Pemprov DKI Akan Sebar Ribuan Tong Sampah

19
243

Ahok.Org – Untuk menindaklanjuti pekerjaan pengerukan saluran penghubung serta menjaga kebersihan, Pemprov DKI Jakarta segera membagikan ribuan tong sampah. Dengan begitu, diharapkan tidak akan ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengatakan, untuk menjaga kebersihan di ibu kota membutuhkan peran serta masyarakat. Terlebih, untuk membersihkan sampah mudah melakukannya, namun sulit untuk menjaga kebersihan. “Ya kalau dibersihkan terus menerus bersih. Nanti diam sebentar kotor lagi,” ujar Jokowi, saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Jumat (8/11).

Untuk itu, sambung Jokowi, pihaknya akan menyebar ribuan tong sampah dalam waktu dekat ini. Nantinya tong-tong sampah tersebut akan ditempatkan di daerah-daerah yang masih kekurangan tong sampah. Diakuinya, saat ini jumlah tong sampah di Jakarta memang masih terbatas. “Dua minggu ini kita siapkan ribuan tong sampah untuk setiap kelurahan dan jalan,” katanya.

Penempatan tong sampah akan diprioritaskan di tempat-tempat keramaian, seperti taman, jalan dan pemukiman yang berdekatan dengan sungai. Saat ini, pihaknya sedang berusaha untuk membersihkan sampah di setiap sudut ibu kota. “Semua tempat yang sudah kita bersihkan ya bersih. Tapi kalau tidak ada kesadaran masyarakat, paling dua minggu sudah kotor lagi,” ucpanya.

Ke depan, tambah Jokowi, dirinya akan membangun budaya bersih untuk masyarakat. Salah satunya melalui penyuluhan yang dilakukan oleh pihak kelurahan dan kecamatan. Bahkan grup band Slank juga telah digandeng untuk mengkampanyekan hidup bersih. [Beritajakarta]

19 COMMENTS

  1. Niat dan tujuan sangat baik. Namun untuk setiap program baru, sangat diharapkan menggunakan sesuatu yang modern dari model, design dan warna tong sampah.

    Model dan warna seperti ini sangat tipikal dengan pemerintahan Indonesia yang kuno karena tidak menggandalkan segi estetika.

    Juga setelah dipasang ditempatnya, mohon bisa ada tim yang bersihin dengan lap agar tidak jorok karena orang lokal masih sering meludah dan buang ingus di tempat sampah. Tim pembersih itu juga harus ada yang audit karena banyak yang hanya ingin mendapat proyek tanpa menjalankan kewajiban.

    • Iyaa pak saya sepandangan dengan komentar bapak ini. Agar Jakarta terasa segarrr ceria moderen dan bermartabat. Kalau sudah begini mau deh saya pakai baju kaos oranye, celana pendek hijau muda dan topi warna kuning jogging keliling jakarta. Hehe ๐Ÿ˜€

      Tambahan, kalau mau bersaing dengan singapura, disana daun aja dipungut untuk di bersihin pak. Debu2 di halte di bersihin. Debu dijalanan disapuin. Mungkin bisa dipikirkan penanganannya untuk DKI.

      Satuhal lain pak, Pemprov DKI kalau bisa punya stasiun TV yang fungsinya untuk program2 sosialisasi, baik proyek maupun hal2 pebelajaran rutin kepada masyarakat, seperti bagaimana berlalulintas yang baik, bagaimana beretika membuang sampah dan tidak meludah sembarangan dll dll.

    • Setuju dengan design yang lebih baik. Kalau yang ada difoto tersebut:
      Besinya cepat keropos.
      Kalau mau membuang sampah repot membuka/mendorong tutupnya (yang berwarna hitam) karena bisanya kotor/jorok.
      Usulan @pradito baik, tapi plastik sampahnya kalau ditempat umum (Indonesia) saya perkirakan akan hilang sebelum ada isinya :).
      Kalau dapat kombinasikan keduanya. Pakai fiber (tanpa kantung plastik), tanpa tutup, atasnya ada penutup hujan. Coba minta tolong inventor indonesia untuk mendesign yang unik, menarik tapi sesuai dengan kondisi Indonesia – jangan mudah hilang, maintenance mudah.

