BTP Siapkan Pasukan ‘Calo’

3
56

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, keberadaan kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di tiap kelurahan nantinya akan mempermudah warga Jakarta dalam pengurusan izin. Jadi, kata dia, tak perlu ada lagi warga yang mengurus izin dengan mendatangi PTSP yang ada di tingkat kota.

Menurut Basuki, PTSP di kantor Kelurahan akan memotong jalur birokrasi demi mempermudah warga. Ia bahkan mengibaratkan hal tersebut seperti kerja calo.

“Jadi nanti orang tinggal bilang saja dia mau ngurus apa, nanti petugas yang akan melanjutkannya ke SKPD. Sistemnya kayak calo. Jadi kita punya pasukan calo dalam tanda kutip,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Basuki mengatakan, akan ada tunjangan kinerja daerah (TKD) bagi petugas PTSP yang bisa mengurus izin dengan baik dan memuaskan. Namun, pemberian TKD tidak hanya pada petugas yang bisa mengurus perizinan secara memuaskan. Petugas yang bisa melaporkan SKPD yang mempersulit perizinan pun bisa memperoleh TKD.

“Kalau ada pegawai SKPD yang ketahuan bikin susah, laporkan saja. Nanti yang ngelapor kan akan dapat TKD. Yang bikin susah akan kita pecat,” ujar pria yang akrab disapa Ahok itu.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi DKI berencana memperbanyak kantor PTSP di semua kantor kelurahan. Paling lambat, rencana tersebut akan direalisasikan pada Juni 2014. Pelayanan nantinya juga akan dibuka sampai malam. Dengan demikian, kelak jam kerja para pegawai negeri sipil yang ditugaskan di PTSP tidak harus dari pagi hingga malam, tetapi bisa menggunakan sistem shift yang bergantian dengan rekan sejawatnya.

“Jadi kerja PNS-nya tidak harus berurutan delapan jam. Dia harus milih mau di jam yang mana. Ini juga bisa mengurangi kemacetan, dan orang di DKI ini bisa merasakan kalau mau urus apa pun, kamu tidak usah pusing,” kata mantan anggota DPR RI Komisi II itu. [Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. Identitas petugas resmi nya harus jelas di dada nya pak.. dan selalu ada nomor arsip milik warga yg berurusan, jd jelas brp lama proses nya sampe nomor itu selesai.

    Kalo perlu bisa dilacak via online.

  2. Pak Ahok tlg untuk program PTSP diprioritaskan bener-bener krn dampaknya kalo berhasil luar biasa banget bagi warga, indeks kepuasan warga jakarta lsng meningkat drastis krn warga gak usah pergi jauh dari tempat tinggal utk ngurus izin (kurangin macet) jadi tolong untuk program PTSP pengawasannya beneran dimaksimalkan.

  3. Pak Wagub.. website jakarta.go.id untuk informasi tarif retribusi pelayanan dan penertiban bangunan satu satunya yang tidak dapat di akses..yg muncul hy kalimat ” sorry Dave dst..” faktor ksengajaan operator sistemnya kah? krn pada kenyataannya saat kita ingin proses imb pun tdk di sodorkan tarif resmi, malah mau diborongin kah dengan budget mulai dari jutaan pada rmh tinggal sederhana dst. sejak proses tatakota hingga kelar imb ditawarkan dg kalimat tersirat. mhn tindakan Tim nya Boss segera,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here