Transjakarta Akan Beroperasi 24 Jam

11
136

Ahok.Org – Dalam waktu dekat Transjakarta akan meluncurkan angkutan malam hari (amari). Dengan demikian, layanan transportasi transjakarta akan beroperasi 24 jam nonstop. Amari diharapkan akan menggantikan omprengan yang selama ini beroperasi di Jakarta.

“Amari ini akan beroperasi enam bulan dari sekarang, jam operasinya mulai dari pukul 23.00 hingga 05.00. Jadi, transportasi Jakarta hidup 24 jam sehingga  tidak ada lagi omprengan,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono saat menjadi salah satu narasumber dalam acara Refleksi dan Temu Kangen bersama Para Peletak Dasar Transjakarta Busway, di Jakarta, Selasa (15/1/2012).

Untuk tahap awal, kata Udar, amari akan menggunakan 90 armada bus transjakarta Koridor I (Blok M-Kota) yang sudah tidak layak jalan. Bus-bus tersebut akan diremajakan. “Sebanyak 90 bus Koridor I akan ditarik dan diperbaiki makanya butuh waktu enam bulan. Bus kami tarik kemudian diperbaiki lagi baru boleh jalan,” ujarnya.

Sistem operasi amari tidak akan jauh berbeda dengan transjakarta karena amari juga menggunakan koridor yang telah ada dan harga tiket sama. Perbedaan hanya terletak pada jumlah bus yang lebih sedikit, yaitu satu koridor terdiri dari 10 unit bus.  Selain itu, selisih jarak kedatangan bus juga akan lebih lama, yaitu 30 menit.

Menurut Udar, saat ini masih diadakan tender untuk menentukan siapa operator amari. Namun, amari tetap akan berada di bawah pihak pengelola transjakarta.[Kompas]

11 COMMENTS

  1. Bagus sekali ide ini Pak Ahok. Khusus jam2nya tiba di stiap halte mohon dipastikan jadi tidak perlu tunggu lama di halte dan menjadi incaran kejahatan. atau, jadikan halte bus transjakarta sebagai tempat aman untuk menunggu. kalau boleh usul, petugas jaga tiap halte bus adalah orang2 yang terlatih ilmu bela diri untuk bisa menolong perempuan bila terpaksa harus pulang malam naik bus. thanks pak Ahok !

    • Miaaaw…! (Fish!)

      Doh, refot2 amir sih Grace, pake nyewa satfam lagee… ngabisin anggaran lagi deh..
      Dah ane perne bilangin dolo, berdayakan zatfol fefe ajeh!
      1 orang SP3/SPPP (SatPol PP) per 1 bus/angkot, ane rasa dah cukup.
      yah, daripada kebanyakan nganggur molor teyus, trus musti dipecat utk penghematan anggaran, kan bisa dipake sbg satpam darurat sipil yg bisa ditempatkan dimane ajeh termasuk di angkot2/bis2 umum milik pemda ato disewakan ke angkot2/bis2 swasta, bener gak?

      • baidewei, knape sih si Fishynator ini pertamax mulu dimane2? [garux2]
        pengen ngalahin kecepatan suware yeh?
        eh, kecepatan posting masboz Sak… 🙂

        Miiaaaw…! (cebelin ajeh de!)

    • Setuju sama aganwati Grace..
      Keamanan & kenyamanan bagi penumpang harus dinomor 1-kan…terlebih untuk penumpang wanita..
      Jangan ada lagi yang namanya pelecehan seksual didalam bus TransJakarta..
      Maju terus Koh Ahok…
      SALAM JAKARTA BARU..♡♡

