BTP Diminta Sinergikan Fatwa MUI dengan Perda

11
117

Ahok.Org – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Samsul Maarif menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota Jakarta, Kamis (10/1/2013). Dalam pertemuan itu, MUI meminta pemerintah Provinsi DKI untuk menyinergikan fatwa MUI dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8/2007 tentang Ketertiban Umum.

Samsul menjelaskan, MUI telah mengeluarkan fatwa haram untuk gelandangan peminta-minta termasuk untuk orang-orang yang memberikan uang kepada pengemis itu. Menurut MUI DKI, memberi sesuatu di waktu dan tempat yang tak seharusnya merupakan hal yang dilarang oleh agama. Terlebih ada fenomena mengenai koordinator kelompok peminta-minta.

“Merugikan banyak orang, menimbulkan kerawanan. Selama ini Perda tak maksimal, harus disinergikan dengan fatwa MUI,” kata Samsul di Balaikota Jakarta.

Samsul juga memberi penegasan kepada Basuki mengenai fatwa MUI DKI yang melarang melakukan kegiatan keagamaan di tempat-tempat umum. Saat ditanya mengenai tanggapan Basuki, Samsul mengatakan bahwa Basuki sangat mendukung masukan dari MUI DKI dan berjanji akan membantu memberikan sosialisasi tentang ketertiban umum tersebut.

“Contoh ada tabligh akbar, kan merugikan banyak orang. Misalnya, istri mau dibawa ke rumah sakit, membutuhkan pelayanan yang cepat, kan terganggu. Penataan seperti itu harus ada sinergi dengan pemerintah,” ujarnya.

Selain MUI DKI, pertemuan itu juga dihadiri oleh perwakilan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan tokoh-tokoh berbagai agama.[Kompas]

Berita Terkait:

11 COMMENTS

  1. perda ini memang harus didukung, MUI sudah pas bener, bahkan sekarang banyak berkeliaran pake jaket almamater atau LSM abal-abal bawa kardus ditempeli foto anak -anak perlu operasi segala….bedanya apa gelandangan dan pengemis lampu merah???

  2. kalo saya tidak setuju, jakarta bukan milik MUI, tapi adat2 yang adil lebih di utamakan… KALO ada yang bilang pake jaket almamater atau LSM tlg sebutkan… kalo ada koordinator anak2 pemulung sama dengan yayasan yatim piatu trus pengurus nya juga makan dari uang yayasan beda nya apa???

  3. Saya rasa MUI terlalu melebih2kan situasi. pemerintah harus bersikap netral dlm hal ini karna warga pluralisme. bila tabligh akbar atau adanya nikahan warga yang ambil badan jalan utk acara dangdut / qasidahan… ya, harus ditertibkan. bila ijin IMB untuk pembangunan gereja harus sesuai aturan, maka mesjid2 juga wajib punya IMB dan tunduk pada aturan pemerintah dalam pembangunannya. termasuk orang2 yang duduk di tengah2 jalan untuk minta2 uang pada pengendara motor / mobil untuk pembangunan mesjid. MUI harus tegas. Mesjid2 itu musti dikenakan sanksi secara hukum islam. baru namanya tertib dan adil.

    • alo neng Grez.. absennya koq malah di MUI, ga nitip absen juga di topik si Abbas C*** A??? cacad? rame bener tuuuh… buyuan absen buwat menyingkirkanz zampah warga neng… dari Ciliwungz balik ke Bantar Gebank lagi.. LOL ๐Ÿ˜€

      MUI dah bener kali ini aksinya, setidaknya bekerjasama dgn pemda daripada sibuk berpolemik ikut2an berpolitik (dagang sapi, makanya ilang di pasaran).
      Mari kita dukunglah aksi baik dan lebih logis kali ini utk MUI… (btw, salah satu tugas MUI emang ngeluarin fatwa, jadi logis/normal lah – klo hasilnya baik bagi semua warga/golongan ya kita dukung donk, palagi mo kerjasama dgn pemda agar selaras, gak maen tabrak trus mo menang sendiri)
      OK, Laanjutken aksi2 baek en logis demi kepentingan bersama lintas golongan spt ini lagi… MUI! Good Job! Dapet “Like” atu dari ane nieh… ๐Ÿ™‚

  4. sy tegasken disini bhw smua agame TIDAK PANTES agul2kan diri sbg yg ter……
    klo msh ada yg ngotot, sy beritahu hal ini bhw agame apapun TIDAK BISA hidupi dirinye sendiri, soale agama apapun adalah BUATAN MANUSIA, yg hidup dr anggotanye.
    jelas tanpa dukungan penganutnye, agama otomatis mati sendiri.
    yg hebat itu penganutnye yg memberi makan agamenye, dan bukan agame yg memberi makan pada penganutnye.
    dg kata lain agama adalah BARANG MATI yg dihidupkan oleh org yg percaya pd agama itu.
    siapa BERANI MENYANGKAL hal ini adalah org yg BUTA KEBENARAN ALLAH.
    jadi tempatkanlah agama pd tempat yg pas yaitu d hati nurani penganut sendiri, dan bukan utk digontok2an dg sesama.

