RSUD di Jakarta Akan Ditingkatkan Jadi Tipe A

1
60

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan meningkatkan tipe seluruh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di ibu kota dari tipe B menjadi A. Peningkatan tipe ini agar RSUD memiliki kemampuan pelayanan kesehatan yang lebih memadai sehingga mampu mendukung program Kartu Jakarta Sehat (KJS).

“Kita mau tingkatkan semua RSUD di Jakarta menjadi tipe A,” kata Basuki T Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikota, Senin (23/9).

Sejumlah RSUD yang akan ditingkatkan menjadi tipe A diantaranya RSUD Tarakan, RSUD Bumi Asih, RSUD Pasar Rebo, RSUD Cengkareng, dan RSUD Koja. “RSUD ini termasuk rumah sakit tipe B dengan pelayanan kedokteran spesialis dan sub spesialis secara terbatas,” ujarnya.

Selain RSUD, kata Basuki, sejumlah puskesmas kecamatan di ibu kota yang selama ini sekadar menyediakan pelayanan kesehatan dasar juga akan dinaikkan menjadi RSUD tipe D. Sehingga puskesmas tersebut akan memberikan pelayanan kedokteran umum dan gigi.

“Kalau sudah bisa naik ke A, swasta juga naik ke A. Otomatis yang mau kerjasamanya (KJS) lebih banyak. Orang bisa berobat di mana saja gampang,” kata Basuki.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan DKI, Dien Emmawati menjelaskan, perubahan tipe rumah sakit didasari jumlah dokter spesialis, ruang pemulasaran jenazah, tempat tidur, alat-alat kesehatan, dan lain sebagainya.

“Perubahan tipe rumah sakit diajukan ke Kementerian Kesehatan. Jika memenuhi syarat, rumah sakit tersebut segera naik tipe,” jelasnya.[Beritajakarta]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here