Basuki Tepati Janji, Gaji Penjaga Makam Naik Setara UMP

31
360
Penjaga makam Pangerang Wijaya Kusuma, Hadi Doyo (63), memegang fotonya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - Foto Kompas.com

Ahok.Org – Wajah Hadi Doyo (63) semringah. Menjelang Lebaran kali ini, penghasilannya sebagai penjaga Makam Wijaya Kusuma di Tubagus Angke, Jakarta Barat, naik tiga kali lipat. Semua itu sesuai janji yang pernah dilontarkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Setelah ia dihadiahi paket perjalanan umrah oleh Basuki, kini Hadi mendapat penghasilan layak. Ia menerima gaji setaraf dengan upah minimum provinsi (UMP) DKI, yaitu Rp 2,2 juta per bulan.

“Alhamdulillah, kesejahteraan saya berubah. Sekarang gaji saya setingkat UMP dan dibayar setiap bulannya,” kata Hadi di Jalan Tubagus Angke, Jakarta Barat, Selasa (6/8/2013). Wajahnya semringah ketika menceritakan itu.

Hadi mengatakan, gajinya naik setelah Basuki menjanjikan membayar gajinya setiap bulan dan setaraf UMP. Selama 44 tahun, ia mengabdi sebagai penjaga makam dan diberi upah Rp 750.000 per bulan. Honor itu dibayarkan oleh Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat setiap tiga bulan sekali dengan total Rp 2,2 juta. Kini suku dinas tersebut berubah nama menjadi Suku Dinas Museum dan Pemugaran.

Basuki bukan wagub pertama yang berziarah ke Makam Wijaya Kusuma sebelum hari ulang tahun Jakarta tiba. Namun, menurut Hadi, pria yang akrab disapa Ahok itu menjadi tamu paling istimewa yang pernah mengunjunginya.

“Pak Ahok jadi kenang-kenangan sangat berharga buat saya. Wagub-wagub yang sebelumnya biasa saja. Pak Ahok yang berbeda dari kita kok bisa justru lebih perhatian, he-he-he,” kata Doyo. Foto kenangan kunjungan Basuki kini menjadi hiasan di rumahnya.

Selain tinggal bersama istrinya, di rumah semipermanen samping makam Wijaya Kusuma, Hadi menetap bersama ketiga buah hatinya. Anak sulungnya bernama Mulyani (18) kini telah lulus SMA dan bekerja di sebuah supermarket swasta. Putra keduanya bernama Agung Wijaya (8) duduk di kelas III SD. Adapun anak bungsunya bernama Rizky Wijaya masih berumur dua tahun.

Amanah dari almarhum ayah telah membuat Hadi bertahan mengabdi pada pekerjaan sebagai juru kunci dan penjaga makam selama puluhan tahun. Selain itu, ia juga berkomitmen untuk dapat berbuat sesuatu bagi bangsa dan negara, salah satunya dengan membantu pemerintah menjaga makam pahlawan.

Menjelang HUT ke-486 DKI Jakarta, akhir Juni lalu Basuki berziarah ke tempat tersebut. Saat itu, Basuki merasa terkejut dengan kondisi ekonomi Hadi, yang pendapatannya masih jauh di bawah UMP DKI.

Melihat kondisi itu, Basuki langsung memerintahkan pejabat Jakarta Barat yang saat itu turut mendampinginya, termasuk Wali Kota Jakarta Barat Fatahillah, untuk meningkatkan kesejahteraan Hadi. Kini janji itu telah ditepati dan Hadi dapat menikmati hasil jerih payahnya menjaga cagar budaya Ibu Kota.[Kompas.com]

Terkait:Pak Ahok, Teruslah Galak untuk Jakarta

31 COMMENTS

  1. Pejabat yang patut dicontoh not nato but action and riil.. Selamat Ahok menghapus duka 44 tahun….. Kasihan … Apa pejabat selama ini buta ya ?

  2. Anda menyentuh hati kami. Both of you.
    Yg satu, memiliki hati tuk mengabdi, satunya memiliki Kasih untuk sesama.
    Mari kita dobrak, hancurkan segala dinding perbedaan, mari bersatu, tobat! Cukup sudah!
    Perhatikan saudara2 kita yg miskin, cerdaskan dan sejahterakan mereka! Jgn kita menghamba dgn uang…..
    Jakarta Baru menuju Indonesia Baru!!!
    Terima kasih pak Ahok!

  3. terharu dan kagum membacanya,inilah wujud kasih,kasihilah sesamamu manusia itulah hukum yg pertama dan terutama yg sama dgn mengashi tuhan allahmu.

  4. pak hadi blg byk wagub yg berkunjung tapi gaji tetap krn wagub sebelumnya mikir sendiri & tdk mau tau terharu juga,kalau gak ada pak ahok ya tetap gaji 750 sampai kiamat lah

  5. contoh pejabat yg peduli dengan rakyat kecil, semoga pejabat lain terbuka matanya. maju terus Pa Ahok !!!!
    rakyat mendukung Bapak.
    Tuhan memberkati kesehatan dan kemulian hati Pa Ahok dan keluarga, amin.

