Pembangunan Koridor XIII Layang Diperpanjang

2
62

Ahok.Org – Sebanyak 12 koridor dari total 15 koridor bus Transjakarta telah dibangun Pemprov DKI Jakarta. Sisanya, tiga koridor lagi rencananya akan dibangun layang atau elevated mulai tahun depan.

Bahkan, untuk koridor XIII, pembangunannya akan diperpanjang hingga Warung Buncit dari yang sebelumnya Ciledug-Blok M.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, saat ini pembangunan ketiga koridor itu masih dalam tahap lelang. Ketiga koridor itu yakni, Ciledug-Blok M, Depok-Manggarai, dan Kalimalang-Blok M. “Tidak ada yang meleset dari rencana, karena targetnya dua tahun. Tahun ini mulai tender dan tahun depan 15 koridor selesai,” ujar Basuki, di Balaikota, Senin (16/9).

Dikatakan Basuki, untuk mengakomodir perjalanan penumpang, salah satu koridor akan diperpanjang yakni dari sebelumnya Ciledug-Blok M menjadi Cileduk-Warung Buncit. “Untuk koridor 13 Ciledug-Blok M kita ekspansi sampai Warung Buncit,” katanya.

Nantinya, kata Basuki, ketiga koridor layang ini dikhususkan untuk bus Transjakarta dan tidak boleh dilintasi kendaraan lain. “Sudah kita putuskan tidak boleh dilewati oleh kendaraan lain. Jadi, nanti benar-benar jalur bus, namun ada teluknya untuk turun naik penumpang,” ucapnya.

Dirinya, kata Basuki, ingin membuat pengguna kendaraan pribadi iri, karena Transjakarta memiliki jalur layang. Terlebih ketiga rute tersebut merupakan jalur macet pada saat jam berangkat maupun pulang kerja. “Jadi, kita mau buat orang yang punya mobil pribadi iri dengan Transjakarta layang ini,” kata Basuki.

Sedangkan untuk pengawasan jalur layang tersebut hingga kini masih terus dikaji sistemnya dan direncanakan bekerjasama dengan kepolisian dalam melakukan penegakkan hukum. Tak hanya itu, ketiga rute itu akan dipasangi kamera circuit closed television (CCTV). “Kalau ada yang masuk di atas nanti kita siapkan kamera dan saat akan perpanjang STNK kita tolak. Tapi ini lagi dipikirin caranya karena kita tidak bisa tilang,” ucapnya.

Dari ketiga koridor layang tersebut lebih diutamakan untuk rute Cileduk-Blok M dengan anggaran awal disiapkan sebesar Rp 1,4 triliun. Namun diperkirakan anggarannya akan bertambah karena rutenya diperpanjang hingga Warung Buncit.

Saat ini Dinas Perhubungan DKI Jakarta sedang membuat detail engineering design. [Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. ga bisa ditilang bagaimana??? kasih tanda larangan lewat (verboden), hanya khusus busway TranJakarta yg boleh lewat, pasang tanggul pencegah otomatis, yg bisa muncul dan masuk kebumi bila bus mau lewat…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here