Mendagri Imbau Kerja Sama dengan FPI, Ahok: Saya Tak Mengerti

64
598

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku heran dengan imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi yang meminta kepala daerah bekerja sama dengan organisasisi masyarakat (Ormas), termasuk Front Pembela Islam (FPI).

“Makanya saya enggak ngerti Pak Gamawan Fauzi. Sekarang tiba-tiba nyuruh kita kerja sama dengan ormas, salah satunya FPI. Kerja samanya apa? Saya juga bingung. Kerja sama apa?” kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (25/10/2013).

Menurut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menginstruksikan agar FPI dibubarkan. Namun, Mendagri mengaku tidak bisa membubarkan FPI karena kelompok tersebut tidak memiliki izin, sehingga bukan termasuk ormas resmi.

“Kan kita mesti kerja sama dengan ormas yang resmi. Itu edaran Mendagri. Saya nggak mengerti sekarang. Apa sudah ada surat? Kalau ada, berarti tidak ikut perintah Pak SBY dong,” kata Ahok.

Ahok mengatakan, yang terpenting adalah prinsip Pemprov DKI, kerja sama akan dilakukan bila memang bermanfaat bagi masyarakat. Namun, jika ormas bertindak anarkis dan menganggu ketertiban umum, ia dengan tegas menolak. “Prinsip kami siapapun yang anarkis kami lawan. Enggak ada anarkis. Kita taat konstitusi, bukan konstituen,” ujarnya.

Sebelumnya, Mendagri Gamawan Fauzi mengimbau kepala daerah menjalin kerja sama dengan ormas sesuai kekhususannya. Kalau perlu kerja sama dengan FPI. Ia mengatakan, kerja sama dapat dilakukan dengan melibatkan ormas yang bersangkutan dalam program yang terkait dengan bidang kerja organisasi masyarakat.[Liputan6.com]

Pemprov DKI Bersikap Terbuka Terhadap Ormas

64 COMMENTS

  1. loh FPI gk ada izin kok bs berkembang seluruh Indonesia buka cabangnya ? boleh yah buat ormas tanpa izin ? kalo soal mendagri kgk sah dibahas lah, pejabat kgk pernah salah kok dibahas, capedeh

    • Setuju BANG AHOK & lovemata.
      Semua dibikin bingggggggunng.
      Bukan hanya FPI, banyak ormas anarkis yang bebas berkembang. Sudah menjadi rahasia umum bagaimana ormas anarkis: bisa dirikan posko seenak jidat (padahal kalau kita membangunan pagar or awning/ canopy saja didatangi dinas P2B & grup), konvoi tidak pakai helem dibiarkan, sweeping tempat hiburan yang enggak bayar jatah preman. Bangun rumah yg sdh komplit dengan segala perijinan harus bayar jatah preman, beking parkir liar, beking pkl liar DLL.
      CapeDDDDD harus kerjasama model begini & kasihan sekali nasib rakyat ini.
      Terus berjuang “JAKARTA BARU menjadi INDONESIA BARU” sesuai cita cita Pendiri Bangsa ini.
      SALAM JAKARTA BARU

  2. ‘angkatan siluman’ mo diajak kerjasama?

    negara uedan angkatan siluman naek motor konvoi,bikin muacet TIDAK pk helm…malah dipupuk?…dh melampaui batas konstitusi.

    kadang2 suka nutup jln protokol..emang yg laen ga byk pajak?

    ‘tangan Tuhan’ yg akan membersihkan ini semua.amin

    GBU JWBTP

  3. Hebat , jarang sekali ada pejabat yang berani seperti Pak Ahok berseberangan dengan FPI. Biasanya orang takut, kecuali Gus Dur dan beberapa orang lainnya.

    Semoga Pak Gamawan bisa berbicara lebih bijak kalau memang FPI tidak ada ijin.

  4. Apakah pak Ahok sudah baca betul-2 anjurannya sebelum menjawab pertanyaan wartawan, bisa jadi pertanyaan wartawan kurang lengkap atau sengaja memelintir supaya dapat berita sensasi, sudah sering terjadi kan? Kalau memang benar mungkin Mendagri sedang mencari dukungan massa untuk pemilu yad atau FPI memang sudah berubah.