  6. Biasanya orang kalau sudah di atas kalau bikin janji apa sama orang yg di bawahnya chance-nya 99% janji ini gak akan ditepati. Tapi anda benar benar lain dari yg lain Pak Basuki, bahkan janji terhadap penjaga makan pun anda tepati. Mungkin hanya ada 1 di antara 1 juta pejabat negeri ini yg bisa menyaingi anda!

  7. SAYA SANGAT TERHARU SEKALI MEMBACA KISAH INI. Semakin kagum saya dengan pribadi pak Ahok. Kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi diri sendiri diwujudkan dalam kenyataan. Bukan ngomong dan janji palsu aja ditebarkan seperti banyak pejabat lain lakukan. Bila saja ada 100 orang seperti pak Ahok tersebar di seluruh propinsi sebagai Gubernur / Wagub, saya yakin Indonesia akan semakin maju.

  8. Biarlah cerita ini menjadi kumpulan cerita2 baik yang akan diceritakan para orang2 yg telah dibantu pak Ahok. Terharu gan bacanya. Makasih Tuhan sudah mengirim 2 orang baik dan benar ke negeri jahanam munafikun ini, tapi akhirnya ada setitik sinar untuk merubah kejahanaman pejabat2 munafik.

  9. sudah naik haji tak tahu malu si lulung dari tanah abang memangnya mata,telinga dan hati nurani kalian dimana? mata buta,telinga tuli hati jahat/egois sebagai perwakilan rakyat dari dulu kalian kerja apa?orang kecil kalian harus peduli seperti pak BTP dan pak JOKOWI yang kami cintai ini.tidak seperti kumpulan preman haji lulung pungli di tanah abang. saya malu ada seorang BETAWI seperti kamu(haji lulung)seorang bapak penjaga makam bernama hadi doyo, kalian anggota dewan kemana tidak perhatikan wong cilik seperti keluarga pak hadi doyo.lulung kamu ini malu maluin warga betawi di DKI lebih bagus keluar aja dari DKI.

  10. Trm ksh Tuhan, akhirnya engkau lahirkan pemimpin indonesia baru untuk membawa perubahan, smg anak bangsa makin bersatu, indonesia pasti jaya, dukung pimpinan JOKOHOK untuk merubah indonesia

  11. Salut untuk Pak AHOK dan juga walikota JAKARTA BARAT dan Ka Suku Dinas Museum dan Pemugaran. Dukungan mereka untuk melaksanakan perintah Pak Wagub pantas mendapat penghargaan, dua jempol untuk mereka bertiga.Terima kasih Jakarta Baru.

    • Numpang salute sm cap jempol buat P.WaliKota Dan kA Suku Dinas, Museum Pemugaran, dukungan mereka Dalam melaksanakan Tugas. Sangat meng Hargai Tugas Bapak2 Terima Kasih’ Di post ini juga sy Mw menyalami warga kite, yg Merayakan Hari Raya Idul Fitri, Mohon Ma’af Lahir & Batin” Mohon Berkat Allah SWT Utk semua 😀

  12. Salut ko ahok bs membalikan persepsi negatif masyarakat thd kaum minoritas krn ga semuanya brengsek, semoga masyarakat semakin terbuka matanya

  13. ketika apa yang berbeda itu ternyata jauh lebih baik, maka tak perlu naif untuk mengucap terima kasih dan buang smua pikiran jahat tentang perbedaan..

    Bravo,BTP

  14. cari pejabat kyk Pak ahok mungkin di indonesia cuma 1:1000 gw yakin klo pejabat lain ngeliat nasib penjaga makam model begini diotaknya mikir dulu :

    1.klo gw naikin gaji die yg jaga makam lain bakal minta dinaikin jd repot nih
    2.pendidikan dia apa ? pantas nggk gw naikin
    3.kedudukan nya cuma juru makam kurang signifikan mending gw beliin istri/anak tas channel asli atau kawasaki ninja ambil dari dana operasional
    4.sesuai prosedur nggk nih gw naikin gajinya ntar gw disalahin pusat lagi main naikin gaji apalagi klo ntar dia ngelunjak minta laen2nya.mendingan gw cari aman dengan cara ngomong : “pak ini bantuan sekedarnya dari kami mudah2an bisa membantu belanja seminggu ke depan ayo kita photo2 dulu tetap semangat ya”.

    Kalo Prinsip Ahok ada 3 :

    1.Gw bantu lo detik ini juga klo gw emg sanggup nggk pake lama gw pasang badan klo ada yg mempermasalahkan.

    2.Gw memang blm bgt sanggup buat bantu tp gw janji bkl realisasiin bantuannya nanti gw kabari klo udh bisa lo bisa sms gw kpn aja ke nomor gw atau email atau ke situs gw utk selalu tanya perkembangannya.

    3.Jujur aja Gw nggk bisa bantu lo tp akan gw usulin ke Gubernur utk sgr dibuat peraturannya sebisa gw spy lo bisa ada solusi

    dgn 3 prinsip ini Pak Ahok mengerjakan tugas2nya hasilnya ya testimoni indah dari penjaga makam di atas.

  15. Salut banget dan ane kasi 10 jari tangan dan 10 jari kaki dech buat Mr.Wagub. Mungkin aja kalo wagubnya bukan Om Ahok, gaji si penjaga makam bakalan mandek terus2an di angka 750 ribu/bulan. soalnya kagak ade yg perduli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here