Jokowi Akan Kembalikan Metromini yang Disita, asal…

16
197

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji untuk memulangkan metromini yang disita Dinas Perhubungan, jika pemilik metromini menerima syarat yang diajukan.

“Kalau bus diperbaiki, keselamatan penumpang ya terjamin, silakan dikeluarkan semuanya. Metromini masih layak jalan atau tidak? Aman bagi penumpang atau tidak. Kalau dikeluarkan, lalu ada kecelakaan penumpang, siapa yang tanggung jawab?” ujar Jokowi di sela-sela rapat Paripurna, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Mengenai perbaikan, Jokowi mengaku mengerti pemilik tak bisa memperbaiki bus dalam waktu singkat. Ia pun meminta pemilik bus berlapang dada jika bus mereka disita karena tidak memenuhi standar kelaikan karena semuanya dilakukan demi masyarakat.

“Kalau tidak tegas dan tertib hukum, sampai kapan kita terus begini?” tukas Jokowi.

Hal tersebut disampaikan berkaitan dengan demonstrasi yang dilakukan ratusan sopir metromini, di Balaikota DKI, Kamis (29/8/2013). Para sopir berdemonstrasi menuntut Jokowi memecat Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, berkaitan dengan tes kelaikan dan penyitaan metromini.[Kompas.com]

Terkait: Basuki Akan Pidanakan Massa Metromini Perusak Transjakarta

16 COMMENTS

  1. Kebanyakan supirx2 itu belum tentu warga jakarta asli, mereka itu hanya memikirkan kepentingannya saja tanpa mengindahkan kepentingan orang lain. Tidak berbeda dengan para pelaku kepentingan yg lain.

  2. Setau saya bukannya mereka (pemilik bus) sudah diberi kesempatan cukup lama pak? shg bapak sbnarnya tidak maen asal sita spt yg dituduhkan mereka.
    mereka saja yg terus mikir ‘Ah gampanglah, nanti juga gak bakal disita… ke Gub. dulu yg cemen…’ shg menyia2kan kesempatan waktu yg telah diberikan pemda DKI utk memperbaiki kendaraan2 bus mereka.
    Harusnya mereka dipidanakan semua mulai dari para perusak fasilitas umum dan kendaraan lainnya sampai pimpinan demonya yg lalai/gak bisa ngontrol massanya, termasuk yg punya bis yg ‘danain/ngomporin’ demo rusuh ini sekalian!
    Atau kirim ke Nusa Secengan (P.Seribu), biar kerja publik/bakti bersihin sampah2 disono, trus bikin penjara sekelas Alcatraz krn pemda DKI memang butuh ini dgn banyaknya penjara di DKI yg akan penuh nanti oleh proses2 pidana yg terus berlangsung dan terus bertumpuk masuk.
    Jika menolak hukuman kerja bakti/publik, setor saja ke wahana “Kreta Gile DKI” (roller coaster akrobatik sinting tak laik jalan tanpa batas kecepatan dan keamanan publik, serta tentunya tanpa asuransi jiwa/kesehatan mengingat besarnya bahaya yg akan terjadi, termasuk tambah sakit jiwa alias gila beneran stlh muntah2 terus scr berlebihan sepanjang hari dan sepanjang minggu), pasang sampe 99 ronde terus2an tanpa henti dlm sehari, besok ulang lagi, begitu terus sampe mo kerja bakti lagi.
    —–
    .
    .
    .