  5. Biasaaaa, diserang masalah e-ktp, cari dukungan, apapun boleh asal “pembela”. Repot deh punya menteri seperti ini. Aparat pemerintah dari Gubernurnya sampai camat dan lurah korupsi ngga diurusin.
    Tapi Gub & Wagub DKI tidak korup lho!
    Hidup Jakarta Baru!

  6. yg gw pening, disuruh presiden buat bubarin fpi, menterinya bilang gak bisa soalnya fpi gk ada izin nya, eh skrg nyuruh pemda kerja sama ama ormas tak berizin, dari 1 ke 2 semua salah ngucap ama salah langkah neh menteri ya ? kgk ada izin yah mesti dibubarin donk sesuai perintah presiden, demo gk ada izin aja dibubarin ama polisi kok, akh dah 2 jam aku mikir makin ikut pening, tidur lah aku

  7. itu mendagri sepertinya ada maksud tersembunyi. gak tau apa. dia singgung2 FPI itu maksudnya apa ya. apa betul FPI itu ormas yang tidak berizin? kalo misalnya betul, trus kenapa FPI tidak dilarang ketika melakukan anarkisasi? apakah anggota FPI ini dulunya adalah pelaku PETRUS di jaman alm. pak harto sehingga FPI ini merasa lebih jago dari pada pemerintah? Ataukah KARTU AS dari pak GAMAWAN FAUZI ini ada di tangan FPI? karena itu Gamawan Fauzi mesti baik2 sama FPI?
    ATAU berita yang di sampaikan ke kita oleh wartawan yang kurang lengkap dan kurang detail? sehingga kita jadi salah mengerti?

  8. Mendagri bicara seperti orang mabok sambil tusuk dari belakang. lidahnya bercabang terus seperti ular. biar saja dia cuap. mabuk2 gitu kerja nga becus, toh Presiden SBY takut juga untuk ambil tindakan tegas kepada bawahannya yang bikin kebijakan perusak bangsa. kalau pak Wiranto, pak Prabowo atau pak Sutiyoso di posisi sbg presiden RI, sudah dicacah itu ormas FPI lalu dibuang ke kolam jadi makanan ikan piranha. musnah tak berbekas dan tanpa jejak. Bagus sekali itu. tidak bikin sesak TPU2 yang sudah ada dan tidak perlu keluar biaya untuk pelihara makamnya hehehee…. keren !!!

  9. dasar mendagri, pejabat licik..udah tahu dia calon korupsi e-ktp,, langsung mencari dukungan..pejabat koq plin plan..jgn peduli dgn si mendagri itu pak jokowi ahok..bentar lg juga si fauzi itu sy basmi masuk kandang rutan KPK..

  10. Semua yg liar2 harusnya dilarang, seperti kelompok yg liar menebang pohon, orang membangun tdk ada izin yah dilarang, punya IMB aja bila melanggar aturan harus dilarang,bukan didiamkan. Mendagri ini waras gak pikirannya ya??? Ormas resmi aja bila meresahkan masyarakat harus dibubarkan apalagi ormas liar gak punya izin, harusnya bisa dibubarkan. Boleh pemda bekerja sama dng ormas resmi yg baik2, seperti tdk melakukan kekerasan brutal, taat aturan & undang2 negara, mensejahteraan masyarat, tdk narsis,TAPI TDK BOLEH BEKERJA SAMA DNG ORMAS APAPUN JUGA YG LIAR.Kacau negara ini bila pemda dipaksa melakukan hal2 yg bertentangan dng logika masyarakat dan undang2.

  11. Sebaiknya Pemda DKI membuat Perda untuk mengatur ORMAS, dan Front front, Geng motor, dll terutama di Jakarta. Jadi kalau mereka berbuat hal yang melanggar hukum bisa di tindak dengan tegas dan ada dasar hukumnya yang kuat dan aturannya juga jelas.

  12. Usul buat Ko Ahok: 1 di websitenya di tambah fitur Lapor/ kirim pesan. sehingga orang bisa mengirimkan pesan ke ko Ahok. bisa laporan tentang petugas/ laporan korupsi, laporan masalah lain/ saran dan masukan. 2 Berdayakan P2B untuk mengurangi bangunan liar. selama ini p2B jarang berkeliling ke kampung kampung/ lokasi yang rawan dengan bangunan liar. misal sekarang di bekas kebakaran kelapa gading sudah mulai dibangun lagi. harus dicegah dan itu tugas P2B. selain itu di pinggir rel RE martadinata dekat pademangan juga banyak bangunan liar. dan tempat tempat lainnya

  13. biarlah sejarah yg mencatat, dan dibaca anak cucu kita…!

