Jokowi Yakin Banyak Peluang untuk Melibatkan Swasta

2
50

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan prediksinya tentang adanya peluang besar untuk menggaet pihak swasta terkait realisasi program Jakarta Coastal Development (JCD).

Hal itu dia sampaikan di depan anggota legislatif, dalam rapat paripurna menjawab pandangan umum fraksi-fraksi tentang Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI 2013-2017, di Gedung DPRD DKI, Rabu (13/3/2013).

Melalui pidatonya, Jokowi menjelaskan bahwa dalam masterplan JCD, selain akan dikaji aspek teknisnya, juga akan ditinjau sudut pandang pembiayaannya. Program JCD akan mengintegrasikan rencana reklamasi pantai utara, rencana pembangunan jaringan jalan tol, rencana angkutan umum massal berbasis rel, reservoir air baku, dan juga rencana pengembangan pelabuhan.

“Sehingga banyak peluang untuk dikembangkan dengan melibatkan partisipasi swasta melalui program public private partnership,” kata Jokowi.

Pidato Jokowi itu juga sekaligus menanggapi pertanyaan dari Fraksi Partai Amanat Nasional – Partai Kebangkitan Bangsa tentang Jakarta Coastal Development (JCD) pada rapat paripurna 7 Maret 2013 lalu. Penyusunan masterplan JCD, kata Jokowi, akan merekomendasikan model bisnis yang sesuai untuk dikembangkan melalui program public private partnership, khususnya bagi proyek yang secara finansial layak dikerjasamakan dengan swasta.

Jokowi juga yakin, pembangunan JCD dapat meningkatkan dan memastikan ketersediaan air baku. Selain tentunya melalui penambahan suplai air bersih dari Jatiluhur, pembatasan ekstraksi air tanah dalam melalui pembuatan peraturan mengenai pajak air bawah tanah, meningkatkan kinerja manajemen penyelenggaraan air minum, serta peningkatan ruang terbuka biru.[Kompas]

Terkait:

2 COMMENTS

  1. setuju saja Pak…yang penting segera direalisasikan…Tidak perlu juga buat masterplan yang bagus2 untuk memenuhi keingin tahuan anggota Dewan (DPRD), tapi tidak dijalankan…buat apa…mereka (anggota dewan) juga ngak perduli kok…buktinya RAPAT PARIPURNA…yang hadir 40 orang dari seharusnya 94 orang (kalau tidak salah)…ini saja bukti bahwa mereka tidak peduli…Eksekusi segera Pak kalau sudah lengkap dokumen2 yang dibutuh…Salam..go…JB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here