Hanya 3 Menit BTP Kalah dari Woman Grand Master (Video)

18
188
Wagub Basuki vs Medina Warda Aulia (blind chess)

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kalah skak mat saat bertanding blind chess dengan atlet catur berusia 16 tahun. Atlet bernama Medina Warda Aulia ini mengalahkan Ahok dalam waktu 3 menit.

Pertandingan catur kilat 5 menit ini digelar setelah Ahok melepas 162 orang atlet, teknisi, dan pelatih asal Jakarta untuk berangkat ke pertandingan Sea Games Myanmar. Acara ini digelar di Balai Agung, Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2013).

Medina melawan Ahok tanpa melihat papan catur. Dia hanya menyebutkan langkahnya dan dieksekusi oleh wasit.

Untuk waktu yang disediakan adalah 5 menit. Dua menit pertama, Ahok yang mengenakan jaket sport berwarna merah putih tampak masih bisa mengendalikan permainan.

Namun, di menit kedua Ahok tampak kehabisan langkah.

“Wah, mati ini. Dia jago banget mainnya,” ujar Ahok sambil masih berusaha memikirkan langkah selanjutnya.

Tepat di menit ketiga, siswi kelas 2 SMA N 1 Bekasi ini melancarkan langkah pamungkas, skak mat. Para pelatih, atlet, dan teknisi yang berkerumun di sekitar meja catur sontak bertepuk tangan.

Ahok kemudian berdiri, ikut bertepuk tangan dan bersalaman dengan Medina.

Dalam kesempatan itu, Medina menerima penghargaan tali kasih berupa uang tunai Rp 25 juta. Medina meraih gelar Woman Grand Master di ajang World Youth Chess Championship FIDE KU 20 di Turki pada Agustus 2013.

Medina mengaku senang dan bangga bisa bertanding catur melawan Ahok.

“Beliau kan sibuk, tapi tetap nyempat-nyempatin untuk acara ini,” kata gadis yang sudah mulai bermain catur sejak usia 9 tahun ini. [Detikcom]

Foto Pelepasan Atlet Jakarta ke SEA Games Myanmar:

Foto: Sak - Ahok.Org

video:

18 COMMENTS

    • Banyak yg salah sangka mengatakan pak Ahok orangnya keras, padahal sebaliknya beliau ini lebih tepat dideskripsikan dengan kata “tegas”.

      Masih menyempatkan waktu untuk acara tsb barangkali bisa dibilang dengan “perhatian”.

      Moga suatu saat nanti bisa memimpin Indonesia.

  1. Pak Ahok hebat. bisa bertahan 3 menit melawan Grand Master Catur. Memang itu bukan bidang bapak, tapi stidaknya bapak sudah mau main 1 babak walaupun tahu pasti kalah akhirnya. hehehe… mantap nih pak Ahok ! πŸ™‚

  2. Pak AHOK,… bisa kasih jabatan di PNS DKI ke Medina sebagai staf ahli perencanaan stategi nanti pasti memuaskan hasil nya,… bisa di pertimbangan ini,…. selamat team catur DKI di Sea Gemes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here