    Bahwa pada zaman rezim SBY pernah ada Presiden dihina sama ormas ga berizin (tidak resmi), bahkan Menteri Dalam Negeri nya pun pernah menyarankan Kepala Daerah DKI Jakarta bekerja sama dengan ormas yg tidak resmi tersebut……

    Itu terjadi di bulan Oktober 2013 (Dzulhijjah 1434H)

  14. yg salah itu sby yg memilih mentrinya bego habis kita sendiri yg mau milih sby, makanya 2014 jangan pilih partai demokrat, ppp si haji lulung dan pks yg doyan perempuan ame ustad ustad porno

  15. Saya juga jadi bingung bila perhatikan para menteri saat ini.
    Sepertinya Presiden sdh tdk bisa kendalikan mereka jadi pada liar.
    Klo Gamawan Fauzi mah sekarang lagi cari sensasi. Gimana caranya ??? Dia tahi dia lagi diincar masalah eKTP makanya dia buat sensasi :
    Minta lurah Suzan dimutasi wilayah kerjanya –> contoh penganut paham SARA.
    Instruksi utk bubarkan FPI tdk dilaksanakan dgn berbagai dalih, emang sdh bukan rahasia lagi klo FPI itu bentukan eks pejabat orba yg mungkin sampai saat ini masih ada membutuhkan termasuk Polri.
    Ini kan salah satu bukti, Mendagri tdk cakap dalam menjalankan amanah yg mesti dijalankan dengan menngunakan kepandaian dan AKHLAK nya krn ybs ternyata tdk lebih bijak dari Kelinci dan tidak lebih pintar dari dari Kerbau namun yg pasti dia LICIK mungkin juga BIADAB krn mencoba merusak sendi sendi berbangsa dan bernegara.

    Ayoo pak JB, segera rapatkan barisan dengan rakyatmu/masyarakat DKI khususnya klo perlu gandeng juga dengan TNI saja ( KOPASUS, MARINIR, KOPASKA) sementara waspada dgn Yg satu itu krn dia itu dua muka.

    Ayo saudara saudara sebangsa dan setanah air mari kita jernihkan pikiran kita dan dinginkan hati kita dengan tetap berpegangan tangan satu dan lainnya utk melawan PENJJAHAN oleh ANARKI yg justru dilakukan oleh anak bangsa sendiri, dan utk saudara saudara sePROPINSI DKI mari kita bentengi pak JOKOWI dan pak AHOK.
    MERDEKAAA.

  16. “Kepala daerah, kerja sama dgn FPI ? Yang di emban Pemprov pada ke merataan keadilan sosial/makmur/sejahtera rakyatnya.
    FPI (Front pembela Islam) ada singung an agama? Kita rakyat bangsa negara ada agama2, selain Islam, membela agama kebaikan an.’ Semua agama2, mengajar untuk jadi pembela kebaikan?’ ‘Musyawarah nya’ tidak tlalu ke kiri atw ke kanan.’ –

    Menghindari senggolan2 yg bisa jadi sentiment antara kepercayaan ummat agama2.’ Urusan ke Negaraan Urusan Kepala Daerah.’
    Agar tidak simpang siur Agama2 se sungguh nya untuk keagamaan kepercayaan ummat dalam aliran Ke Tuhanaan, Membantu aman damai dengan Doa2 sudah baik’ ‘Kerja Sama’ yg ber Pahala kebaikan “ke Tuhanan Yang Maha Esa”

  17. Di usut saja proyek eKTP. kenapa eKTP sekarang nggak ada chipnya ? kenapa eKTP lama jadinya. Kenapa banyak hal yang dijanjikan eKTP nggak ada realisasinya, dll. Kenapa biaya eKTP terlalu besar, sementara hasilnya sampai sekarang nggak jelas. Buktinya masih banyak yang punya KTP dobel seperti Joko susilo, dll

  18. Menurut saya, seharusnya para wartawan itu lebih dulu bertanya (klarifikasi) kepada Mendagri apakah betul dia berkata seperti ini <> .. kalau memang demikian, wartawan yang berpengetahuan luas dan berpikir kritis seharusnya kembali bertanya pada Mendagri seperti ini <>.

