Penjelasan BTP Soal Warga Waduk Pluit

18
226

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, mempersilakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membela warga Taman Burung, Pluit, Jakarta Utara. Sebab menurutnya, sebelum melakukan penggusuran Pemprov DKI juga telah menawarkan warga setempat pindah ke rumah susun (rusun). Namun, niat baik itu justru diabaikan.

“Silakan Komnas HAM membela warga,” ujar Basuki di Balaikota, Senin (16/12).

Ia mengatakan, Pemprov DKI telah memberikan tawaran kepada warga Taman Burung untuk direlokasi ke rumah susun (rusun) sejak setahun silam. “Itu kita sudah sampaikan setahun supaya Anda kosongkan dan sediakan rusun,” katanya.

Namun, lanjut Basuki, warga tetap membandel dan menolak direlokasi ke rusun yang telah disediakan oleh Pemprov DKI. Bahkan, warga bersandiwara dengan secara sengaja memasang para ibu dan anak saat petugas menggelar penertiban di lapangan.

“Kasihan anak-anak dan ibu-ibu. Sudah tahu mau dibongkar, masih kasih anak-anak dan ibu-ibu di sana. Ya kalau begitu caranya, nanti kita rampok bank bawa anak-anak dan ibu-ibu saja. Kalau ditangkap kasihan dong,” tuturnya.

Padahal, tegas Basuki, penertiban yang dilakukan oleh Pemprov DKI disertai solusi dengan penyediaan rusun bagi warga yang terkena bongkaran.

“Yang tidak mau kita bersihkan kan sebelah kanan, karena rusun belum cukup dan jumlah mereka besar. Rusun maunya mereka di Muara Baru juga, ini lagi dibangun yang baru. Kalau itu Sudah jadi, yang di rumah pompa juga akan kami bongkar,” jelasnya.

Sebelumnya, anggota Komnas HAM berencana melaporkan pelanggaran HAM yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta terhadap warga Taman Burung, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, yang menjadi korban penggusuran kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Kita akan ajukan ini untuk direkomendasikan ke Presiden. Karena negara fungsinya melindungi warga negara,” kata Komisioner Komnas HAM, Siane Indriani, di lokasi penggusuran.[Beritajakarta]

18 COMMENTS

  1. jangan takut pak ahok, jelas-jelas itu orang salah dudukin tanah negara masa dibelain komnas ham, hamburger… kalau saya see sebagai warga jakarta biar susah jg harus tetap tahu diri… udh komnas ham ga ush repot2 urusin yg kyk bgni2an mendingan urusin aja ntu kasus munir yang kagak kelar-kelar smp sekarang. i love ahok

  2. Komnas Ham mau laporin penggusuran waduk pluit ke SBY , si Beye bisa apa ? paling prihatin doang , noh kasus HAM mah masalah syiah di madura , Gereja GKI Yasmin di Bogor , ijin sudah ada bisa dibatalin walikota , yg begitu kaga diurusin Komnas Ham dan si Beye juga jaga bisa apa apa sama kasus itu

  3. Kok lucu sih orang HAM itu ?
    .
    Yang bener tuh, orang HAM membantu warga Taman Burung pindah ke rusun, bukan malah lapor ke presiden. Ngga nyambung.
    .
    Apa dengan melapor ke presiden lantas bisa berganti tempat tinggal, warga menjadi menempati istana sedangkan presiden disuruh pindah ke waduk??
    .
    Tendang aja orang HAM ke laut.

  4. komnasham ni paling lucu..ga jelas apa yg dikerjakan, bisanya grecokin aja.
    1. triak2 disaat warga waduk digusur, kl memang kamu punya rasa kemanusiaan ya warga waduk kamu tampung dong dirumah kamu untuk sementara. jangan triak2 tanpa kasi solusi.
    2. disaat banjir awal tahun 2013 dimana komnas HAM? kenapa tidak bela warga jakarta yg lebih dr 1/2nya kena banjir gara2 warga waduk dan sungai menduduki area terlarang yg menyebabkan banjir.
    3. seandainya warga waduk tidak dipindah, begitu banjir datang siapa yg bantu warga waduk kl bkn pemprov dki? komnas ham tinggal duduk nontonin berita banjir, setelah itu komentar. ky komentator disiaran bola, disuruh main kaga bisa cm bisanya komentar ja… cuihhh…..

    hamburger…

  5. hak hak hak… mo ajukan ke presiden , ajukan ke nenek moyang mu juga gak ngaruh, mo bela HAM kok gk ngerti siapa benar siapa salah, asal diliput media lgsg sibuk katakan bela HAM, kalau gak di liput media, ongkang2 kgk kerja, kerja tuh kok berdasarkan sensasi media, pengen masuk TV? jadi artis donk , salah cita-cita atau emang gak tercapai cita-cita nya x

  6. dah mendingan kita rakyat DKI BUBARIN AJA HAMBURGER NYA…….. rame2…. bikin lama lamain aja pekerjaan pemrov DKI….

    ada usul nie gimana kita adaian lelang jabatan komnas ham yang waras waras aja

  7. penolakan penggusuran ini cuma untuk melindungi bandar rumah kontrakan, coba pemprov DKI Jakarta minta tolong Kapolda dan Pangdam, memburu bandar-bandar rumah kontrakan dan dipidanakan sekalian…. kalau perlu backing-banckingnya yg katanya wakil partai!!!

    Udah pade maen kayu wakil partai preman ini, jangan sampe tidak tersentuh hukum, mereka bukan saja menghambat program pemprov DKI Jakarta, tetapi sudah menyengsarakan rakyat banyak untuk memperkuat dinasty dan kerajaan kecilnya

  8. mbegugug ngutha waton
    dikandani, kuping beton
    njaluk menange dewe
    dielingke, tambah nggege
    desa mawa tata
    negara mawa cara
    bala dupak ora rumangsa
    arep ditata malah mbalela
    mbokya, eling……na

  9. Itu orang komnas Ham di ganti aja ama yang bener-bener ngerti HAM, orang salah kok di bela, ada juga dia bantu pemprov DKI untuk minta tu warga pindah ke rusun, baru manusiawi. Baru Menegakkan HAM,Guoblok beneran tuh orang, mendingan lu bantu tuh korban ITN, melanggar HAM tuh ITN

  10. KOMNAS HAM GOMBAL,WARGA SDH DIBERITAHU DAN DISEDIAKAN TEMPAT KOK MALAH DIBELA,HAM MANA YG DILANGGAR PEMPROP,KOMNAS HAM SEKALIAN AJA BELA KORUPTOR KARENA JABATANNYA DICOPOT KARENA DITANGKAP KPK,PAK AHOK WARGA ITU HANYA DIBUAT TAMENG OLEH RAJA MALING TANAH NEGARA,SEBAIKNYA RAJA TANAHNYA LAPORKAN KPK/POLISI SEBAGAI KORUPTOR/MALING MILIK NEGARA.BRAVO JB

  11. Gelagatnya dah kelihatan, biasa ngerecokin, gangguin terus aja supaya pemprov DKI terganggu.
    Jadi saya teringat, ini adalah cara mendapatkan FULUS, kalau dulu sih ya..udah sumpel aja dgn FULUS pasti diam, sama jg dgn amplop tuk wartawan supaya diam. Jadi skarang namanya HAMBURGER saja deh!

  12. Siane Indriani itu siapa? Apa dari dulu juga suka membela orang orang tertindas? Kalau dulu dia tidak suka membela orang tertindas, artinya sekarang ada apa apanya. Jaman dulu kan lebih banyak orang yang tertindas dibandingkan dengan solusi yang diberikan Jokohok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here