JLNT Tanah Abang Nanti Malam Rampung

5
72

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo memastikan kalau pengerjaan jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang akan rampung malam ini. Untuk memastikan penyelesaiannya, ia berencana “blusukan” memeriksa pengerjaan.

“Nanti malam rampung, jam 11 malam mau ke lapangan,” kata Jokowi di Taman Suropati 7, Jakarta, Minggu (24/11/2013).

Pengerjaan JLNT yang belum rampung berada di dekat Hotel Le Meridien. Masih ada bagian-bagian yang belum tersambung. Setelah pengerjaan itu selesai, maka akan diujicoba.

Operator paket Mas Mansyur, yakni PT Istaka Karya, memastikan pengerjaan JLNT selesai November dan akan mulai beroperasi pada Desember 2013. Keyakinan Jokowi kalau JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang itu sebab pengerjaannya selalu ia kawal.

“Pasti rampung, yakinlah. Karena saya cek dan kawal. Nanti dilihat waktu tutup terakhir, lubang terakhir akan rampung,” ujar alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan menjelaskan pengerjaan paket Mas Mansyur yang belum selesai itu memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Kontraktor paket Mas Mansyur itu dilakukan oleh PT Istaka Karya dan PT Sumber Sari dengan subkontraktor PT Nindya Karya. Kesulitan itu antara lain kondisi jalan eksisting, yang hanya memberikan ruang kecil bagi lalu lintas alat-alat berat yang digunakan untuk pembangunan JLNT tersebut.

“Ruang yang sempit dan tidak bisa dilalui alat-alat berat, menjadi salah satu faktor penyelesaian konstruksi jalan layang ini tidak bisa secepat paket-paket lainnya,” kata Manggas.

Untuk mempercepat penyelesaian konstruksi JLNT tersebut, PT Istaka Karya sudah mendatangkan alat penyangga berat dari Taiwan. Alat berat itu dibutuhkan karena kontraktor tidak bisa sembarangan melakukan pengecoran jalan. Sebab, kondisi jalan di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur, termasuk jalan padat kendaraan bermotor, terutama pada jam-jam sibuk.

Apabila tidak menggunakan alat berat khusus, akan menambah kemacetan arus lalu lintas di kawasan tersebut. Pengerjaan dilakukan mulai pukul 22.00 hingga 05.00 setiap harinya.

Proyek pembangunan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang terdiri atas tiga paket pembangunan, yaitu paket Casablanca, paket Prof Dr Satrio, dan paket Mas Mansyur. JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang seharusnya rampung 2012 lalu, tetapi hingga saat ini belum juga selesai karena ada beberapa ruas yang masih belum rampung.

Gubernur Jokowi dan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, menilai PT Istaka Karya sebagai pelaksana proyek telah gagal memenuhi target pengerjaan proyek (wanprestasi). Pembangunan dilanjutkan dan diperkirakan selesai pada November 2013.[Kompas.com]

5 COMMENTS

  1. Pak Jokohok, mohon pengerjaan renovasi flyover di Jln. JEMBATAN-TIGA dikebut, dikerjakan 24 jam krn setiap hari macet sekali sebab jalan tersebut sangat vital. Akibat macet kerugian ekonomi besar sekali. Tks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here