    Bisa jadi wartawan sudah lupa kalu SBY pernah menginstruksikan itu. Atau memang lebih gampang dan lebih “rame” mewawancarai BTP daripada Mendagri atau SBY.

  19. ini sebenarnya bentuk penghinaan mendagri ke presiden, ada undang undang untuk menghukum organisasi spt FPI di undang undang KUHP bab 5 (kejahatan terhadap ketertiban umum) pasal 156 dan 156a

    Presiden SBY pun sebenarnya bisa menembak mati para FPI , namun staf kepresidenan berhak bertanya tentang alih acara atau “kambing hitam” , “nanti siapa yang disalahkan?” dsb dsb shg pak sby pun melunak, padahal ormas FPI dan ormas lainnya yang melakukan anarkisme dan menggangu ketertiban umum itu wajib dipidana dengan alasan tertentu *

  20. Buntut komen ga bermutu dari Mendagri, FPI akan serang AHOK karena dianggap menolak kerjasama dgn FPI
    .
    Ini skenario Mendagri adu domba AHOK dgn FPI
    Aslinya memang Mendagri tidak suka dgn AHOK

    • betul bro,, sy jg pikir spt itu, skenario si mendagri untuk mengadu domba FPI & pak ahok..dia memakai tangan org lain,, untuk membuat ahok resah..krn dia bakal tersandung kasus e-ktp,..mknya pak ahok jgn mau terpancing..yaa kalau sampai terjadi yg tdk kita inginkan krn statement yg keluar dari pak ahok,, apa boleh baut dech, mari kita bersama sama perang melawan si mendagri dan FPI..kita lihat siapa yg turun dari jabatannnya.. peristiwa kendal jilid 2>>.dasar mendagri gak bermutu.

  21. Kalau teliti mendengar dan membaca komentar Pak Ahok, harusnya para HABIB FPI ngak usah tersinggung dengan Pak Ahok. Justru kalau mau tersinggung ya dg mendagri, karena Pak Ahok atau pemprov DKI prinsipnya pasti akan kerja sama dengan organisasi massa yang resmi, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Justru kalau ada pertanyaan FPI itu tidak ada IJIN nya dari Pak Ahok, kalau merasa memang benar ada IJIN kenapa tidak diurus atau diperjelas ke mendagri…itu yang perlu dipermasalahkan oleh para HABIB FPI ke mendagri….biar jelas ada aja ijin resminya atau tidak….Jangan malah jadi jagoan dan mau unjuk rasa ke pemprove DKI….salah alamat kaleeee…. Kalau memang FPI itu pengacau seperti yang disangkakan selama ini, ya silahkan anda-anda demo…tapi kalau anda intelektual tidak mungkin anda mempermalukan organisasi anda dengan berdemo ditempat yang salah.. Salam…Go..JB

  22. Tugaskan biro hukum, dan kepala dinas, dan camat untuk cari kesalahan FPI, cari peraturan yang di langgar FPI. terus cari celah untuk menutup atau menghambat FPI terutama di Jakarta. PR untuk semua kepala dinas, dan camat.

    • Jika terjadi kesalahan selalu dianggap dianggap dilakukan oleh “oknum” dan bukan instruksi dari pimpinan.
      Seharusnya seperti KPK, telpon pimpinan disadap baru bisa dibuktikan dan ini tidak dapat dilakukan oleh camat, kepala dinas dll.

  23. Setelah setahun Jokohok menjabat, FPI terbuka matanya dan mungkin minder jg ama yang namanya Ahok. Apa yg diperjuangkan Ahok berupa keadilan sosial kalau diserang FPI sama aza senjata makan tuan bagi FPI. Mungkin diam2 FPI udah kesengsem2 ama Ahok dan dlm atinya berkata “…gila siAhok berani mati demi konstitusi padahal bg orang normal kebanyakan berani mati demi uang.. Udah jgn disentuh/dilawan yg namanya Ahok nanti kita bisa ikut gila juga seperti dia buat melawan org melarat sampe konglomerat…”

  24. Kadang-kadang saya berpikir. Kalau alasannya FPI toh mempunyai sisi baiknya jadi tolong diajak kerjasama. Mengapa tidak menghimbau bekerja sama dengan teroris, koruptor, preman toh mereka pasti ada sisi baiknya juga! Aneh memang Mendagri ini.