    (S3)opir Sinting Sesat: “Buset dah! mo cari masalah nih (*nyebut kode bis saingan*) ngerebut mangsa gue. Jek! bantuin minta jalan! (*seru ke kondektur*)”
    (P1)enumpang-1: “Pak sopir, hati2 jangan ngebut2 dong!”
    S3: Ya bu, saya akan sangat hati2 (dlm melaba apa saja dijalan)
    .
    [*betul saja.. selain utamanya utk menyalib saingannya, dalam rangka membantu sosialisasi pemindahan PKL di trotoar dan pelebaran/normalisasi jalan umum, S3 ini sangat menghayati peran sertanya, mulai dari yg dagang es tebu sampe gerobak makanan pada minggir buru2 ketika pinggiran jalan mulai dilaba, ada yg sempat menghindar, ada juga yg gak sempat shg habis rata terlindas, dan ada yg tertabrak – meski tak pakai narkoba tapi efeknya sama spt cara Novi.A menjalankan bisikan2 gaib dgn narkoba utk membubarkan kerumunan massa di (pinggir) jalan umum*]
    .
    P2: Pak, itu ada yg ketinggalan, gak sekalian dilaba? [*sambil menunjuk obyek di kejauhan*]
    S3: Ah, gak, klo itu gak mau! Ane cuma mo kejar setoran/saingan, bukan ngejar dia… justru itu yg ane mo hindarin…
    .
    [*bis sinting tsb buru2 turun kembali ke jalan trayek yg seharusnya dan berhasil menyalip saingannya serta berhenti ultra mendadak sama spt biasanya shg membuat seisi ‘kaleng sarden’ jumpalitan ke depan menggencet kaca depan dan sopirnya, sambil meninggalkan sisa2 kehancuran akibat efek ‘pelebaran jalan mendadak’ dibelakangnya*]
    .
    Siapa yg ditakutin banget oleh S3 ini ya?

  3. ayo semangat dan pantang mundur Dishub DKI Jakarta, selama anda bertugas demi keselamatan penumpang warga DKI Jakarta!!!

    Tunjukkan wibawamu sebagai aparat perhubungan yg diberi wewenang mengatur kir demi keselamatan bersama, asal jangan menyalahgunakan amanah yg diberikan!!!

  4. Era Lama> Kebutuhan Pokok pen cari nafkah (Supir,kenek Metromini) tidak pd tempat yg ter Pimpin secara disiplin. Peraturan dan tata pelayanan, yg minim pd pengetahuan> “menjaga kestabilan keselamatan/keuntungan” Pemprov Pemerintahan kita, terus menerus Tanpa jenuh Dan bosan memberi wejangan/didikan/semangat utk manfaat pekerja bag transportasi utk lebih terdidik/manusiawi yg lebih Ber disiplin

  5. Pak… PENJARAkan org2 yang terekam (Kamera WArtawan) merusak KOPAJA, BUS TRANSJAKARTA.
    Supaya ada efek JERA juga nantinya untuk org2 yg demo ANARKIS,
    Jika tidak, HANCUR dan SIA SIA Kita Ngomongin HUKUM !!!

  6. Kemarin jumat malam skitar jam 8-an Pak Gubernur, ada bus kopaja yg zig-zag di jalan S Parman selepas perempatan slipi. sudah lampu didalam bus-nya tdk kelihatan nyala (mungkin terlalu remang2 ya)jadi tidak keliahatan reaksi penumpangnya dari luar. tapi yg jelas, bus itu penuh orang. Dan bus kopaja itu berpindah menembus batas lajur bus transjakarta trus pindah jalur ke jalur cepat kmudian karna macet, pindah lagi ke jalur transjakarta. dan stiap kali bus itu melindas batas jalur transjakarta tsb, badan bus itu begitu oleng sekali sampai2 saya pikir bus itu akan terguling dan serempet mobil di depannya. sangat mengerikan menyaksikannya pak Gubernur. kalau saja saat itu kamera HP saya available untuk diraih saat bermacet ria gitu, pasti sudah saya potret dan saya kirim ke bapak untuk ditindaklanjuti bus tsb. hampir terjadi kecelakaan. saya rasa, para penumpang di bus tsb sudah teriak2 ketakutan pak. mungkin juga mobil2 yang ada disekitar bus itu juga sudah ketakutan kalau2 ketimpa badan bus yang terguling.

    mohon polisi atau satpol pp dan para jajaran staff bapak semuanya diperlengkapi dengan alat kamera foto / HP berkamera supaya bila kebetulan mereka lihat pelanggaran2 tsb yg berbahaya ke publik, mereka bisa ambil gambar dan catat nopol bus2 tsb sbg bagian tanggung jawab mereka sebagai PNS – dimanapun dan kapanpun mereka berada. trima kasih.

