Sepenggal Kisah Ahok Saat Dapat Dukungan Gus Dur

7
97

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ikut menceritakan pengalamannya bersama mendiang Abdurrachman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Cerita yang ia paparkan menjelaskan bagaimana dirinya yang minoritas mendapat dukungan penuh dari Gus Dur.

“Waktu itu saya mundur dari jabatan saya sebagai Bupati Belitung Timur. Saya mau mencalonkan diri sebagai Gubernur Bangka Belitung. Tapi tidak ada partai yang mau dukung saya,” ujar Basuki atau Ahok dalam acara Haul ke-4 Gus Dur yang digelar di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2013).

Karena saat itu di DPRD Bangka Belitung hanya ada satu kursi dari PKB, Ahok bertemu dengan Yenni Wahid, anak pertama Gus Dur untuk membicarakan mengenai keinginannya mencalonkan diri sebagai Gubernur.

Setelah bertemu Yenni, Ahok bertemu dengan Muhaimin Iskandar. Pertemuannya membicarakan apakah kiranya Gus Dur ingin mendukung dirinya maju sebagai Gubernur.

“Waktu itu Muhaimin bilang, mana mungkin Gus Dur mau mendukung kamu,” kata Ahok.

Akhirnya Ahok memberanikan diri untuk bertemu dengan Gus Dur. Dalam pertemuannya, Ahok mengaku mendapat restu dari Gus Dur yang juga sebagai Presiden Ke-4 RI ini setelah berdiskusi mengenai program yang akan dicanangkan apabila terpilih menjadi Gubernur.

“Waktu itu saya bilang saya mau adakan pensiun pertama di Bangka Belitung. Lalu Gus Dur tertarik,” ucap Ahok.

Singkat cerita, Ahok ditentang keras dari warga Bangka Belitung lantaran seorang Gus Dur mendukung Ahok yang dianggap ‘kafir’ sebagai Gubernur. Ahok pun menceritakan hal itu ke Gus Dur, ternyata Gus Dur meminta Ahok tidak menghiraukan.

“Kampanye dalam sayembara itu menyakitkan, Gus Dur dibilang Kyai Palsu, dukung kafir. Lalu beliau bilan biarin saja. Mereka tidak ngerti Al Quran. Islam enggak seperti itu. Biarin saja,” ucap Ahok.

Dari sepenggal ceritanya tentang pribadi Gus Dur, dukungan Gus Dur kepada dirinya yang minoritas tersebut menjadi stimulus Ia berpolitik hingga sekarang. [Tribunnews]

7 COMMENTS

  1. islam adalah agama yang sempurna, cinta damai dan mengajarkan kebaikan kepada semua umat manusia dimuka bumi. mulai sekarang kita harus bersatu demi terwujudnya jakarta baru yang lebih menghormati setiap perbedaan yang ada. amien
    i love ahok

    • kepale ente adem ye nanggapinnye…gini ye bang ledi..banyak dari sodare2 kite dengan sesamenye pade ribut ga karuan..maksud ane pigimane carenye supaye jangan bikin malu kite gitu..cobe ente liat sono di sirie..libie…mesir..somelie..tunisie..nigerie..ghane..irak..afganistan..pakistan…kemaren nyusul lagi warge banglades pade berkelai ame sdr2.nye.. juge kalo jadi minoritas maonya ngambek aje..ini jujur ye..di tailan, pilipine, terakhir di cine.. juge di rusie.. ane bingung dimane ye salenye….. kalo di burme sih kayenye budenye yang kebangetan

  2. Doa Gus Dur bisa terkabul. Awal April 2014 Jokowi dicapreskan (tanpa sebut cawapres), Ahok jadi gubernur wakil Tri Risma. Mendekati pilpres Jokowi capres Ahok Cawapres. Kalau terpilih Jokowi RI1 2 periode setelah itu ahok bisa jadi RI1. Ini cuma ramalan bro…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here