  2. wah, bagus!
    setelah ini diharapkan para pelaku usaha di jakarta juga mulai harus berpikir utk BERUBAH, CHANGE!
    Rubah pola usaha/bisnisnya jadi operasi 24 jam (dgn sistem shift) ato setengahnya (12 jam) entah di SIANG hari ATAU di MALAM hari coveragenya. Dgn demikian, jalanan tidak dibebani terlalu berat oleh mobil2 pribadi hanya pada jam2 tertentu saja, shg seolah2 spt KEMACETAN LUAR BIASA padahal cuma saat itu saja, coba kalau jalan tsb ga dipake sekaligus di saat yg sama, ga akan macet separah itu kaaaan?
    Makanya nanti diharapkan ada juga toko2/mall2/jajanan2/warung2 yg buka malam hari saja selain pusat bisnis kantoran juga ikut menyesuaikan shg tercipta link bisnis spt di siang hari juga (cth: karyawan bank 24 jam shift malam ato bank yg buka malem hari aja bisa makan malam di warung2 yg juga buka malam hari saja, ato mo 24 jam terserah, ga dilarang, ato belanja di pasar yg buka di malem hari s/d pagi, dst – kegiatan jaringan pasar bisnis biasa tapi dilakukan di malam hari).
    Krn nyaris tidak adanya opsi jaringan (pusat) bisnis di malam hari, terutama yg lewat midnite = pade tutup (selain urusan makan2/klab malem yg ada buka lewat midnite), maka semua akhirnya dibebankan di siang hari dan macetlah jalanan di siang hari ituh.
    Apa ada yg mo jadi pionir mulai jaringan pasar bisnis di malam hari? jadi proyek percontohan lah, bahwa jaringan pasar bisnis saling terkait itu juga mungkin dilakukan di malam hari, bukan cuma di siang hari saja. Dan memang harus mulai dirobah pola pikirnya yg harus “bangun pagi2 sekali agar gak telat masuk kerja kena macet masuk kantor lagi, dan pulang siang2/malem2 sekali agar gak kena macet pulang kantor lagi”.
    “Kerja gak harus di siang hari, brow! malem kerja juga oke banget koq!”

    Setelah ada jaringan pasar bisnis di malam hari, baru bisa optimal layanan AMARI ini dan bisa diperbanyak jumlahnya spt yg di siang hari jika dibutuhkan nanti.
    dan tentunya spt halnya di siang hari, pak pulisi pun harus ikutan jaga shift malem juga, shg merangsang peningkatan keamanan di malam hari juga oleh bertambahnya jumlah petugas keamanan/satpam di objek2 bisnis spt layaknya di siang hari (tentunya dgn ditopang penerangan lampu umum yg memadai shg minim kasus ‘blank spot’ lagi), shg tidak perlu takut lagi keluar di malam hari (di jalanan umum).
    Nah baru efek sampingnya bisa terasa, gak terasa terlalu macet di siang hari pada jam2 “MACHETZ! ™” itu2 saja lagi.
    Padahal modal cuma semangat utk berubah ajeh! Robah waktu kerja aje! (Awas kalo ade nyang brani bilang orang malez lagi kalo bangun kesorean! Kerja shift malem ituh! Emang kebalik jam idupnye tauk?! Emangnye cuman satpam/hansip aje yg kerja ronda malem jadi bisa ekzkiuz/dimaklumi!)

    Pesen ane sesuai mimpi:
    “Buka bisnisnya malem hari aje ngape? Ane butuh banget mo belanja melem ari malah kagak ade nyang buka, kudu siang hari baru pade buka – kena macet binti buwang2 waktu en BBM lagi dah!”
    [NGAREP-Lagi.com]

  3. Saran saya, untuk Amari ini kalau bisa dibuat jadwal kedatangan yg detil di setiap halte. Kalau siang mungkin sulit tepat waktu karena macet, tapi kalau jam2 inikan tidak macet jadi seharusnya bisa tepat sampai ke menit2nya (di negara maju busnyapun sudah tepat waktu). Ini untuk mengantisipasi waktu menunggu yg terlalu lama, karena bus muncul 30 menit sekali.

  4. salut pak ahok. tolong dikasih pengamanan yg memadai yah di halte2 dan juga di dalam bus. dan cctv pasti harus masuk, untuk mengurangi kejahatan.

    kalo ada cctv, pelaku kejahatan bisa disiarkan di tv dan koran2, kaya crimewatch, jd masyarakat bisa bantu menangkap. dah pelaku akan pikir2 1000 kali sebelon berbuat jahat. thanks.

  5. hiks…hiks…hiks…

    kenapa baru sekarang yah ‘terobosan’ yang seperti ini. coba kalo sekitar 5 tahun yang lalu ….., (sekitar 5 tahun lalu diriku masih sering pulang sekitar jam 2 atau 3 dini hari).

    terus pak saya dukung terobosannya.

  6. saluuut buat idenya …..terimakasih ide amari sangat brillian ….akan menjadi transportasi yang aman buat warga …..kita tunggu pak…..
    yang penting keamanan disetiap halte …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here