Tiga Pesan Jokowi untuk Warga Jakarta

4
82

Ahok.Org – Untuk menghibur warganya, Pemprov DKI Jakarta menyuguhkan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HUT ke-486 Kota Jakarta. Sayangnya, usai acara yang melibatkan banyak warga, kerap menyisakan sampah serta meninggalkan kerusakan pada taman-taman kota. Untuk itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo menyampaikan tiga pesan khusus untuk warga Jakarta.

Pesan pertama yang disampaikan Jokowi yakni, agar warga tidak membuang sampah sembarangan saat maupun paska perayaan yang digelar. “Saya titip kalau pas ada misalnya malam muda mudi, Jakarnaval, dan Jakarta Night Festival, tolong jangan buang sampah sembarangan,” ujar Jokowi, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (30/6).

Pesan kedua, agar warga tidak menginjak-injak taman kota. Terlebih, selama ini perawatan taman menggunakan dana dari APBD DKI. “Jangan injak-injak taman. Taman itu milik kita semua. Kalau taman rusak, kita perbaiki pakai anggaran dari masayakat,” katanya.

Yang ketiga, Jokowi mengajak warga untuk menggalakkan kerja bakti di lingkungannya masing-masing, seperti membersihkan saluran air. Hal ini diharapkan dapat mengurangi resiko banjir yang sering mengancam ibu kota. “Saya ingin mengingatkan itu saja, untuk bersama-sama menjaga lingkungan. Selokan yang belum bersih ya dibersihkan. Kalau tidak dibantu oleh masyarakat untuk menjaga dan merawat kota ini bersama-sama, saya tidak yakin kota ini jadi bebas banjir,” ucapnya.

Sementara itu, Jakarnaval 2013 yang digelar di sepanjang Jl Medan Merdeka Selatan, Jl MH Thamrin dan Bundaran HI diharapkan bisa memberikan keceriaan bagi warga Jakarta. Ke depan, peserta yang dilibatkan khususnya dari kalangan pelajar akan ditambah. Jika saat ini hanya melibatkan 500 pelajar, tahun depan sebanyak 2.000 pelajar akan dilibatkan.

“Sekarang yang palnig penting ini melibatkan siswa-siswi yang ada di Jakarta. Bukan hanya mengeluarkan produknya tapi proses munculnya sebuah produk juga ditonjolkan. Kalau sekarang yang terlibat 500 siswa, perkiraan tahun depan ada 2.000 lebih,” kata Jokowi.

Selain itu, peserta dari luar Jakarta yang diajak untuk bergabung juga akan lebih banyak lagi. Jakarnaval kali ini mengambil tema, Keajaiban Ondel-ondel. Sementara tahun depan, akan mengambil tema yang lebih unik lagi. “Apapun kegiatannya, saat ulang tahun Jakarta harus memberikan kegembiraan kepada masyarakat. Tidak boleh eksklusif di gedung-gedung mewah, tetapi terbuka dan masyarakat bisa menikmati,” katanya.

Ketika disinggung mengenai kostum yang digunakan, orang nomor satu di ibu kota ini mengaku hanya memberikan gambaran kepada desainer. “Ya saya bukan desainer. Kira-kira ide saya seperti ini, kemudian muncul baju ini. Ini kostum karnaval,” ujarnya.

Artis ibu kota yang ikut memeriahkan Jakarnaval, Elfonda Mekel alias Once mengaku, senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Terlebih, sebagai Gubernur, Jokowi juga terlihat menyapa langsung warganya. “Kegiatan ini membuat warga Jakarta merasa jadi orang Jakarta, lebih merasa memiliki. Warga juga saling berbaur dan berasal dari golongan apa aja,” katanya.

Ia pun berharap agar kegiatan ini bisa digelar setiap tahun. Sebab masyarakat butuh hiburan yang murah meriah. “Ini suatu trobosan, setelah sekian lama tak ada, acara ini juga menyegarkan. Ini bisa membuktikan Jakarta penuh dengan orang-orang kreatif, serta membuktikan Jakarta aman,” tandasnya.[Beritajakarta]

4 COMMENTS

  1. Selamat + Terimakasih Pak JB telah melakukan perubahan2 yg mendasar. Melalui pekan budaya semoga pembauran warga semakin cepat, hidup benar2 damai + saling menghormati + saling melengkapi, tanpa membeda2kan satu sama lainnya. ROH-nya PANCASILA sudah mulai dikembalikan oleh duet JB. Kalauu Jakarta Baru tercipta, pasti Indonesia Baru juga!!!

  2. sayang penontonnya ga bisa tertib dan rapi, masuk ke badan jalan semua, alhasil orang-orang tua tidak nyaman nontonnya…uyel-uyelan kayak dipasar Tanah Abang, yg susah ditertibkan karena banyak premannya…

  3. Pesan #1 Tolong jgn buang sampah sembarangan, # 2 Jangan, merusak taman2 dikota # 3 kerja bakti Dlm Lingkungan masing2. #1.Bebas sampah = utk mng Hargai Diri kita Sendiri / Masyarakat / Lingkungan Hidup kita.” #2. Dgn taman2 an yg tr rawat/ rimbun, mm bwt Pikiran jd segar/adem.( nambah Pinter/ga cpt marah2 ) # 3. Lingkungan kerja bakti = supaya jgn banjir me lulu = pesan Pak Jokowi, Ringkas / Mudah di Mengerti /apa ada nya (through to the fact) to the important “Point of view” semoga pesan2 yg simpel ini kesampe’an pd masyarakat 🙂 :’) 😀

  4. harusnya lebi detil pak.buang sampah hanya di tong sampah.selain itu ilegal dan bisa dipenjara.lalu tolong laporkan warga yg buang sampah sembarangan.
    dan pesan terakhir mari bersihkan daerah masing agar bebas banjir.biar tau apa untungnya baru pada mao.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here