Jokowi Perintahkan Satpol PP Jaga Monas 24 Jam

18
256

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menempatkan personel satuan polisi pamong praja di Monumen Nasional dan semua tempat terbuka umum di Jakarta selama 24 jam penuh. Hal itu dilakukan untuk menjaga ketertiban di tempat-tempat umum.

Jokowi menjelaskan, kebijakan ini ditempuh menanggapi derasnya laporan dari masyarakat bahwa banyak fasilitas dan tempat-tempat umum yang kerap disalahgunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Di tempat-tempat itu, sering kali terjadi praktik mesum, tindak kriminal, atau dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima (PKL).

“Tidak cuma di sekitar Kanal Banjir Timur (KBT) di Monas juga. Monas sudah dibersihkan sekarang, yang di KBT juga akan kita tungguin,” kata Jokowi di Pangadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2013) malam.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menyampaikan, rencana penempatan Satpol PP di tempat-tempat umum akan mulai direalisasikan mulai pekan depan. Ia menjamin, penjagaan bakal dilakukan nonstop alias 24 jam. “Insya Allah. Tunggu, pokoknya di tempat-tempat seperti itu dijaga 24 jam oleh satpol,” ujarnya.[Kompas.com]

18 COMMENTS

  1. keadaan di dalam area Monas saat ini:
    1. Banyak kendaraan berkeliaran, termasuk motor dgn knalpot racing yang kebut-kebutan.
    2. sering ada penjaga pintu (entah itu dari pegelola atau bukan) yang meminta uang kepada pengunjung yang ingin masuk bersama kendaraannya (bukan parkir di RTI).
    3. bila tidak ingin ada PKL, sediakanlah kantin kecil yg menjual makan/minuman ringan.

    mohon segera di bereskan, lebih baik datang langsung supaya lebih jelas.

  2. Pak untuk di monas tolong aparatnya itu MOORAL DAN MENTALNYA DIBENAHI masih segar diingatan kita satpol pp yg memperkosa dan memeras pengunjung di monas pada malam hari coba di liat filenya di kompas…. nanti bukanya disuruh jaga monas malah ngemal pedagang2 disana untuk melindungi mereka biar bebas jualan tau sendiri pak citra pol pp itu sendiri…..
    Nah untuk pol pp yg bertugas jaga kbt menurut saya harus di legkapi senjata misalkan air soft gun atau senjata setrum kejut soalny untuk wilayah kbt sangat riskan pak apalg kl di tengok dr maruda mini, penerangan banhsk kejahatan yang mereka itu ga tanghung2 memutilasi korbanya

  3. Jujur saya katakan kalau monas jauh lbh baik saat sebelum anda jadi Gubernur, dulu kami bersama keluarga bisa main leluasa. Saat ini monas isinya PKL dan motor pada ngebut. Sangat membahayakan dan jadi kumuh.

    Mohon supaya kenyamanan monas dikembalikan sedia kala.

  4. Wow suatu ide yang bagus yaitu menjaga tempat publik 24 jam.

    Saya mau memberikan saran spt:

    1. Membuat kebijakan mutu ttg Keamanan dan Fasilitas publik di Monas.
    2. Membuat sasaran mutu dan indikator keamanan dan kenyamanan Tempat pulik sehingga kualitas dapat dimonitor.
    3. Menggunakan penerangan yang memadai.
    4. Menggunakan CCTV yang berkualitas baik & infra red utk malam hari
    5. Apabila ada pelanggaran ketertiban dan kebersihan benar-benar dihukum dan didenda seperti di Spore.
    6. Kalau ini berhasil maka Kebijakan dan Sasaran dapat menjadi standard di tempat lain di Indonesia. Dibuat benchmark sehingga menjadi kompetisi yang sehat karena bersaing dengan standar kualitas yang benar.

    Maju terus Pak Jokowi – Ahok. Tuhan berkati.

    • ah itu terlalu bertele tele
      Monas cukup dibersihkan. dirawat kalau ada jalan berlubang ya dibenahi trus dijaga sediakan tempat sampah setiap 5meter dan sediakan kantin kecil juga perbanyak bangku besi (bangku taman) dan dipagari di sisi sisi rumputnya biar gak sembarang injek trus dipake maen bola

  5. Saran agar penugasan Satpol PP disertai Uraian Tugas yang jelas :
    1)Apa wewenangnya apakah bisa menindak, menangkap, memproses, meneruskan ke Polri (prosedurnya bagaimana)
    2)Apa saja yang dilarang : berbuat mesum, pedagang kaki lima, merusak fasilitas umum (lampu, corat coret) membuang sampah sembarangan, membawa masuk kendaraan bermotor,mabuk-mabukan
    3) Untuk petugas : Apa saja yang dilarang dilakukan.Perlengkapan apa saja yang perlu (HT, jas hujan, pertahanan diri, senter yg merupakan barang inventaris yg hrs dipelihara)

  6. Jangan cuma Monas saja Pak…dengan jumlah satpol PP yang berlebih, usul Pak, setiap perempatan satpol PP ditugaskan juga 24 jam..karena POLISI nya ngak ada yang jaga..untuk atur lalulintas dan jalur busway…Salam…Go JB

    • Ane pikir juga begitu gan…soalnya ane pasti ada diurutan paling depan untuk menyaksikannya..
      Ini event yang paling ditunggu-tunggu oleh semua warga Indonesia khususnya Jakarta…
      Pasti bakalanrame deh diMonas…
      Wkkwkwk…

  7. Ane pikir juga begitu gan…soalnya ane pasti ada diurutan paling depan untuk menyaksikannya..
    Ini event yang paling ditunggu-tunggu oleh semua warga Indonesia khususnya warga Jakarta…
    Pasti bakalan rame deh diMonas…
    Wkkwkwk…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here