Jokowi Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Monas

2
71

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Parkir Monumen Nasional (Monas), Senin (28/10).

“Hari ini adalah hari yang sangat besar untuk menginspirasi kita untuk satu Tanah Air, Tanah Air indonesia,” ujar Jokowi yang membaca sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Menurut dia, Sumpah Pemuda adalah momentum yang telah membangun komitmen untuk bersatu di tengah hegemenoni kolonialisme terhadap Indonesia dan membangun aktualisasi untuk pemuda.

“Peringatan Sumpah Pemuda kali ini diarahkan untuk menjadi tombak pembangunan karakter bangsa. Kita butuh figur-figur pemuda yang inspiratif, cerdas, berprestasi, dan pemuda yang santun,” kata dia.

Jokowi mengatakan pemuda yang santun adalah pemuda memiliki budi pekerti, berakhlak mulia, santun dalam pemikiran dan perkataan.

Pemuda yang cerdas, lanjut Gubernur DKI itu, memiliki kemampuan dan berinovasi tinggi dalam rangka menghadapi persaingan global.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan pemuda inspirasi adalah pemuda yang inspiratif, berorientasi pada masa depan, bertanggung jawab.

Upaya mewujudkan pemuda Indonesia yang cerdas, katanya, harus menjadi momentun dan manifestasi bangsa.

“Semoga bangsa Indonesia dapat memetik hikmah yang terkandung dari nilai-nilai Sumpah Pemuda,” ujar dia.

Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Ex IRTI, Monas itu, antara lain dihadiri oleh semua pegawai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bertugas di lingkungan kompleks Balai Kota DKI danDinas Tenaga Kerja dan Administrasi Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Jokowi tiba di Lapangan Ex IRTI, Monas pada pukul 07.35 WIB bersama Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Dia mengenakan seragam Korpri lengkap dengan celana panjang warna biru gelap, berlencana Korpri, dan sepatu hitam. [Antara/Metronews]

2 COMMENTS

  1. Pak Gub/PakWagub, ketua pegawai Pemprov yg ber suri tauladan semua Pns2, Rajin, Semangat bekerja utk melayani Masyarakyat selain memberi didikan, negara dan kemasyarakyatan nya yg ter pimpin oleh Hikmah / kebijaksanaan / Tanggung jawab penuh pd tugas yg di emban tertib atur, bertekad bekerja dgn baik bagus betul untuk Indonesia ter Cinta.’
    “Peringatan Hari Sumpah Pemuda: “Diarah Kan utk jadi “tombak pembangunan karakter bangsa,
    “Figure pemuda yg berinspiratif/cerdas berprestasi/santun: memiliki budi pekerti,achlak mulia,dalam berpikir,prkataan/Memiliki kemampuan innovasi, inspiratif, berorientasi (berpedoman) pada masa depan dan bertanggung jawab”
    Upaya me wujudkan pemuda Indonesia yang cerdas, harus menjadi momentum,Ke lajuan/ Ke pesat an.
    Dan manifestasi bangsa, disebar-luaskan/di peragakan untuk kemasyuran ber Prestasi Pemuda2 Bangsa Indonesia.”

  2. apa sbnrx esensi ‘sumpah pemuda’ ?

    apakah hanya tulisan sj…?

    ternyata ‘sumpah pemuda’ itu mngelorakn semangat pemuda-di utk JIHAD dlm bidangx msg2 dg sungguh2,tnpa pamrih brsama2 mbgun NKRI dg Pancasila yg berBhinneka Tunggal Ika

    niscaya smua warga bumi akn trkagum2 dg NKRI

    -salam nusantara-
    GBU NKRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here