Jokowi: Sistem BOP yang Diperbaiki, Bukan Dihilangkan

0
42

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara seputar masa depan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Ia menegaskan sistem BOP hanya diperbaiki, bukan dihilangkan.

“Itu hanya mengubah sistem saja. Sistemnya saja yang diperbaiki, yang dibenahi, bukan dihilangkan,” kata Jokowi di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2013).

Menurut Jokowi, sekolah gratis di Jakarta tetap ada. “Bukan sekolah gratis hilang. Bukan BOP yang hilang. Yang nulis saja itu,” ujar Jokowi.

Wagub DKI Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) sebelumnya menyatakan bahwa sebagian besar dana BOP hanya dinikmati sekolah-sekolah negeri. Di sisi lain, sekolah-sekolah swasta yang membutuhkan bantuan justru hanya mendapat alokasi BOP sebesar 20 sampai 30 persen saja.

Ahok sempat mengungkapkan tentang masa depan BOP di Jakarta. “Penghapusan BOP ya dikaji, berapa orang yang mampu di negeri ini? Kenapa (sekolah) negeri dibebaskan, sementara di swasta 90 persen (siswanya) tidak mampu misalnya,” kata Ahok.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudhi Mulyanto telah mengkaji keberadaan dan kemungkinan penghapusan BOP. Menurut Taufik, BOP akan disinergikan dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP).[Detikcom]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here