  25. mendagri yang musti dicopot danFpi yang harus di bubarkan!!!karena sudah menghasut untuk melawan hukum!!lo pikir hukum islam apa yang berlaku di republik ini?memang benar mayoritas penduduk islam , tetapi bukan hukum islam yang berlaku di republik ini!dasar mendagri dan fpi dungu !!

  26. suruh krj sama, apa ga salah.ini negara kan punya prajurit gagah berani.punya senjata yang hebat .apa yang kurang ya saya juga di bikin linglung ni mantiri.kalau ga sanggup lagi ganti mantiri yg hebat aja

  27. Kalau ketemu perwakilan fpi, tolong tanyakan kapan mereka razia alexis, malioboro spa, emporivm, sumo, fortune spa, Hotel bintang baru, dan tempat tempat lainnya. Jangan pilih pilih tempat. Atau mereka sudah kasih setoran , Sehingga nggak diusik? Terus cek juga apa sih kegiatan sehari hari atau pekerjaan anggota fpi itu? Dapat duit darimana untuk hidup

  28. mentri itu tidak punya malu yg penting perut makin gendut, malunya di anus, udah tolol, makan gaji buta, kalo mau semua rakyat bgubarin aja dpr, mprnya ratakan dengan tanah, itu para pemimpin tai semua, cuma jokowi ahok gue percaya karena udah nyata omongannya, terbukti

  29. Fpi bisa di Rangkul/ untuk Kerja Sama di dalam mem Bangun Achlak Bantu mem Bina Ke Rakyatan Moral Àhlak ke jalan, yg se Iring, se Jalan dgn Derap pem Baruan yg ber Baur (program kepala daerah)
    “Untuk, Bangun Citra Bangsa yg Baik itu lebih ber Manfa’at pada Semua Lapisan Ke Masyarakyat an:
    “Arti Pe Mahaman ber Bangsa dan ber Negara”
    Akan tetapi jikalau saja, Embel2 Agama ada tercantum’ ada juga agama2 lain Bagaimana fpk/ fph/ fpb (kristen/ hindu/ buddha)
    “Apakah ada per Musyawarah an nya, Menyederhanakan untuk tidak me nonjolkan kebesaran agama masing2 ”
    “Jalan Kebaikan, “Tuhan Allah yg Satu dan Esa Maha Mengetahui”
    “Untuk menjalani, kerja sama imbauan an, P. Mendagri?
    “Apa kah ada usulan? yg Front pembela2′ dijadikan Tingkat/ Pe Ningkat an, sosialisasi saja’ Front Pembela Sosialisasi (Fps)bidang membangun pada, masalah Ke Masyarakyat an.
    “Di baurkan tanpa men cantum kan embel2 agama2 (semua Ummat ber Agama, di ber Ikut Sertakan) Dalam bidang per’ baikan achlak dan moral’ utk para narkoba/premanism/masalah penyakit aids /pelajar tawuran/ lembah hitam/ kriminal ringan masalah konselling (penasehat) yang ber sangkutan dgn problem2 yg perlu bantuan solusi, jalan keluar dalam meringankan banyak nya, masalah2 sosial Ke masyarakyat an.”
    Demikian Adanya’ semoga usulan ini dapat di pertimbangkan, dan ada pencerahannya, Terima Kasih. Salam Jakarta-Baru. “Maju Jaya Indonesia!!!

  30. FPI : ” FRONT PEMBELA IBLIS ” goblok hanya ormas bermodalkan sumbangan nasi bungkus.. dan otot aja berfikir brutal berkedok agama.. datang ke banzer JATIM kalau berani loe semua njing! fpi bangsat kami ormas islam jatim siap laknat engkau semua termasuk ketua kalian abu iblis atau siapa lah banyak tokoh islam korupsi daging sapi sampai , DANA HAJI di acak acak kalian hanya DIEM, nongkrong di wc umum dki aja tp giliran sumbangan nasi bungkus dari kubu yg gak jelas kalian turun selayaknya pahlawan islam sungguh dongok otak kalian … kalau nggak terima silahkan datang ke jatim buat ajuKan perang lawan ormas kami islam itu cinta damai tapi jika kalian hanya iblis berkedok islam kami siap laknat kalian semua tanpa ada ampun ….. salam banser jatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here