BTP: Tak Semua Dana Pembebasan Tanah Dialihkan ke PMP

6
100

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan bahwa tidak seluruh alokasi anggaran untuk pembebasan lahan akan dialihkan ke penyertaan modal pemerintah (PMP).

“Tidak semuanya anggaran pembebasan lahan dialihkan untuk PMP BUMD. Sebagian masih ada,” ujar Ahok, sapaan Basuki di Balai Kota, Selasa (16/7).

Seperti anggaran pembebasan lahan di Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan Daerah masih ada. Selain itu, di dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKP) DKI juga masih ada anggaran pembebasan lahannya.

Seperti diketahui, masalah utama tidak terserapnya anggaran adalah karena pembebasan lahan. Ada sebanyak Rp 2,5 triliun pengembalian dana dari anggaran tidak terserap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI itu dialihkan untuk BUMD.

Dinas Pertamanan DKI mengembalikan sekitar Rp 500 miliar dan Dinas Pendidikan DKI mengembalikan anggaran yang tak terserap sebesar Rp 13 miliar ke kas daerah.

Dinas Pekerjaan Umum DKI mengembalikan anggaran sebesar Rp 200 miliar, sementara Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI mengembalikan anggaran sebesar Rp 150 miliar.

Pengembalian anggaran itu, digunakan sebagai PMP untuk tiga BUMD DKI, antara lain Bank DKI sebesar Rp 1,35 triliun, PT Jakarta Propertindo sebesar Rp 1,4 triliun, dan PD Pembangunan Sarana Jaya sebanyak Rp 130 miliar.[Bisnis.com]

6 COMMENTS

  1. kasus petugas sampah yg mogok, ga digaji 4 bulan??? Apa pengerukan sampah masih diborongkan ke pihak swasta seperti Gubernur yg lalu?? Kesannya jadi citra etos kerja Dinas Kebersihan kayak main-main dengan anggaran, masak petugas kebersihan sampai mogok begitu gara-gara gaji ga dibayar 4bulan??? Kalau sampai mampet dan air meluap lagi, siapa yg bertanggung jawab, masak menyalahkan Tuhan karena nurunin ujan???

  2. nah bukti perlawanan dari pns pemprov terhadap atasan yang baru neh , atasan dah 9 bln berkuasa masa 4 bln terakhir lom cair uang gaji , apa semua mesti di kirim ke pulau 1000 aja tuh pns, hak orang kok di tunda2, gimana kalo hak anda ditunda2 juga

  3. Satu hal yang positiv, setiap dinas tahun ini mengembalikan dana yang tidak terserap! (dibandingkan era sebelumnya)
    yang perlu diperbaiki: perencanaan projek dan perencanaan pendanaan agar hal ini tidak terjadi lagi.
    Juga penelitian ada tidak -nyapembangkangan di setiap dinas untuk melakukan program kerja yang sudah direncanakan sebelumnya untuk alokasi anggaran yang telah di rencanakan!

  4. ada petugas yg ga digaji 4bln?!?!? hmm…. moga2 pemprove bisa lebih proaktif… jgn lebih reaktif… sebisa mungkin pemerintahan yg bersih transparan profesional ini bnr2 tjd…..

  5. Saya skarang mengerti ttg rancangan anggaran 2013 oleh gubernur terdahulu kemudian oleh JB cuma dipotong 25% tanpa memotong/mengevaluasi programnya, skrang ketahuan program yg dirancang itu banyak unsur kongkalikongnya dan dinas skarang tidak berani melaksanakan program itu karena sudah sadar(Takut?)jadi sebaiknya dikembalikan saja. Suatu tindakan yang bagus dan terbukti filosofi ” Kepala lurus maka bawahan tidak akan berani tidak lurus”.
    Jadi masih ada harapan Indonesia Baru akan tercipta.

  6. kalau menurut saya, itu dagelan pejabat yang sebelum dipindahkan ke dinas kebersihan…masa bisa 4 bulan tidak dibayar ? Emang data-data yang diserahkan ngak lengkap ??? Ada-ada aja…Salam..Go…JB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here