BTP: Rp 5 Miliar untuk Revitalisasi Sungai

4
75

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bukan hanya memberikan Rp 2 miliar untuk merevitalisasi bagian hulu sungai yang mengalir ke Ibu Kota. “Kami memberi Rp 5 milliar kok ke setiap kota dan kabupaten,” katanya ketika ditemui di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa, 12 November 2013.

Dana itu bebas digunakan oleh para pemerintah kota dan kabupaten, asalkan digunakan untuk mengembalikan fungsi ruang terbuka hijau di hulu sungai. “Terserah pemerintahnya mau digunakan untuk apa,” ujar Basuki. Menurut dia, dana itu sudah diberikan sebagai dana hibah kepada pemerintah daerah lainnya.

Tujuannya, supaya daerah serapan yang berada di hulu seperti di puncak, Kabupaten Bogor, kembali memiliki kemampuan menyerap air. Saat ini banyaknya vila yang berada di sana, yang membuat daerah perbukitan itu tak lagi bisa menyerap air. Hasilnya, jika musim hujan datang, air akan langsung mengalir ke sungai dan menyebabkan banjir di Jakarta.[Tempo.co]

4 COMMENTS

  1. Jelas tidak pertanggung jawabannya??? Perlu auditor!!!
    Kalau pemerintah kota dan kabupaten belum bebas korupsi rasanya hanya 50% yang direalisasikan, itupun sudah bagus???

  2. Pak Ahok, dulu Pak Ahok dan Pak Jokowi katanya punya program untuk mewajibkan pengusaha yang mau mengurus perpanjangan ijinnya untuk mengalihkan biaya pengurusan menjadi biaya untuk mengkonversi villa-villa yang berada di hulu (Puncak dan sekitarnya) menjadi ruang terbuka hijau kembali? Bagaimana progres-nya Pak? Sudah ada berapa villa yang bisa dimiliki pemprov dki dan telah dikonversi menjadi ruang terbuka hijau?
    Saya berharap Pak Ahok juga melaporkan ke masyarakat progress report semua ide dan program yang telah diucapkan oleh Pak Ahok di Youtube selama tahun pertama pemerintahaanya supaya kami semua bisa melihat bahwa ada progress positif untuk setiap ide yang ada. Hal ini akan mendorong warga semakin mendukung pelaksanaan tugas2 Pak Jokowi dan Ahok.
    Salam.

  3. diperbatasan DKI Jakarta – Bogor bikin pintu air, jaring sampah dan kembalikan sampahnya ke pemda Bogor !! Bisa dilihat berapa persen, daerah Bogor ikut andil buang sampah ke sungai yg mengalir ke wilayah Jakarta….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here