Basuki : Tak Ada Pembengkakan Anggaran

2
59

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai bertambah besarnya rancangan APBD DKI 2013 dari Rp 46,8 triliun menjadi Rp 49,9 triliun bukanlah suatu pembengkakan karena ada penambahan program. Ia mengatakan, bertambahnya rancangan APBD merupakan upaya untuk memanfaatkan Silpa (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) 2012 DKI yang jumlahnya lebih dari Rp 9 triliun.

“Itu bukan pembengkakan ya, karena kami ada Silpa. Jadi selama ini di DKI itu tidak ada yang baru, banyak kajian yang belum terlaksana karena katanya tak ada anggaran,” kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Sejak era Gubernur Ali Sadikin, kata Basuki, DKI Jakarta memiliki sedikitnya 22 kajian yang berkaitan dengan solusi untuk permasalahan Ibu Kota. Namun demikian, rata-rata kajian itu tidak berlanjut ke level eksekusi dengan alasan ketersediaan dana yang dimiliki tidak mencukupi. Salah satu contohnya adalah mengenai kajian pembangunan terowongan multifungsi yang pernah mencuat di era sebelumnya. Pembangunan terowongan itu tidak pernah diputuskan sampai akhirnya kembali digulirkan oleh Gubernur Joko Widodo.

“Terus sekarang tiba-tiba kami punya Silpa hampir Rp 10 triliun. Yang tadinya terhadang karena tidak ada dana, langsung Pak Gubernur bilang lakuin saja sekarang,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dipastikan memperbesar rancangan APBD 2013 menjadi Rp 49,9 triliun. Rencananya, tambahan anggaran akan dialokasikan untuk program prioritas di tahun 2013. Antara lain menyelesaikan pembebasan tanah yang tertunda dilaksanakan di tahun 2012, antisipasi macet dan banjir dan untuk penambahan ruang terbuka hijau (RTH) di Ibu Kota yang ditargetkan mencapai 20 persen, termasuk alokasi proyek deep tunnel atau terowongan multifungsi. Namun demikian, penambahan anggaran ini masih harus dibahas bersama DPRD DKI Jakarta.[Kompas]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here