Basuki Raih Penghargaan Bung Hatta 2013

29
308

Ahok.Org  – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok meraih penghargaan Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) 2013 sebagai tokoh antikorupsi dalam kategori pemerintah daerah.

Basuki dipilih karena konsistensinya menjadi inspirator upaya pemberantasan korupsi sejak menjadi anggota DPRD Belitung Timur hingga menjadi wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Kami melihat beliau masuk dan terjun ke dunia politik dengan tulus dan ikhlas, bukan untuk mendapatkan keuntungan pribadi,” terang Ketua Juri BHACA 2013, Betti Alisjahbana, di Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Menurut Betti, pemilihan Basuki bukan hanya karena integritasnya secara individual, tetapi juga perannya dalam membuat program-program yang sistematis dalam upaya pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Jadi Pak Ahok ini memiliki prinsip bersih, transparan, dan profesional. Itu kiat yang beliau pegang,” katanya.

Ketika memimpin Jakarta bersama Joko Widodo, menurut Betti, Basuki juga melakukan berbagai terobosan program. Di antaranya adalah pemangkasan mata anggaran beberapa dinas agar efisien dan tepat sasaran, mempublikasikan mata anggaran dinas dan instansi terkait agar publik dapat ikut mengawasi penggunaan anggaran, serta mempublikasikan gaji sekaligus biaya operasionalnya di laman internet.

“Termasuk juga merekam rapat-rapat yang membahas anggaran untuk diunggah di Youtube,” papar Betti.

Tidak hanya itu, Basuki juga menciptakan beberapa ide untuk memberantas korupsi di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta, seperti kerja sama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menciptakan sistem transaksi keuangan yang transparan (non-cash transaction), penerapan sistem pajak online, serta ide pemasangan CCTV di pusat layanan masyarakat, seperti di kecamatan, kelurahan, hingga puskesmas di wilayah DKI Jakarta.

Anugerah BHACA ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2004. Sebelumnya, Joko Widodo juga pernah mendapat penghargaan ini pada tahun 2010 saat dirinya masih menjadi walikota Surakarta.

Dewan Juri BHACA beranggotakan Betti Alisjahbana, Mas Ahmad Santosa, Agung Pambudhi, Rikard Bagun, dan Luky Djani. Selain menganugerahkan kepada Basuki, pada tahun 2013 ini BHACA juga memberikan penghargaan kepada Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN), Nur Pamudji dalam kategori BUMN.

Penghargaan ini, kata Betti, merupakan bentuk apresiasi sekaligusn dukungan masyarakat kepada sosok-sosok yang berani menghadapi tantangan dan godaan yang besar sekaligus menjadi inspirator bagi tokoh-tokoh lain di posisi yang sama, baik Dirut BUMN dan kepala daerah di seluruh Indonesia.

“Diharapkan, pemberian award ini bisa menjadi beban dan tanggung jawab moral bagi yang menerimanya untuk terus menjaga integritas dan memengaruhi lingkungannya dalam memberantas korupsi,” tandasnya.[Kompas.com]

Basuki Jadi Tokoh Antikorupsi, Jokowi Senang

Gubernur DKI Joko Widodo mengaku gembira ketika mengetahui  Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dinobatkan sebagai tokoh antikorupsi untuk kategori pemerintah daerah.

Menurut Jokowi, label itu layak disematkan kepada Ahok, sapaan akrab Basuki. “Ya, memang sangat layak,” ujar Jokowi kepada wartawan di Balaikota, Rabu (16/10/2013).

Seperti diketahui, Basuki meraih penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Award (BHACA) 2013 sebagai tokoh antikorupsi untuk kategori pemerintah daerah. Dia dipilih karena konsisten jadi inspirator upaya pemberantasan korupsi sejak menjadi anggota DPRD Belitung Timur hingga menjadi wakil Gubernur DKI Jakarta.

Anugerah BHACA ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali sejak tahun 2004. Sebelumnya, Joko Widodo juga pernah mendapat penghargaan ini pada tahun 2010 saat dirinya masih menjadi Wali Kota Surakarta.

Tahun ini, dewan juri BHACA beranggotakan Betti Alisjahbana, Mas Ahmad Santosa, Agung Pambudhi, Rikard Bagun, dan Luky Djani. Selain menganugerahkan kepada Basuki, tahun 2013 ini BHACA juga memberikan penghargaan ke Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara, Nur Pamudji, untuk kategori BUMN. [Kompas.com]

29 COMMENTS

  1. Selamat ya pak atas perolehan penghargaan tsb. pak Ahok layak untuk memperolehnya. bikin kita warga Jakarta jadi semakin bangga dengan para pemimpinnya hehehee…. mantap pak ! 🙂

  2. Selamat & Sukses BANG AHOK.
    Kami Warga Jakarta berbahagia & beruntung memiliki Wagub seperti anda.
    Tetap Teguh, Semangat, Pantang Menyerah & Maju terus JAKARTA BARU.

