Tahun Depan, Lebaran Betawi Digelar Sepekan

0
51

Ahok.Org – Perhatian Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) terhadap pelestarian kebudayaan dan kuliner Betawi terbilang sangat besar. Sebagai bukitnya, Jokowi menginginkan pagelaran Lebaran Betawi dirayakan lebih lama.   

“Tahun depan, mulai dirancang tidak hanya dua hari, mungkin acara ini digelar selama satu pekan,” kata Jokowi, saat membuka Lebaran Betawi Tahun 2013 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (1/9).

Selain itu, kata Jokowi, juga ada Jakarta Night Market (JNM) atau pasar malam yang digelar di bulan Oktober nanti. Pedagang yang tidak tertampung di pasar bisa berdagang di JNM. Jakarta Night Market akan digelar di Jl Medan Merdeka Selatan setiap Sabtu malam. Pedagang yang akan berjualan di JNM ini adalah pengusaha rumah tangga dan pedagang kaki lima (PKL). Selain akan menyediakan produk kuliner, Jakarta Night Market juga akan menyediakan produk-produk kreatif usaha kecil menengah (UKM) di Jakarta.

Lebaran Betawi, kata Jokowi, adalah sebuah acara yang merupakan identitas, karakter dan akar dari Jakarta yang harus dilestarikan, dikembangkan kelangsungannya bagi generasi muda nantinya.

“Budaya Betawi harus dilestarikan dan dikembangkan. Dari acara seperti ini, kita jadi ngerti masih banyak makanan-makanan khas kita yang mungkin banyak yang nggak tau,” tuturnya.

Dikatakan Jokowi, hakikat perayaan Lebaran Betawi adalah sebuah kepatutan dan ajang komunikasi dan silaturahmi antar masyarakat Jakarta dengan keluhuran masyarakat Betawi.

“Silaturahmi bukan cuma yang mudaan dateng ke yang tuaan, tapi kepada semua orang yang belum sempat bertemu lantaran kesibukan sama kerjaan masing-masing. Saya girang lantaran Lebaran Betawi mendapat sambutan hangat masyarakat Jakarta,” kata Jokowi.

Jokowi juga berpesan agar Lebaran Betawi dijadikan sebagai sarana merawat tradisi dan budaya Betawi. Hal itu agar antara pemerintah dan masyarakat mendapatkan manfaat, saling memahami tugas dan peran masing-masing.

“Lebaran Betawi yang diselenggarakan saban tahun butuh munasabah, buat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Lebaran Betawi harus dijadiin tempat belajar bagi generasi muda dan siapa saja yang pengen tahu dan meningkatkan apresiasi terhadap budaya Betawi,” pesannya.[Beritajakarta]

Berita Terkait: Cara Jokowi Lestarikan Makanan Tradisional Betawi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here