Dua Puskesmas di Jaksel Akan Direhab Total

7
82

Ahok.Org – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, 2 Puskesmas di Jakarta Selatan yang kondisinya sudah tidak layak akan direnovasi total tahun ini. Dengan direhabnya dua puskesmas, diharapkan daya tampungnya menjadi lebih memadai, tentunya dengan kualitas pelayanan yang semakin meningkat pula.

“Tahun 2012 ada 2 puskesmas yang direnovasi total. Puskesmas Kecamatan Kebayoranbaru, dan Puskesmas Kelurahan Kuninganbarat,” papar Kurnianto Amien, Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Sabtu (23/2).

Kurnianto mengatakan, untuk Puskesmas Kecamatan Kebayoranbaru akan dibangun menjadi 4 lantai serta dilengkapi instalasi rawat inap bagi pasien. “Akan ada 10 tempat tidur untuk rawat inap. Bisa untuk rawat pasien DBD dan demam-demam biasa, untuk yang penanganan lebih akan dirujuk,” jelasnya.

Saat ini Puskesmas Kecamatan Kebayoranbaru yang terletak di Jl Iskandarsyah memiliki luas 612 meter persegi. Namun, karena kondisinya yang hanya 1 lantai, membuatnya terasa sempit jika pasien yang datang dalam jumlah banyak. “Ya kira-kira kalau dibangun 4 lantai menjadi 2 ribu meter persegi, karena tidak bisa dibangun full. Ada setengah lantai untuk basement,” ucapnya tanpa menyebut anggaran yang dibutuhkan untuk rehab tersebut.

Sedangkan Puskesmas Kelurahan Kuninganbarat saat ini memiliki luas 600 meter persegi. Kondisi semula yang hanya 1 lantai, akan ditingkatkan menjadi 2 lantai. “Jadi poli-polinya bisa dibagi atas bawah. Sehingga daya tampung pasien bisa lebih banyak,” tandasnya.[BeritaJakarta]

7 COMMENTS

  1. orang tua saya mau minta surat pengantar dari Puskesmas Kelurahan Cililitan untuk berobat ke RS. Pasar Rebo. Kata petugas Puskesmasnya langsung aja ke RS.Pasar Rebo tinggal menunjukkan fotokopi KTP dan KK. Kalau semua orang langsung ke RS tanpa pengantar dan rujukan, RS penuh dong… Tolong disidak Pak…

  2. Catat nama petugasnya jg bro.

    Pesan untuk BPOM, bekerjalah…basmi pembuat makanan dgn bahan yg brbahaya, uji sample sesering mungkin, jajanan, restoran, makanan dll, juga kualitas dan kandungan mknan import, kandungan bahan obat nyamuk, odol, dll, ada tdk yg membahayakan kesehatan jngka panjang.
    Bpom berperan mengurangi angka penduduk yg sakit, jd beban biaya kesehatan bisa brkurang.
    Bikin website online, jd masyarakat bisa crosscheck nomor bpom tertera di kemasan, sesuai tdk, Asli tidak!!!

    • betul sekali setuju dengan bpk wirss… bpom juga harus transparan… jangan hanya karena uang… dengan semaunya mengatakan halal haramnya … ingat bekerjalah dengan hati…jangan pakai nafsu duniawi… demi masyarakat yang ssehat dan terarah …

  3. satu2nya jalan memang semua produk makanan minuman yg sudah halal dan terdaftar, dimuat online perabjad jadi gampang nyarinya….ini namanya transparan!!!

    soal rujukan ke RS, bukannya harus sepengetahuan dokter di puskesmas???

  4. Bp jokohok,,Ri1 Ri2 di 2019,,kami di branda depan nkri menunggumu pak,,,
    kami di parbatasan butuh pengayom pemimpin sepertimu pak,,agar kami punya jalan layak,,punya listrik,,punya sinyal komunikasi di kampung2,,,
    sehat selalu pak,,,kami menunggumu.!!!!!!!!

  5. met pagi bos,, saya wawan bertempat di condong catur sleman, http://www.facebook.com/wawan.sleman.9. pengen usul aja.
    1. bagaimana kalau semua proyek yang sudah disetujui anggarannya itu detil pengeluaran ditampilkan di web, kalau bisa sih misalnya sampai harga besi per lonjor nya. dana kalau bisa realisasinya. dr sini masyarakat tau untuk apa pajak dikeluarkan dan untuk mengurangi korupsi . ( misal dr bangunan hanya butuh 10 sak tapi anggarannya 20 sak. ataupun malah ngurangi bahan ). saya pikir ngak susah karena tiap tulisan pasti sudah ada filenya, tinggal di copy pastekan di web aja kan.
    2. daftar penerima jps dan jamkesmas di up load juga. dr sini biar masyarakat bisa cek siapa saja yg menerima , biar tidak ada orang kaya dapat jps dan yg miskin malah ngak dapat.

    yah paling tidak biar propinsi lain menyontoh era keterbukaan yg bapak lakukan.
    terima kasih sekali kalau saran saya diterima .

    dan terakhir, saya salut sama bapak. bagi saya bapak bisa menjadi contoh bagi kepala daerah yg lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here