Wagub Soal Pengendalian Harga Sembako

5
78

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mencari cara agar bisa mengontrol kenaikan harga sembilan bahan pokok (sembako) jelang bulan Ramadan.

Sebenarnya, kata Ahok, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memiliki konsep seperti ketika menjabat jadi Wali Kota Solo. Menurutnya, di Solo harga bisa dikendalikan oleh pemerintah karena pasar dan kios adalah milik pemerintah.

“Kami belum bisa menangani secara langsung karena PD Pasar Jaya belum bisa jadi fungsi kontrol,” ucap Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa 2 Juli 2013.

Seharusnya Pemprov DKI juga memiliki semacam pasar induk yang bisa menyimpan sembako. Lalu ketika harga mulai naik, stok sembako tersebut bisa dikeluarkan dan dijual dengan harga normal.

Secara teknis Ahok mengaku sudah menginstruksikan kepada Asisten Deputi Bidang Perekonomian Provinsi DKI Jakarta, Hasan Basri, untuk bisa mengontrol kenaikan harga sembako jelang bulan puasa ini.

“Itu untuk mengimbangi kebutuhan pokok, kita harus punya logistik sendiri. Harus punya food station atau semacam pasar induk. Tapi kami belum bisa lakukan sekarang, makanya kami mau monitor dulu, tugaskan Pak Hasan untuk teknis,” ucap Ahok.

Sebagai antisipasi, Jokowi menginstruksikan agar disediakan semacam pasar malam di kelurahan-kelurahan yang menjual sembako. Itu supaya masyarakat tidak mengandalkan pasar-pasar reguler untuk membeli sembako.

“Pak Gubernur punya beberapa ide, dia mau membuat seperti pasar malam. Pak Jokowi sempat ngomong sekilas membuat seperti pasar malam lagi. Misalnya pasar jalanan di kelurahan-kelurahan bisa ada sembako segala macam,” ucapnya.[Viva.co.id]

5 COMMENTS

  1. Siiip mantap Pak. Kasihan rakyat kecil yang mau puasa dan lebaran dimanfaatin. Beli dari bulog saja Pak, kan mereka punya banyak stok sembako. kalau untuk minyak goreng, gula,dsb mungkin bisa kerjasama dengan produsennya seperti bimoli, sebagian dana CSRnya kan bisa sebagai crossmargin dengan harga jual minyak, dsb, jadi harganya kan bisa lebih murah..Coba saja Pak, barangkali bisa….SAlam..Go..JB

  2. hei hei…..presiden dan pembantu2nya kemana ? mau enaknya aja….enak di dia dan partainya dan konco konconya tapi susah di masyarakat dan orang lain…..halo presiden….dimanakah engkau…..

  3. sudah masuk bulan Juli, sudah habis pesta hut Jakarta, sekarang saat nya buat warga Jakarta ikut blusukan ngecek Pompa Air , Saluran Air, Kali, Sungai besar, Waduk, dinding penahan air situ, waduk dsbnya cepat2 lah di cek agar siap menanti datangnya musim hujan dibulan agustus keatas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here