Nomor 119 Layani 43 Ribu Panggilan Pasien

2
50

Ahok.Org – Efektivitas Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di nomor 119 yang baru saja diluncurkan pada 1 Maret lalu, membuat banyak masyarakat memanfaatkan layanan tersebut.

Setidaknya hingga saat ini sudah ada 43 ribu panggilan yang diterima, baik untuk mencari ketersediaan tempat tidur, ruang ICU, ambulans dan kebutuhan pasien lain sebagainya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emmawati mengatakan, panggilan terbanyak didominasi pada hari libur. Rata-rata per hari terdapat 8.000 hingga 9.000 panggilan yang diterima oleh operator. “Sudah ada 43 ribu panggilan sejak pertama kali diluncurkan,” kata Dien, di Balaikota DKI Jakarta, Senin (18/3).

Pihaknya terus berupaya agar seluruh rumah sakit yang ada di Jakarta bisa tergabung dalam sistem tersebut. Sehingga bisa mempermudah koordinasi pelayanan kesehatan, khususnya ketersediaan kamar bagi pasien. “Semuanya nanti akan diajak bergabung kita sedang siapkan semuanya. Tapi memang masih banyak perbaikan,” ujarnya.

Menurut Dien, dengan adanya sistem 119 ini juga sebagai ajang promosi rumah sakit. Sebab yang menggunakan sistem ini, tidak hanya pasien yang mencari ruang kelas III saja tetapi hingga kelas I bahkan sampai VIP. “Fungsi 119 justru memudahkan untuk promosi gratis. Karena kita carikan tempat tidur bukan kelas III saja, kelas I dan VIP juga banyak. Ternyata segmen di luar KJS juga melakukan itu,” jelasnya.

Dengan begitu, tambahnya, tidak akan ada rumah sakit yang menolak untuk diajak bergabung. Saat ini sebanyak 95 rumah sakit sudah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan KJS di Jakarta. “Kita sedang rumuskan, mudah-mudahan satu bulan ini selesai. Kemudian jika selesai akan lebih mudah untuk pembayarannya,” ucapnya.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, sejak diuncurkan layanan 119, sembilan rumah sakit telah ikut bergabung dalam sistem tersebut, yakni RSCM, RS Jantung Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, RSUD Tarakan, RSUD Koja, RSUD Cengkareng dan RSPAD Gatot Subroto.[BeritaJakarta.com]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here