    • Baguslah sdh dikasi t4 sampah. Utk NIAT pisah2kan sampah plastik,botol,kertas pasti masyarakat akan belajar. Pertanyaan: apakah sudah dibaut gerobak/mobil pengumpul sampah khusus buat sampah umum, sampah botol ???? Lihat saja di Mall CP (Sentral Park), t4 sampahnya modern, ada 3 bagian, lalu tungguin pas sampahnya dipickup…..semua tong sampah tsb digabung jadi satu……jadi basa-basi saja dipisah2kan. Ini di Mall yg LUXUS saja managemennya masih ngawur.

    • seharusnya lurah harus juga sering blusukan melihat lingkungan diwilayahnya apakah warganya membuang sampah sembarangan apa tidak. kalo yg deket kali memang krn mereka mungkin tidak ada yang ngurusin ataupun memberi teguran bisa juga krn sampah te.

  2. usul pak Wagub. demi supaya tong2 sampah awet dan tidak bau shingga warga tidak segan buang sampah ditempatnya, tolong produksi plastik tong sampah ukuran besar dijual dengan harga yang semurah2nya buat warga. untuk plastik tong sampah ukuran seperti gambar diatas harganya Rp. 13.500 per 5 lembar plastik. bayangkan bila rakyat diajak untuk perduli sampah. maka plastik tong sampah ukuran besar musti dapat diperoleh warga dengan murah. plastik dari hasil daur ulang sampah akan sangat menolong untuk tekan biaya pak Wagub. thanks.

  3. Rakyat harus dibuat sadar dengan hukuman yang keras. peraturan buang sampah sudah ada, tinggal di laksanakan dengan tegas. jangan terlambat menunggu banjir. nanti repot sendiri.

  4. Plus, isi dalam tong sampah rajin dikosongkan juga.
    .
    Kalo kosong (dan kelihatan bersih), maka orang-orang terdorong utk memasukkan sampah ke dalamnya.
    .
    Kalo isi sampah sampe meluap dari tong sampah, orang jadi segen deket-deket utk mengisinya.
    .
    Akhirnya sampah tergeletak di luar tong sampah.
    .
    Tong sampah udah penuh, bukannya tau diri dikit kek utk tidak mengisi paksa atau diletakkan di luar, tapi perlu dibawa pulang dulu, ditampung di tempat sendiri sementara dulu.
    .
    Mental sense of belonging perlu ditumbuhkan juga, selain kepada tong sampah, kebersihan, tapi juga kepada fasilitas umum lainnya di lingkungan / jakarta supaya awet, hemat, bersih, rapi buat bersama juga.
    .
    Tong sampah ada pembuangan airnya kan? Kalo ngga ada, di dalam tong sampah bisa kebanjiran air hujan. Dan bisa disukai sebagai pengganti ember-ember di rumah.

  5. tolong di Taman Waduk Pluit, tong sampahnya ditambah yg banyak… kabel aliran listrik di tiang ketiang di taman, sebaiknya ditanam dibawah tanah, selain mengganggu keindahan taman, juga nyaman buat anak-anak main layangan…. ๐Ÿ™
    seribu kali ngomong, kalau CSR kok kelihatannya kayak anjing menggonggong kafilah budeg berlalu, pak Wagub ?!

  6. pembelajaran untuk rakyat memang mahal, salut buat pimpinan jokohok yg jujur dan bekerja unt anak bangsa, kalau saja pemimpin indonesia seperti jokohok, pasti indonesia akan maju, go go jokohok

  7. P Jokowi & P Basuki,
    Help dong..supaya disediakan toilet di terminal Transjakarta..setidaknya tidak perlu semua terminal dan juga ngga perlu untuk BAB cukup untuk buang air kecil..
    Terima kasih,
    Moti

  8. Design Tong Sampah kuno abisโ€ฆ
    Kalau hujan , masuk dong kedalam.

    Mohon tong sampah juga ditempatkan di jembatan Penyebrangan ORang, khususnya yg ada HALTE BUS WAY,
    Biar pun tongnya kuno gini, yg penting ada

  9. cari tong sampah umum di jakarta seperti mencari emas di kali. gak bakalan dapet.
    sudah saya alami sendiri.
    ngantongin pelastik bekas snack dari pademangan sampai depok gak ketemu tong sampah.
    permasalahannya bukan orang gak mau buang sampah di tempatnya, tapi GAK ADA TONG SAMPAHNYA. itu realitanya.
    di kasih tong sampah di embat sama pemulung.
    cape deh……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here