Tanggapi Tuntutan Buruh, BTP Minta Disnaker Datang ke Tanjung Priok

4
62

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta Dinas Tenaga Kerja (Dinasker) turun tangan menangani persoalan buruh di Pelabuhan Tanjung Priok. Perintah Ahok ini untuk menanggapi tuntutan Serikat Buruh Transportasi Perjuangan Indonesia (SBTPI) yang berunjuk rasa di Balai Kota siang tadi.

“Kita akan turunkan tim besok, datang ke pelabuhan dengan Dishub dan Disnaker, dan nantinya lapor ke saya, dan saya akan temukan antara pengusaha dengan mereka (Dishub dan Disnaker), premanisme di tempat kerja juga ada, seperti mesti setor berapa biar kerjaan dapat,” tutur mantan Bupati Bangka Belitung ini.

Perusahaan seharusnya sadar akan kebutuhan buruh, menuntut kerja lebih tanpa upah yang layak. Menurut Ahok banyak perusahaan yang tidak mau membayar upah buruh sesuai UMP.

“Memang banyak perusahaan yang nakal yang nggak mau bayar tapi kan kebutuhan tenaga kerja juga lagi membludak, nah itu kan suplay and demand, makanya kita ciptakan supaya seimbang suplay and demand itu yang membuat kadang-kadang orang merasa satu pergi yang datang lamar seribu jadi perusahaan nggak takut, dan itu yang mesti kita perbaiki,” lanjutnya.

Untuk mengatasi ini, Ahok tetap terlebih dulu menurunkan Disnaker dengan Dishub. “Disnaker dengan Dishub aja, saya kan nggak turun, saya kan banyak kerjaan di dalam,” Terang ahok.[Detikcom]

4 COMMENTS

  1. Satu2nya jalan ya pemprov DKI usaha keras untuk menurunkan harga2 kebutuhan pokok & dasar rumah tangga. Bebaskan barang2 tsb dari kewajiban bayar pajak untuk waktu tertentu. bikin jatah bagi stiap keluarga yang punya rumah berapa kg daging, susu, beras, minyak goreng yang boleh dikonsumsi warga Jakarta. di luar itu, silahkan warga jakarta pergi belanja ke luar daerah. mudah kan ? 🙂

    kadang kala, warga Jakarta hrus dipaksa belajar untuk makan daging hanya 2x seminggu. jatah susu 1x sehari tok 1/2 gelas saja. nasi boleh byk tapi dengan sayur tok. yang penting tidak kelaparan dan hidup sehat. masalahnya, mau nga pemprov kerja buat itu ? 🙂

    • Saya rasa… mereka pake kesempatan aji mumpung pemprov DKI bisa “dimanipulasi” kebaikannya seperti yang sebelumnya berhasil mereka lakukan. apalagi kalau mereka menduga bahwa Gubernur & Wagub akan ikut dalam bursa pilpres ini. Buruh menarik keuntungan dari kesempatan sempit yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here