HUT Jakarta, Jokowi Janjikan Drama Musikal Betawi

2
107

Ahok.Org – Hari ulang tahun Kota Jakarta telah memasuki bulannya. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji menyajikan drama musikal Betawi kontemporer selama perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-486 Kota Jakarta.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengatakan, selama perayaan HUT Kota Jakarta nanti akan dimunculkan dengan tegas romansa kebudayaan, khususnya kebudayaan Betawi. Dengan format kekinian, drama musikal itu akan dihelat besar-besaran di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas).

“Namanya Ariah (drama musikal), nanti akan dikeluarkan tanjidor, tapi dalam format kekinian gitu. Dikemas dengan lighting yang baik, manajemen panggung yang baik, sehingga enak ditonton,” kata Jokowi, di Balaikota Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Mengenai anggaran yang dikucurkan untuk menopang perayaan HUT Kota Jakarta, Jokowi mengatakan, sumber dananya terpecah menjadi dua. Sebagian acara dihelat menggunakan APBD, dan sisanya berkat bantuan sponsor. “Drama musikal itu dari sponsor, yang dari APBD kayak Jakarnaval, tapi saya enggak ingat betul. Nanti saya nonton saja di bawah (panggung),” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budiman menyampaikan rencananya untuk menggelar rangkaian perayaaan HUT ke-486 Kota Jakarta selama satu bulan. Rangkaian acara HUT Kota Jakarta akan dimulai pada 2 Juni sampai 3 Juli 2013.

Untuk pembukaan, rencananya bakal mengambil lokasi di Pusat Industri Kecil (PIK), Cakung, Jakarta Timur. Selama sebulan itu, kata Arie, akan digelar 17 kegiatan utama. Beberapa di antaranya adalah Pekan Raya Jakarta, Jakarta Great Sale, Jakarta Night Festival (car free night), kejuaraan dunia golf, kejuaraan maraton (Jakarta 10K), dan Jakarnaval.

Pada 29-30 Juni 2013, digelar sandiwara musikal Betawi (Ariah) di kawasan Monumen Nasional. Semua acara dibuat dengan konsep hiburan dan kebudayaan. Puncak acara, hari jadi Jakarta 22 Juni 2013 digelar di sekitar Monumen Nasional. Pada hari itu akan digelar Jakarta Night Festival (car free night) dan pesta rakyat di sepanjang Sudirman-Thamrin, termasuk Bundaran Hotel Indonesia. Beberapa daerah lain juga akan diundang untuk meramaikan perayaan HUT Kota Jakarta.[Kompas.com]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here