Rusunawa Pasar Rumput Dibangun September

1
59
Ilustrasi Pembangunan Rusun - Foto BeritaJakarta

Ahok.Org – Rencana pembangunan rumah susun sewa (rusunawa) di kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan dan Jatinegara, Jakarta Timur tampaknya segera terealisasi. Saat ini, dua kementerian yang bertanggung jawab atas pembangunan fisik rusun tersebut masih menyelesaikan pembuatan desain.

“Sekarang dua kementerian yang tanggung jawab membangun sedang membuat desain. Nanti baru perencanaan dan setelah itu lelang. Ya kalau cepat perencanaannya selesai Juli, lalu lelang 45 hari dan sekitar bulan September lah kita mulai,” ujar Jonathan Pasodung, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI, Rabu (3/4).

Dikatakan Jonathan, untuk rusunawa yang di Jatinegara sudah diputuskan akan dikerjakan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Sedangkan rusunawa yang di Pasar Rumput akan dikerjakan Kementerian Perumahan Rakyat. “Untuk target penyelesaian masih tunggu proses. Ini saja belum perencanaan,” ucapnya.

Meski begitu, kata Jonathan, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama menginginkan pengerjaan rusun tersebut bisa dipercepat. “Ya lebih cepat lebih bagus. Pak Wagub minta pembangunannya paling lama 1,5 tahun,” ucapnya.

Nantinya, lanjut Jonathan, masing-masing tower yang dibangun di area tersebut akan dibangun 24 lantai. Sementara banyaknya tower, masih akan dilihat dari luas lahan yang ada. “Masing-masing 24 lantai, kalau di Pasar Rumput mungkin bisa jadi 3 tower. Kita masih akan ukur koefisien lantai bangunan (KLB) dan koefisien dasar bangunan (KDB),” katanya.

Untuk anggarannya sendiri, Jonathan mengaku belum mengetahuinya. Karena total anggaran untuk pembangunan diserahkan kedua kementerian tersebut. “Untuk sosialisasi ke pedagang nanti diurus PD Pasar Jaya teknisnya,” tandas Jonathan.

Rencananya rusunawa itu akan di bangun di atas lahan 2,3 hektar yang berada di Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Sedangkan yang di Jatinegara akan dibanggun di atas lahan 7.000 meter persegi.[BeritaJakarta.com]

1 COMMENT

  1. Yth Bpk BTP
    Usul :
    Mohon dapat dialokasikan unit khusus sewa, konsepnya seperti kos-kosan/Apartement, bayar bulanan, dengan harga murah.
    Target marketnya adalah para warga luar kota DKI yang bekerja di DKI.
    Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here