“Monorel Dibangun di Area Publik, Jika Mangkrak Bagaimana?”

5
103

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membenarkan bahwa proyek monorel Jakarta tidak menggunakan dana APBD sehingga jika bermasalah tidak akan menimbulkan kerugian pada kas keuangan daerah. Namun, kata dia, proyek tersebut dibangun di atas area publik. Kalau bermasalah, maka akan tetap merugikan kepentingan orang banyak.

“Ini kan urusan dia, duit dia. Ya kalau di halaman dia dan di tanah dia sendiri, saya tidak akan ambil pusing. Tapi ini kan di halaman kita. Kalau mangkrak gimana?” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Basuki juga mengeluhkan PT JM yang meminta kelonggaran build operated transfer (BOT) atau penyerahan pengoperasian layanan monorel, dari awalnya 30 tahun menjadi 50 tahun. Padahal, sesuai perjanjian awal, PT JM harus menyerahkan pengoperasian layanan monorel kepada Pemerintah Provinsi DKI paling lambat 30 tahun setelah pengoperasian.

“Dia minta 50 tahun, peraturan cuma perbolehkan 30 tahun. Itu kan butuh kajian yang banyak,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pernah membantah jika disebut terburu-buru melanjutkan proyek pembangunan monorel. Ia pun meminta agar mangkraknya pembangunan monorel tidak terlalu dipermasalahkan karena pembangunan monorel tidak menggunakan dana APBD, tetapi murni dana milik PT JM.

“Mau groundbreaking seribu kali juga enggak apa-apa, wong ini bukan duit kita kok. Bukan APBD, kok ribut,” ujarnya di balaikota pada Selasa (25/2/2014). [Kompas.com]

5 COMMENTS

  1. Bos ahok, lagi ramai mengenai modus baru kejahatan di jakarta, menggunakan benang gelasan yang membentang di fly over, ada yang di kampung melayu, bandengan, mohon diperhatikan pak, tingkat kejahatan di jakarta, mohon bisa berkerjasama dengan kepolisian,mencari pelaku2 tersebut.salam.

  2. Pak BTP/Ahok,kalo jalan tol berapa lama masa BOT nya, kok ga dikembalikan ke pemprov DKI Jakarta, sebagai penguasa itonomi daerah…
    Apa ini juga ranah pemerintah pusat qq Kemenhub ati Kemen PU???

  3. Proyek dibiarKan terkatung2, masyarakat hrs menanggung derita macetnya aja, yg gak tau sampe kpn berakhir.. apa sih maunya pemprov dki ini, enak aja tinggal bilang terserah pt. Jm., tp nasib pengguna jalan bagaimana? Jalan sudah diacak2, proyek selalu tertunda…

  4. Mbah suseno itu makanya pak Ahok bilang masih perlu kajian karena sekarang aja uda bikin masalah apalagi kalo uda mulai ya toh, pak Gubenur juga gak maen teken ajakan perlu kehati-hatian.

  5. Dear pak Ahok.

    Tolong bapak batalkan aja proyek Monorel… ganti saja dg proyek Bullet Train seperti di China, Jepang, Jerman, Amerika, Taiwan, Perancis.
    Tiang2 monorel bisa dipakai untuk bullet train

    Dear pak Jokowi tolong pecat Moko (PLT Sekda) sekarang juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here