    • “soale agama apapun adalah BUATAN MANUSIA, yg hidup dr anggotanye”

      logically inspired by someone, brow? ๐Ÿ˜‰
      manteb,brani en logis paparannye @bat, biyarpun berpotensi bikin rusuh di kolam lumpur para panatikerz… kayak ane ajeh bawaannye, si zekuler murtadz.. LOL ๐Ÿ˜€
      ikutan gerbong filsafat-logis ane ajeh deh, dijamin masuk surga Sang Pencipta lebih cepet lagi* …wkwkwk…
      (* = Terms and conditions apply)

  5. SOAL PRO KONTRA perda dg fatwa, itu jelas hal yg beda dan TIDAK PERLU dipaksakan.
    contoh buruk sinergi perda dg fatwa adalah kasus BONCENG NGANGKANG alias ngongkong d aceh…hahaahaahah
    ulama aceh itu dg pjbt publik d aceh yg legalisir itu lupa bhw (alm) CUT NYAK DIEN itu wkt dulu naik KUDA (skg motor) baik sendiri atau dibonceng TIDAK DUDUK MENYAMPING, tetapi mengangkang alias ngongkong.

  6. kalo duduk ngangkang, yg bisa ngeliat anu cuman kendaraan yg punya spion didepan, tapi kalo menyamping yg bisa ngeliat anu ya semua yg lagi pade nongkrong di warung2 kopi… standby nangkringnye menghadap ke jalanan semua… ๐Ÿ˜€
    apalagi klo ga seimbang, terbang2 roknya naek… turun.. naek.. turun… repot bener deh nutupinnya dari mate2 jahil.. iiihh.. cebel! ๐Ÿ˜€

    saran ane buwat kasus ini, ngomongin ama si konyol GapLok gini ajeh:
    “…mendingan ente bikin sendiri kendaraannye dulu, en klo dah jadi, baru bikin aturan ini-ituh.. silahken, ga akan ade nyang larang, kan situ sendiri nyang bikin, hak situ bikin aturan utk mengendarai ciptaannye.
    masak ngatur2 ciptaan orang laen, ya gak bener dong..!
    tauan mane sih soal berkendara yg baek, situ nyang taunya cuma bisa beli gak bisa bikin kendaraan apapun ato nyang bikin? logis kaaan?”

    ini juga skalian saran ane buwat pak Dahlan, mbok ya bikin sendiri beneran aja mobil listriknya paak.. bluprint dasarnye dah banyak di internet klo gak punya ide dasar, tinggal modif ajeh sendiri ngikutin monya ente ape… jadi gak bikin polemik di belakangan hari klo ade tuntutan misalnye krn ngubah2 spek teknis, gimaneh? ya gak paK DI? kita2 orang kreatip-modif mah harusnya dah tau soal paten ini en kita juga gak bakal bisa dilarang gak boleh ngubah ini-ituh, dah mendarah-daging soalnye… gatel kalo gak iseng nyetel/bongkar-pasang parts ngikutin ide aneh2 nyang liwat dikepale…
    jangan lupe cari merk MoLiN sendiri ya pak DI? ati2 nanti kena tuntut si pak tucuxi klo terus pake merk die en seenaknya dimodif teyus ama bapak…
    OK, selamat berkarya teyus pak DI…! Ane dukung 1000 prosen siapapun yg mendukung program “teknologi (tinggi) murah utk rakyat”.
    (buwat nyang mo buyu2 plotes: “He, itu kan barang terbaru release gan… dimana2 juga barang baru unggulan selalu dijuwal termahal utk nutupin ongkos RnD, testing, produksi (prototip) awal… tunggu ajeh, nanti juga keluwar versi rakyatnye nyang mure meria… en nyang kecilan mini ukurannye buwat ane (pastinya lebi mure lagi donk, minimalis gituh)… dah pasti itulah bos.. dijamin!”)

  7. Dgn trpilihx JW&BTP,GA ada lg yg mlakukan kgiatn kagaman dgn MENUTUP jalan raya..cr t4 sdri/sewa..bukanx dpt pahala..malah dosa krn nyusahin org lain!..sekarang saatx Bhinneka Tunggal Ika maju,bukan yg extrimist/sok suci,tp klakuan ANIMAL !

  8. Pengemis itu ada karena ada yg memberikan(hukum dagang)supply and demand klo supplynya tdk ada pengemis dengan sendirinya akan hilang,juga korupsi dan transfaransi pada lembaga2 sosial pengumpulan/penyaluran dana sosial masyarakat yg terjadi sehingga rakyat enggan memberikan ke lembaga tersebut,semoga dengan kepemimpinan jokowi-ahok dibuatkan suatu lembaga/sumbangan sosial yg tranfaran dan mudah orang saat akan menyumbang(via SMS,Rek)contoh Dana kemanusiaan Kompas,Frita dan TKW yg mau digantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here