45 Museum Semarakkan Museum Day

2
65
museum day 2013 - ilustrasi ahok.org

Ahok.Org – Untuk memperingati Hari Museum Internasional 2013, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta berencana menggelar Jakarta Festival Museum Day (JFMD). Kegiatan tahunan ini akan diselenggarakan di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (18/5) mendatang. Sebanyak 45 museum di Jakarta akan bergabung dan ikut serta menyemarakkan kegiatan ini.

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, jumlah peserta Museum Day tahun ini terdapat 45 museum, meningkat dibanding penyelenggaraan tahun lalu yang hanya diikuti 43 museum. “Di Jakarta terdapat 53 museum, tapi tahun ini yang ikut serta hanya 45 museum,” ujar Arie, di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (15/5).

Ke-45 museum itu diantaranya, Museum Tekstil, Museum Taman Arkeologi Onrust, Monumen Nasional (Monas), Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Balai Konservasi, Unit Pengelola Kota Tua, Museum Al QuranPTIQ Lebakbulus, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Tragedi 12 Mei Universitas Trisakti, dan Museum Bahari.

Nantinya, kata Arie, acara ini juga akan diramaikan dengan beberapa pertunjukan kesenian maupun budaya seperti, pementasan Wayang Kulit Banyumas semalam suntuk dengan dalang Ki Anom.

Arie berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke museum. Pihaknya menargetkan sebanyak 10 ribu wisatawan akan datang dan menikmati Jakarta Festival Museum Day 2013. “Kami imbau agar pengunjung tidak menggunakan kendaraan pribadi, karena keterbatasan parkir, lebih enak naik bus Transjakarta. Saat ini, kawasan Kota Tua juga sudah dilintasi bus Transjakarta sehingga dapat menjangkau lokasi lebih dekat, cukup dengan berjalan kaki,” katanya.

Ditambahkan Arie, festival tahun ini juga akan diisi oleh berbagai kegiatan menarik lainnya seperti, bincang-bincang museum, lomba fotografi, lomba stand up komedi dan lain-lain. “Festival ini gratis. Jadi, silakan masyarakat berbondong-bondong mengunjungi acara ini,” tandasnya.[Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. Peminat musium biasanya pelajar, itupun berangkat karena acara dari sekolah.
    Pada umumnya, musium kurang peminat.
    .
    USUL: Sekali-sekali bikin acara pameran barang-barangg musium di MALL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here