Rabu Lusa, Dua Rute BKTB Diluncurkan

5
76

Ahok.Org – Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Senin (3/2) memaparkan sosialisasi dua rute Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) dengan spesifikasi yang lebih besar dibandingkan bus reguler Metro Mini.

BKTB memiliki kapasitas 20 tempat duduk dan total memuat 35 penumpang. Rencananya, peluncuran rute ini akan dilaksanakan, Rabu (5/2) mendatang.

Kedua rute tersebut akan menghubungkan perumahan pemukiman berkembang, rumah sakit, sekolah, universitas, perkantoran, serta pusat perbelanjaan. Rute baru PIK-Monas yang berjarak 19 kilometer itu diperkirakan memiliki waktu tempuh 180 menit PP dengan jumlah armada sebanyak 18 bus.

Sementara rute Tanah Abang-Kalibata dilangsir memiliki jarak 15 km dengan waktu tempuh kurang lebih 120 menit PP, untuk rute kedua ini, armada yang dibutuhkan adalah sebanyak 12 bus.

Rute PIK-Monas akan melewati jalur trayek mulai dari Tzu Chi Centre, pelabuhan Muara Angke, Pantai Mutiara, Pluit Junction, Kota Tua, Gambir, Balaikota, hingga Monumen Nasional. Pemprov DKI akan menyediakan 28 halte disepanjang rute yang menghubungkan daerah Pluit hingga Monas tersebut.

Untuk rute Tanah Abang-Kalibata melewati jalur dimulai dari Stasiun Tanah Abang, Sarinah, Bundaran HI, Semanggi, Tugu Pancoran, STEKPI, Stasiun Kalibata, Kalibata mall, Kalibata City, sampai Taman Makam Pahlawan Kalibata. Halte yang tersedia untuk jalur ini adalah sebanyak 26 halte. [Key]

5 COMMENTS

  1. Sip Tgl 7 Feb 14 , hari Jum’at pertama Pak Ahok yg coba rute ini dari rumah ke Balai Kota , ini emang rute yg di ciptakan utk mengakomodir Pak Ahok , hehehehe

  2. Saran, sebaiknya BKTB menjemput warga dari daerah pemukimam, perdagangan, yang tidak dilalui busway sampai ke halte busway, tidak usah berkeliling jarak jauh. Dan berangkatnya agar dijadualkan dan dari tempat yang sudah ditentukan, sehingga warga tahu pukul barapa bisnya lewat. Mis. Di Kelapa Gading tidak ada jalur busway, dibuat tempat-tempat perhentian BKTB. Dari sana keliling menuju ke Jl. Pemuda dan menurunkan penumpang di Busway. Dilanjutkan keperempatan Cempaka Putih, dan kembali ke Kelapa Gading dari arah Mall Artha Gading masuk kembali ke Mall Indonesia, begitu seterusnya. Berangkatnya harus tepat dari tiap perhentian, ngetem paling lama 10 menit, kemudian setelah bis berangkat selang 15 menit datang lagi bis berikutnya, jadi hampir setiap tiga puluh menit ada keberangkatan.

  3. Pak, tolong diberikan informasi mengenai jadwal waktu keberangkatan, lokasi halte, jam operasi, cara pembayaran. Karena kemarin baru peresmian saja, namun belum ada info mengenai cara penggunaan jalur tsb. Mungkin ada website atau brosur yg bisa dibagikan ke warga pemukiman agar memudahkan penggunaanya. Salam, Martin RW06 BGM PIK.

  4. Usul donk, jalur baru BKTB Pulomas -> Klp Gading Boulevard -> Sunter -> PRJ -> Sawah besar (atau Mg Besar jg blh) -> Harmoni -> Monas -> Sarinah -> Semanggi

    Krn konsentrasi kendaraan di jalan2 tsb sdh jd langganan macet tiap hr.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here