Jokowi Stop Pembangunan Mal di Jakarta

4
81

Ahok.Org – Pertumbuhan pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta sudah semakin tidak terkendali. Banyak kawasan yang semula tidak direncanakan untuk mal, kini berubah menjadi mal. Oleh karena itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) akan menghentikan izin pembangunan mal di ibu kota mulai tahun ini.

“Harus ada sebuah keseimbangan pembangunan. Saat ini, di Jakarta sudah ada sekitar 173 mal. Jakarta mendapat predikat sebagai kota yang paling banyak mal di dunia. Karena itu, sekarang izin pembangunan mal saya stop,” kata Jokowi, saat memberi kuliah umum bertema Harmonisasi Landskap Pembangunan Jakarta Modern dan Masyarakat, di hadapan ratusan Mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (PTIQ) Lebak Bulus, Senin (16/9).

Jokowi mencontohkan, perpaduan yang ada dibangunan masjid-masjid Jakarta. “Jakarta dulu ada sisi religius, sosial, ekonomi, dan budaya. Contohnya Masjid Istiqlal dan Masjid Sunda Kelapa, kalau sekarang banyak pencakar langit,” ungkapnya.

Menurut Jokowi, perlu adanya harmonisasi dalam pembangunan. Karena kota yang nyaman itu bisa diciptakan dengan keseimbangan. “Harmonisasi Keseimbangan harus ada. Seperti yang kita lakukan sekarangan membuat ruang publik agar masyarakat bisa menikmati rekreasi keluarga yang sehat,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berjanji akan menganggarkan dana sebesar Rp 5 miliar untuk pembangunan masjid di lingkungan asrama PTIQ. Selain itu, Jokowi juga berjanji akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. “Untuk yang Rp 5 miliar itu masjid, kalau kegiatan lainnya akan dilihat kekuatan dana kita nanti,” tandasnya. [Beritajakarta]

4 COMMENTS

  1. kayaknya pembangunan Taman-Taman kalo di sentralisasi Jakpro, kok jadi lambat progresnya, juga pengawasannya PKL jadi merangsek kedalam, dan untuk malam hari, Taman berubah fungsi bukan lagi untuk ngadem, tapi untuk pacaran dan lama-lama jadi tempat mesum PSK cari mangsa!!!

    Sampah bertebaran, kebanyakan plastik, jalanan jadi lapangan futsal dengan bola plastik, bagaimana bisa diharapkan generasi kedepan untuk PSSI nya?????

  2. keseimbangan apanya pak gubernur?didepan mata kita PGC cililitan jln.Letjen Sutoyo no.76 merajalela pembangunannya kami dari lsm icaci sdh mengirim laporan resmi kepada gubernur tdk ada tanggapan tuh,surat lap no.345 tgl.21 agustus 2013,hal pembiaran bangunan bermasalah/pelanggaran terhadap perda/pergub,dan dugaan kami sementara bahwa gub/wakil gub ikut bermain dalam hal ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here