Bus Baru Transjakarta Tidak Dijual Kepada Operator

3
80

Ahok.Org – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menjual 656 bus baru kepada sejumlah operator. Seluruh bus itu dikelola Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta.

“Seluruhnya akan masuk BLU Transjakarta, apalagi Perda untuk transjakarta akan disahkan, jadi dikelola Pemprov DKI semua,” ujar Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Jakarta Syafrin Liputo, Senin (30/12/2013).

Langkah tersebut, lanjut Syafrin, bukan bentuk menganaktirikan sejumlah operator transportasi, mengingat selama ini Pemprov DKI selalu mendorong para operator memperbaiki manajemen sekaligus merevitalisasi armada transportasinya. Langkah ini justru mendorong operator merevitalisasi manajemennya.

“Kelemahan operator transportasi di kita ini mereka enggan mau jadi pionir. Makanya, kita (Pemprov DKI) yang jadi pionir dengan mengadakan bus. Hal itu mendorong mereka ikut,” ujar Syafrin.

Saat ini saja, tutur syafrin, dari lima operator bus sedang, dua di antaranya telah berkomitmen merevitalisasi manajemen serta armadanya, yakni Kopaja dan Kopami. Sementara untuk operator bus besar, operator yang telah berkomitmen merevitalisasi adalah Mayasari Bhakti, Sinar Jaya, Bianglala, serta Hiba Utama.

Syafrin menjelaskan, jika operator merevitalisasi manajemen dan armadanya, bus-bus itu akan menggunakan jalur transjakarta. Alhasil, Syafrin yakin pendapatan operator tersebut turut naik.

“Kalau pakai sistem transjakarta, dia pakai jalur, selter, enggak perlu nyetor apa-apa ke transjakarta. Di satu sisi, penumpang yang naik bus itu kan bayarnya lebih mahal dari transjakarta. Nah, pasti mereka ini mendapatkan keuntungan lebih,” ujarnya.[Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. Ini sudah bener tindakannya, tinggal mulai diberlakukan masa pakai kendaraan bermotor di wilayah pemprov DKI Jakarta,sambil mengurangi jumlah peredaran kendaraan pribadi…

  2. Daripada nanti ban busway copot lagi mendingan diambil alih oleh pemprov dibanding sama operator yang pengawasannya lemah. semoga transjakarta kedepannya bisa lebih baik lagi, amien i love ahok

  3. Mohon kepada pemda DKI dan pemda Kota Tangerang untuk jalur BUS APTB di tahun 2014 bus tersebut masuk kin dong ke terminal Cimone mengingat masyarakat lebih dekat aksesnya menuju BUS APTB dari kantong-kantong wilayah perumahan yang ada di cimone dan sekitarnya ada perumahan PERUMNAS 1, PERUMNAS 2,TOTAL PERSADA, KOTABUMI, PASARKEMIS, KERONCONG, JATIUWUNG, BUGEL, CIBODAS, CIKUPA,TIGARAKSA, BALARAJA, mereka warga masyarakat yg hendak berpergian ke Jakarta untuk bekerja lebih dekat aksesnya dengan TERMINAL CIMONE daripada dengan TERMINAL PORIS PLAWAD, saya berkeyakinan 2000 persen jika ada operator BUS APTB yang melayani rute tersebut pasti akan ramai dan tingkat okupansi kepadatan penumpangnya bagus, mengingat terminal CIMONE dekat dengan kantong-kantong wilayah perumahan penduduk yg sebagian besar bekerja di daerah jakarta, Kepada Pemda DKI di mohon untuk membantu memasarkan kepada operator BUS APTB mengingat ada lho pasar potensial di rute ini, kepada PEMDA KOTA TANGERANG mohon disiapkan lahan parkir motor pribadi dan mobil pribadi di wilayah terminal Cimonenya, jadi masyarakat yg bawa kendaraan priobadi bisa menitipkan kendaraannya di terminal Cimone, kemudian utk pemkot Tangerang tolong halte-halte BUS APTB di fungsikan utk menaikkan dan menurunkan penumpang BUS APTB jangan terpaku menaikkan dan menurunkan penumpang kok hanya di terminal doang buat apa bangun halte APTB mahal-mahal kok tdk di pake, di tahun 2014 wajib di pake, jangan takut sama preman calo angkot kecil, aneh pemerintah daerah Kota Tangerang kalah sama preman calo angkot yang akan menghadang BUS APTB di halte-halte sikat bersih yg menghalangi jalannya operasional BUS APTB negara/pemerintah gak boleh tunduk pada LSM PREMAN yg menghalangi bus aptb jalan, atas nama masyarakat luas kepentingan yg lebih luas tangkap masukin penjara ajah tuh premannya. Saya juga yakin pemerintah propinsi DKI siap juga membantu jika PEMDA KOTA TANGERANG ada kesulitan dalam mewujudkan beroperasinya terminal CIMONE untuk jalur BUS APTB kan ada bansos yang di berikan oleh pemrop DKI utk daerah Jabodetabek silahkan ajah dana uangnya di pake untuk merevitalisasi TERMINAL CIMONE pasti kok di dukung oleh pemrop DKI. Demikian masukan dari kami semoga di tahun 2014 bisa terwujud dan berjalan operasional BUS APTB Via Terminal Cimone menuju Jakarta dan sekitarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here