Jembatan ‘Indiana Jones’ Cikini Segera Diperbaiki

5
75
Jembatan "Indiana Jones" Cikini Foto Kompas.com

Ahok.Org – Jembatan kayu yang sudah reyot ala petualang “Indiana Jones” di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, segera diperbaiki. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta untuk langsung memperbaikinya.

“Dinas PU akan meninjau jembatan tersebut. Pastinya, Dinas PU akan memperbaiki jembatan itu tahun ini juga,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo justru menyatakan belum mengetahui hal tersebut. Ia justru balik bertanya kepada wartawan tentang lokasi jembatan kayu reyot tersebut. “Saya belum tahu. Di mana itu posisinya?” tanya Jokowi.

Jembatan reyot itu menghubungkan Jalan Inspeksi, Pegangsaan, dengan Jalan Cikini Amplu, Kenari, Jakarta Pusat. Jembatan kayu tersebut membentang di atas Sungai Ciliwung Lama sekaligus menghubungkan Kecamatan Menteng dan Kecamatan Senen.

Jembatan sepanjang 15 meter itu terbuat dari kayu-kayu bekas. Pondasinya hanya dibuat dari drum-drum yang mengapung di air. Selain itu, juga ada pegangan di samping jembatan yang juga sudah lapuk. Jembatan apung dibuat oleh warga sekitar pada November 201 karena jembatan permanen yang biasa digunakan oleh warga untuk menyeberang telah rusak dan tak dapat dilalui. Jembatan ini merupakan satu-satunya akses warga untuk menyeberang.

Dulu jembatan apung itu digunakan sebagai perlintasan kereta api pengangkut barang semasa zaman kolonial. Seiring berkembangnya waktu, jembatan tersebut digunakan warga untuk menyeberangi Sungai Ciliwung mulai periode 1960-an.[Kompas.com]

5 COMMENTS

  1. ini kan tugas Sudin PU, terutama wilayah Jakarta Pusat…mau lebih detal, kan ada RT/RW,Lurah, Kecamatan dan Walikota…kok bisa kecolongan tidak diurusi, sungguh geblek dahhhh…memalukan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here