Gaji Guru Honorer Akan Disesuaikan KHL

0
42

Ahok.Org – Pemprov DKI Jakarta akan menaikkan gaji guru honorer dan disesuaikan dengan nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebesar Rp 1,9 juta. Saat ini, rencana kenaikan gaji guru honorer di ibu kota masih dihitung.  

“Belum ada angka pasti berapa besar kenaikannya. Ini lagi kita hitung berapa yang sesuai, ya minimal sesuai KHL. Tepatnya berapa, lagi dihitung,” ujar Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balaikota, Kamis (16/5).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto mengatakan, saat ini, para guru honorer di ibu kota menerima honor mengajar sebesar Rp 400 ribu per bulan ditambah tunjangan dari pemerintah. Pemberian tunjangan, kata Taufik, merupakan bentuk kepedulian Pemprov DKI yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. “Sebab, guru honorer sebelumnya tidak mendapatkan honor dari Pemprov DKI,” katanya.

Karena itu, lanjut Taufik, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama telah memerintahkan agar ada standar tugas minimal guru honorer. Sementara, honor guru honorer masih terus diproses dengan pendekatan kesejahteraan sesuai KHL d Jakarta. “Sedang dihitung. Mungkin nanti bisa sesuai KHL. Itu nanti kita coba cek. Tapi memang ke arah ke sana sesuai arahan Pak Wagub. Nantinya, semua status honorer, baik guru hingga penjaga sekolah meningkat,” katanya.

Ditambahkan Taufik, pihaknya diminta untuk melihat komponen-komponen tugas guru honorer, serta perhitungan kuantitatifnya. “Misal, perbedaan jam kerja antara guru honorer dan guru tetap serta standar tugas keduanya,” tuturnya.

Taufik menargetkan perhitungan upah guru honorer sesuai nilai KHL di ibu kota diharapkan dapat diajukan pada penyusunan APBD Perubahan 2013. “Memang sedang diproses. Nanti bikin standar tugas. Kalau dibilang untuk memberikan angin segar ya tidak juga. Sebab, kita sudah kasih tunjangan Rp 400 ribu per bulan, sebelumnya kan tidak pernah,” tandasnya.[Beritajakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here