeee….

      • cuman perlu alat “bat” Made in Alien ajeh ye, buwat mendeteksi mental2 PNS ga bener.. “duwit..duwing..duwit..duwing.. zap-zap!” hehehe… 😀

    • PARAREL harus dibangun/dibentuk KESADARAN tidak membuang sampah sembarangan. Orang kaya saja yg naik mobil mewah, buka jendela, buang sampah sembarangan. Yg merokok, dgn santainya selalu melempar puntung rokoknya sembarangan. Orang BATAK (sorry) kl sdh berkumpul, semua pd lomba2 merokok, nga mau tau kl disampingnya ada Ibu2 hamil + anak2. Blm lagi org2 dewasa suka meludah sembarangan, padahal batuk-batuk mau TBC. Jadi kl Pak Jokowi + Ahok pensiun, semoga bibit generasi penerus (anak2 dibawah 15 thn) bisa terbentuk SUKA KEBERSIHAN. PEMBENTUKAN KARAKTER buat generasi muda ditingkatkan, kl diatas 25 thn, mayoritas sdh BEBAL utk berubah!

  2. Pak Wagub

    Kalau ada sebelum beli mesin sedot lumpur

    juga dicarikan mesin untuk penyedot rasa malu

    para dinas yang bersangkutan

    Kl tidak maka akan hangat hangat tahi ayam

  3. ini baru sumbangsih …rame2 bantu pemimpin yang amanah… banyak ahli2 Indonesia “tersingkir” keluar negri tak pernah dihargai di Indo sendiri.. kalau Indo bersih… mereka pasti mau balik..
    Salam Jakarta Baru

  4. itu di poto, excavatornye lagi bingung bengong ngeliatin kali ye, saking sibuknye asik ngeruk kali, tau2 baru nyadar udah lepas tanahnye nyang die kerok sendiri dah hanyut ketengah kali.. 😀 OMAIGOSH! HELP!

    epek poto emang bikin zenzazi iluzi ajeh…
    btw, teknologi sedot wc bukannye dah lama ade bos? 300 rebu sekali sedot licin tandaz ampe kosong pernak-pernik sepitengnye… same2 lumpur beracun, cuman beda lokasi ame sumber ajeh… mo dikerok ato disedot, intinye same ajeh lah… buwang lumpur keluar lokasi target.

  5. Dear pa Baz…
    masalah banjir karena sedimen–> bisa diperdalam
    karena kontur landai–>laju air sungai dipercepat.
    dengan pasang baling2 underwater seperti propeler kapal laut… dorong ke laut.. pasang beberapa buah dari muara sungai dan ke atasnya dikit…
    Salam JakartaBaru

    • yup benul ituh!
      setau ana pilihan teknisnya cuma duwa utk sungai beraliran pelan/non-deras dan tipe berkelok2/meander dan panjaaaang dari muara ke hulu spt Ciliwung (dan ga punya doku buwat bikin curam kemiringan sungai ato ngelempengin/bypass aliran sungai agar lebih lurus tanpa meander dari hulu ke hilir/muara supaya lebih deras aliran aernya dgn memanfaatkan gaya gravitasi saja):

      1. normal ga pake pompa dorong-paksa, maka sedimentasi akan mudah terbentuk, jadi kudu dikeruk/disedot wc tiyap taon.

      2. pake pompa dorong-paksa (water jet blower ato modif jet pump outputnya jadi pendorong air), maka sedimentasi akan sulit terbentuk, jadi ga butuh dikerok/disedot wc tiyap taon.

      silaken dipili.. dipili.. pa boz..

      oiya, bagi yg mo lebih jelas lagi soal terbentuknya sedimentasi, sebab/kenapa, solusi dasarnya, dst – coba cekidot dis:
      http://ahok.org/berita/news/jokowi-kampanyekan-jangan-buang-sampah-ke-kali/#comment-35395

      TaZ pamit bentar dulu ye… 🙂

  6. rasanya sedot lumpur (dredging), di kali Ciliwung sulit dilakukan….karena karakternya mesin tersebut kayak sedot pasir terus disemprotkan dipinggiran kali, sedang di kali Ciliwung, banyak rumah penduduk yang nempel dengan bantaran kali….rasanya di zaman bang Foke di kalimati, Pademangan Barat pernah dipake, tapi ga lama berhenti….dan ga kedengeran gaungnya lagi….alias gagal…

  7. pak Wagub, saya pernah pengalaman TI di Babel , dan sekarang sy bawa pengalaman sy ke Jkt dengan memodif mesin untuk sedot lumpur. sy ingin hasil karya sy bisa digunakan untuk mengatasi masalah lumpur di saluran air, sungai dan juga mengatasi maslah banjir di wilayah DKI. email sy : [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here