Basuki Ajak Warga Manfaatkan Sampah Jadi Usaha Produktif

2
68

Ahok.Org – Gunungan sampah di Ibukota bakal disulap menjadi uang. Itulah sistem sampah baru yang ingin diwujudkan Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) agar masyarakat Jakarta bisa mengelola sampah.

“Masyarakat juga harus bisa kelola sampah. Kita akan bikin sistem sampah baru,” kata Ahok di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (7/3/2013).

Selama ini, kata Ahok, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan dana untuk pembuangan sampah ke Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat.

“Kita ambil, terus masukin ke Bantargebang. Nanti kita buat mereka mengelola sendiri. Bagus itu, Pemda hemat uang. Nanti kalau warga dapat untung, bagi ke Pemda,” ujar Ahok sambil tertawa.

Sebelumnya, Ahok mengikuti rapat paripurna di DPRD. Rapat tersebut mengagendakan Penyampaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah DKI Jakarta 2013-2017, dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Sampah.

Saat rapat paripurna, anggota DPRD DKI Jakarta dari FPPP Ichwan Zayadi mengatakan Pemprov DKI Jakarta kewalahan atau bahkan tidak sanggup mengelola sampah yang tiap harinya 6.500 ton sampah dibuang warga Jakarta sehingga harus meminta bantuan dari daerah tetangga, Bantargebang.

“Padahal di kota-kota di negara maju sampah telah mampu disulap menjadi industri dan usaha produktif,” kata dia.[Detikcom]

2 COMMENTS

  1. Salah 1 masalah besar seputar persampahan di Jkt adalah karena warga msh cuek, tdk peduli (sbgn besar lagi mungkin bahkan tdk mengerti)
    Sampah kering yg seharusnya msh bisa diolah, dicampur jadi 1 dgn sampah dapur.
    Ya gimana bisa disulap jd duit ?

  2. Pak Ahok, apa bisa kita berpartisipasi dalam mengolah sampah. Kami akan mencoba menangani permasalahan sampah dengan memproduksi barang-barang yang secara ekonomis layak di jual. Bantu kami dalam perijinan, insya Allah untuk pembiayaan dan investasinya akan kami usahakan, seperti yang kami lakukan di kota Jember.
    Untuk melihat pabrik kami (awal dari karya besar kami), Bapak silahkan mendonlod link di bawah ini :

    REVOLUSI ENERGY TERBARUKAN
    Pabrik Pengolahan Sampah Terpadu “Sistem Merdeka”
    Sampah di ubah menjadi 100% barang laku di jual
    Bioetanol 99,9 % (setara Premium Oktan 13/Pertamax Plus)
    YOUTUBE
    http://www.youtube.com/watch?v=dbu_7QZDZLo
    atau
    DEPOSITFILES
    http://depositfiles.com/files/1x1mhi5ow
    atau
    http://depositfiles.com/files/gorbcbvjn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here