Akhir Pekan Depan Gelaran Kaki Lima Night Market Lebih Baik

4
71

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengakui penyelenggaraan perdana festival kuliner Kaki Lima Night Market di Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (5/10) masih memiliki banyak kekurangan. Karena itu, orang nomor satu di Jakarta berjanji akan melakukan evaluasi sehingga penyelenggaraan ke depan bisa lebih baik.  

“Kita akan koreksi, lampunya yang kurang meriah, nanti minggu depan sudah meriah. Kalau kemudian semuanya bener, semua wilayah nanti ada Kaki Lima Night Market seperti ini sebagai public space, ruang rekreasi masyarakat tapi juga ada sisi ekonomi kecilnya,” ujar Jokowi, sembari mengelilingi tenda-tenda Kaki Lima Night Market di Jl Medan Merdeka Selatan, Sabtu (5/10).

Jokowi berharap, dengana adanya Kaki Lima Night Market ini pedagang akan terpacu untuk meningkatkan mutu dan kualitas dagangannya. Jokowi mengatakan, pedagang di Kaki Lima Night Market telah terlebih dulu dilakukan seleksi. Dari ribuan pedagang yang mendaftar, hanya sebanyak 400 pedagang yang dinyatakan lolos seleksi.

“Yang ngantri banyak sekali, ada ribuan, tapi yang terseleksi ada 400 pedagang. Yang kita seleksi itu produknya, yang sudah mateng, siap jual, makanannya baik, harganya kompetitif dan usaha rumah tangga yang punya kompetisi seperti itu,” terang Jokowi.

Dikatakan Jokowi, pihaknya tidak memberikan suntikan dana maupun target pendapatan kepada para pedagang, bahkan pedagang pun tidak dipungut biaya untuk berdagang. Hal itu, menurutnya, akan melemahkan sisi enterprenuership pedagang. Selain itu Kaki Lima Night Market ditujukan untuk mengasah kemandirian pedagang agar mempunyai daya saing dan berani berkompetisi.

“Omzet terserah mereka (pedagang), kalau mereka pandai memasarkan produknya, punya kualitas yang baik, kemasannya baik maka akan laku. Jangan menggantungkan pada pemerintah. Kita hanya memberikan ruang, yang berusaha mereka sendiri. Usaha-usaha harus seperti itu, jangan semuanya disuntik malah akan melemahkan pedagang,” ungkapnya. [Beritajakarta]

Jokowi Ingin Kaki Lima Night Market Jadi Ajang Promosi PKL

4 COMMENTS

  1. Untuk Night Market diseleksi khususs kuliner apakah pakai bahan2 yang berbahaya untuk kesehatan tubuh karena banyak pedagang kuliner sekarang ini untuk makan yang dijual bahan2nya yang membahayakan pembelinya agar mereka bisa untung banyak ini penting diperhatikan contohnya makanan yang menggunakan borak dan bahan lain yang sejenisnya.

  2. sebaiknya segera di pecah ke beberapa lokasi di jakarta, agar tidak macet dan tidak terpusat di satu tempat. saya yakin kalau dipecah akan lebih baik. ke 5 wilayah jakarta. tiap walikota harus aktif melakukan hal semacam ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here