Lumpur di Kali Jakarta Telah Mengendap 30 Tahun (Video)

7
106

Ahok.Org – Pantas saja sejumlah kawasan di Jakarta tergenang, karena sejak 30 tahun lalu ratusan kali kecil di Jakarta tak permah dikeruk.

Kondisi mengenaskan terlihat saat Jokowi meninjau langsung Kali Nipah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kali selebar tiga meter tersebut sudah dipenuhi lumpur sehingga aliran air tersendat.

“Saya sudah tiga kali ke sini, tapi enggak tahu ternyata separah ini. Paling ini buat air cuma 10 sentimeter,” kata Jokowi saat blusukan ke Kali Nipah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/11/2013).

Menurut Jokowi, kali yang ditinjaunya ini telah dikeruk warga setempat dengan cara manual. Akan tetapi metode tersebut dinilai tidak berjalan efektif. Buktinya masih banyak lumpur dan sampah di kali tersebut.

“Kalau manual nggak mungkin, jadi harus pakai alat, eskavator,” ujarnya di lokasi.

Ia mengutarakan, persoalan di kali ini sama seperti kali-kali kecil di Jakarta pada umumnya yang tidak pernah dikeruk selama 30 tahun.

Di Ibukota sendiri, jumlah kali-kali kecil tercatat ada 884 dan tersebar di berbagai lokasi.

“Problemnya sama, sudah 30 tahun tidak pernah dikeruk. Ini yang mau kita cari solusi,” tandasnya.[Sindonews]

Kening Jokowi Berkerut Lihat Hitam dan Baunya Kali Nipah


7 COMMENTS

  1. lihat text berjalan di TV, pengerukan waduk Pluit dihentikan sampai tahun depan, maksudnya apa ya…??? apa ini dampak karena CSR, taman waduk pluit sebelah utara ga kelar-kelar pengerjaannya….

  2. Puyeng.. 🙁
    .
    Pake eskavator ukuran kecilan utk pengerukan kali (sungai kecil) supaya bisa diletakkan di bantaran kali.
    .
    Kalo terlalu rumit, apa bisa bikin kali atau aliran baru?

  3. Sejalan dengan @komen. Dalam kasus seperti dalam foto, sebaiknya digunakan mini-dozer (bulldozer) yang dengan mudah diturunkan kesaluran kecil dengan akses yang minim. Pada titik2 tertentu baru sampah diangkat oleh excavator. Jika perlu minidozer dapat dibuat oleh SMK yang cukup bonafide sekalian untuk training mereka. Jika dicari di internet ada kit yang tinggal dirakit.

  4. Ha,ha.

    Gak usah pusing2, contoh aja Taman Aries.
    Turunkan beberapa kuli galian, suruh gali tanah2 endapan yang dipinggiran lalu buang ketengah kali,beresss dah.

    Lalu escavator untuk apa didatangkan?
    Difoto doang lalu disuruh pulang.

  5. Pak Jokowi, kalibesar besar dpn mata yang kelihatan aja gak pernah dikeruk apa lagi yg kecil2x, contohnya kali dijalan lodan diatas sudah dibikin rmh tinggal pas dibwh jalan layang. kalinya bukan dikeruk malah didekat situ dibikin pintu air, gimana ya cara orang zaman gubernur yg dulu-dulu bekerja????

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here