    • ponsel/telepon selular atau cellphone/cellular-phone (sama spt penyebutan/terjemahan dari negri asalnya teknologi ini, USA), bukan HP.
      HP = Hewlett-Packard.
      ente lagi promosi gratis brand vendor terkenal di dunia yg bikin barang2 ICT, utamanya komputer/printer/monitor/dst dan instrument2 elektronik presisi tinggi.
      ente bukan orang ICT/teknik rupanya… πŸ™‚
      Dan sptnya di London/UK tidak disebut dgn “HP”, tapi “mobile phone” (atau telpon yg mobil/bergerak/portabel, masih mendingan drpd “handphone” yg ambigu/rancu – ada yg versi wrist/ear-held/handsfree dan USB modem yg bisa telpon/sms, gimana mo nyebutnya ini? handphone/hp juga?). πŸ™‚

      • Iya. maksudnya HP itu ya hand phone lah klo lagi pake bhs Indo. klo pake bhs Inggris otomatis cellular atau mobile hahaha… bisa saja kamu ini Taz. yups.. saya memang bukan org tehnik πŸ˜€

    • Klo gini Mbak Grace ya?’ Sopir itu, sopir mabok? Berbahaya sekali Kelakuan yg Ugal2an gitu!! Patut nya di pidana in Dan di hukum.’ ‘Klo satu dua dan banyak contoh jelek gak’ di pidana in bisa kluar Seribu tuch’ Supir mabuk kyk gitu an.’ ” Mem bahayakan Masyarakyat yg gak salah.’ Sebaik nya dikurung/di Rotan dan tambah in dgn pendidikan ilmu sosialisasi, ter utama diperiksa Dr ahli pshyciatric, jagan2 Gila beneran, di Ijin in nyupir?’ Pemprov mau ngatur ajah, malah di demo2 ngerusak kendaraan lain, milik awam.’ Ini Otak udah ngalor, ngidul.’ Di Didik utk kebaikan? ” Apa masih, ada Obat mujarab nya, buat Ber Tobat?’

      • Betul bung Kumbang Madu. seandainya nih… saya kebetulan yg jadi penumpang di bus kopaja itu, apa yg musti saya lakukan to mnurut saran Pak Gubernur ya ?… sbab, spertinya, supir kopaja itu sudah pasang badan, tidak perduli lagi. mungkin terlalu lelah dengan macet yang begitu lama sedang uang setoran harian belum cukup terkumpul.

        harusnya supir2 kopaja itu digaji dan dapat bonus bila bisa kasih setoran melebihi jumlah target harian. supaya uang tidak ditilap supir, ada pengaman uang & CCTV radar dalam bus tsb. bukan salah supir bus kalau setoran tidak berhasil tercapai karna macet luar biasa.

        Mudah2an Pak Gubernur bisa cari solusinya yang terbaik. aman bagi penumpang, tapi tidak merugikan supir bus yang telah kerja keras bergerilya di jalanan macet gitu. thanks ya bung Kumbang Madu atas koment-nya πŸ™‚

        • ” System bus apa,Lintah darat? Kyk gitu (Me ngejar2 uang setoran harian?) Gak standard, apa lg lalu lintas padat, macet! Yach enggak masalah Supir, klo setoran tdk mencapai target.’ Apa krena uang setoran Dan keuntungan, boleh, penumpang di per taruh kan, Jaminan keselamatan? Sy mengaju kan saran pd Pak Gub /Wagub minta transportasi yg aman Dan yg nyopir sehat Jiwa Dan Rohani nya.”Trima-kasih Mbak Grace, ini cepat jg dpt Info yg mem per jelas situasi kondisi, mudah2 an ada perbaikan dari kerja sama semua pihak yg menyokong (Better Steps)Tranportasi umum utk Jakarta Baru Kita!

  7. gak usah ada kopaja2an dah pak, mendingan dijadiin transjakarta saja semuanya. lebih teratur.. seugal2an nya transjakarta ya masih lumayan drpd naik kopaja, saya pernah naik 1 kali saja jantung mau copot..
    di jl daan mogot ada pembatas busway itu saja dihantem sama sang supir. gila kali tuh.. udah sampe miring2 bus nya, mobil disekitar nya udah sampe minggir semua.. sangat meresahkan supir2 yg spt ini

  8. saya setuju dgn usul drue… “Jakarta Baru” harus berubah, ganti semua dengan TransJakarta…. Disiplin, Disiplin dan Disiplin, sama dengan PKL harus semua di rapihkan… Masa Jakarta, bus2nya kayak kaleng rombeng begitu, ngetem2 dimana, palak di jalan2, sopir tembak… ayo ganti yang baru.. para pekerjanya (supir dan kenek, di jadikan pekerja di TransJakarta, tapi dgn didikan baru, kalo ngga mau, silahkan keluar)… Maju terus JokoHok….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here