Ketika Bang Jokowi Berpantun Ria

3
65

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) rupanya pandai bermain pantun. Pria asli Solo itu luwes berpantun dan disambut tepuk tangan meriah.

Jokowi berpantun tepat di penghujung sambutannya saat acara Musyawarah Besar ke-6 Bamus Betawi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (2/3/2013).

Ini dia bunyi pantun Jokowi:

Pohon sawi kembang sagu
Ikan sepat ikan gurame
Warga Betawi mari bersatu
Membangun Jakarta rame-rame

Hadirin pun bertepuk tangan menyambut hangat pantun Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan 5 komitmennya untuk Betawi.
Pertama, rumah adat Betawi di Situ Babakan.

“Waktu saya ke lapangan, itu sudah bertahun-tahun dan saya ingin ada percepatan. Kami berjanji 2 tahun ini sudah diselesaikan dan anggarannya sudah disiapkan,” kata Jokowi yang berbaju khas Betawi.

Kedua, ornamen-ornamen Betawi pada bangunan. “Kalau sebuah kota harus ada identitas, harus ada karekternya. Kalau Betawi apa? paling tidak di depan bangunan ada ornamen-ornamen Betawinya,” ujar dia.

Ketiga, Masjid raya Jakarta. “Kita akan menggunakan total karakter Betawi, tidak ada karakter lain. Di atas lahan seluas 18 hektar di Jakarta Barat,” kata suami Iriana ini.

Keempat, ada 68 ribu PNS di Jakarta menggunakan baju adat Betawi sejak Januari lalu.

“Kita akan buat Pergub lagi agar hotel, restoran maupun bank dalam satu hari dalam seminggu menggunakan pakaian adat Betawi dan ini sudh mulai diikuti kantor-kantor lainnya,” kata pria kelahiran Surakarta 21 Juni 1961 ini.

Kelima, muatan lokal. “Ini masih kita proses semoga tahun depan bisa kita kerjakan semua yang berkaitan dengan filosofi-filosofi Betawi sehingga semua anak-anak kita di SD atau pun SMP tahu filosofi-filosofi Betawi,” kata dia.

Jokowi selanjutnya menerangkan rencana revitalisasi lainnya. “Kemudian Gedung Museum Husni Thamrin di Kenari tahun ini sudah kita masukkan dalam APBD perubahan. Pembangunan revitalisasi makam Pangeran Jayakarta. Itu juga akan kita bangun. Ini karena anggaran sudah ada jadi sudah bisa dikerjakan di lapangan,” papar Jokowi.

Mendengar hal itu, Ketua Bamus DKI Jakarta, Nachrowi Ramli, melakukan standing applause untuk Jokowi. Jokowi kemudian memukul rabana tanda Musyawarah Besar ke-6 Bamus digelar.[Detikcom]

Berita Terkait:

 

Video:

Video: BeritaJakarta.com

3 COMMENTS

  1. mantap gagasan jokowi-ahok,cuma jangan dipukul rata semua harus pakai baju betawi dihari2 tertentu,sebab jakarta ini Ibukota Negara NKRI berbaurnya semua suku,agama,ras,golongan.Bravo JB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here