  3. Basuki (Ahok)bisa disejarkan dengan Thomas Jefferson, Martin Luther King, Mandela dan Basuki Ahok, mereka ini yang melakukan terobosan2, sesuatu yang baru dan berani mati demi kebenaran. Kebiasaan (habit) melawan princip (rule). Ini Pahlawan abad ke 20. yang sebelum nya belum ada yang berani memberantas Corruption ditengah2 serigala berbulu domba agak rumit mencari2 siapa yang corruption. sayings ‘lempar batu sembunyi tangan. Kerusuhan2 seperti ini kesempatan yang baik untuk corruption di tengah huru hara, kesempatan dalam kesempitan. Bobrok nya mental attitude culture harus diganti semua generasi muda yang bersih dan berpengetahuan azas Pancasila dijalankan dengan bersih dan kasih. ‘Possibility out of Impossible’ kalau dipikir mendekati impossible membasmi corruption, bisa mati melawan arus corruption. Buat manusia impossibe, tapi tidak ada yang impossible ditangan Tuhan. Jadi Tuhan memberkati pekerjaan2 kebenaran Pak Jokowidodo dan Pak Basuki (Ahok)

  4. Selamat pak ahok untukenghargaan yang bapak terima. Semoga integritas bapak tidak tergerus oleh waktu. Tuhanlah yang menolong bapak untuk setia d jalur yang bersih. Peatah mengatakan : bukan awalnya yang menentukan tetapi akhirnyalah yang menunjukkan siapa kita sebenarnya. Congratz ya pak

  5. Selamat pak Ahok, pertahankan jujur bersih transparan dan profesional. Perbaiki bangsa ini menjadi lebih baik dan bermoral. Ajaklah orang-2 yg tepat utk membangun bangsa. Sikat korupsi, malas dll yg buruk.

  6. Pak Ahok bukan Wagubku, tp aku mrs bangga sama pak Ahok. Sementara gubernurku malah dicekal KPK…huh!.. Sungguh menjengkelkan, memalukan dan memilukan…

    Selamat pak Ahok, semoga tetap semangat BTP dan menjadi inspirasi bagi pejabat lainnya.

  7. pak Jokowi dan pak Ahok, contoh pemimpin yg ber karakter, fanatik dlm hal positif, melayani, dan tdk ada yg disembunyikan.

    maka nya mereka dicintai rakyat dan berani karena benar!!!

    tetap semangat pak, walau reward tidak ada sekalipun, karena pahala jauh lebih berharga!

    • Selamat Pak Basuki atas kesetiaan Bapak menjalankan panggilan dan mendapatkan penghargaan BHACA 2013! Saya percaya jika Bapak Basuki berjalan terus dalam pimpinan Tuhan, tidak akan salah dan tidak tersesat. Penderitaan yang Bapak alami tidak akan melebihi kekuatan Bapak. Penderitaan yang Bapak alami saat ini tidak seberapa dibandingkan kemuliaan yang akan Bapak terima nanti di Sorga. Amin. Setia dan kerjakan terus panggilan Bapak untuk melayani rakyat Jakarta dan sesama kita manusia. Tuhan memberkati Bapak dan Keluarga.

  8. Ahok ciri pemimpin yang langka di jaman sekarang karna jujur, tegas, profesional. Pemimpin yang harus senantiasa di contoh dan didukung…Proficiat buat Pak Ahok

  9. Congratulation !!
    Ayo Kita Membuat MISKIN Para Koruptor, dan Membuat KAYA DUNIA AKHIRAT pejuang Sejati Pembela Rakyat seperti Pak AHOK… Tidak peduli SARA, seperti yang tersemat di kaki Burung Garuda “Bhineka Tunggal Ika”, Koruptor mesti kita gempur binasakan. Koruptor = Bandar Narkoba = Syaitan (Perusak Bangsa. Koruptor yang membuat Rakyat sengsara (asal muasal segalanya mulai dari banjir ibu kota, kemacetan, rumah bedeng, tawuran pelajar semuanya)

    Maju Terus Pahlawanku, Pak Ahok…

    Sebarkan bila ada yang mengancam-mu, RAKYAT INDONESIA di belakangmu…

  10. Selamat Pak Ahok. Saya yakin penghargaan ini bukan tujuan utama, tapi berkarya bagi bangsa & negara tujuannya. Saya usul dibuat lembaga yg menilai lembaga, pejabat yg terkorup jg, biar pada malu itu para koruptor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here