2015, Seluruh Jalur Busway Berkarpet Beton

4
108

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bahwa seluruh jalur Bus Transjakarta (busway) sudah akan dibeton pada 2015 mendatang. Saat ini, pembetonan sedang dilakukan di tiga koridor. “Kami utamakan busway agar (warga) pada pindah buat naik transportasi umum,” kata Basuki di Balai Kota, Jumat, 16 Mei 2014.

Ahok, begitu Basuki biasa disapa, juga menyatakan telah meminta Dinas Pekerjaan Umum untuk menggunakan teknologi khusus untuk pembetonan busway itu. “Kami mau pakai beton konkrit yang bisa kering 7-10 jam,” kata dia.

Harapannya, pembetonaan dikerjakan pada malam dan paginya sudah bisa digunakan. Beton juga tidak sembarang beton karena mampu menyerap air sehingga meniadakan genangan setiap kali hujan.

“Ini ada porinya, sehingga air bisa turun ke bawah,” kata dia sambil menambahkan, “Jalan pun menjadi tak cepat rusak, separator pun bisa dibangun sekaligus dengan pembetonan.”

Rencananya, Ahok ingin agar pembetonan ini bisa dilakukan melalui e-katalog yang lebih cepat ketimbang sistem tender konvensional. “Kalau e-catalogue tinggal bayar pakai volume. Hitungannya per meter kubik,” kata dia.

Kalaupun harus melalui lelang, Ahok ingin standar-standar tersebut menjadi persyaratannya. Dia juga menuntut adanya jaminan dari kontraktor. “Kami mau minta jaminan garansi lima tahun, kalau rusak kamu harus tanggung jawab,” kata dia. [Tempo.co]

4 COMMENTS

  1. Mantap pak Ahok.

    Oya pak Ahok tolong sampaikan pesan Seluruh Rakyat Indonesia kepada pak presiden Jokowi agar beliau segera memilih pak Abraham Samad atau teh Rieke Diah Pitaloka menjadi wakil presiden RI

    Tolong pak Ahok beli aja bus SCANIA, Mercedes, MAN dan Volvo. Semuanya bagus pak. Tolong bapak beli semua merek misal masing2 merek 10 bus tahun ini juga lewat ecatalog.

    Ingat pak prinsip diversifikasi merek penting.

    Oya pak saya sudah lihat di ecatalog koq belum ada bus Scania. Di ecatalog 99,99% merek Jepang semua dan harganya juga mahal2 tuh. Seharusnya kalo masuk ecatalog harganya lebih murah sedikit daripada harga pasaran

  2. Betonisasi dan tinggikan jalan-jalan di Jakarta yg terkena genangan banjir, sehingga bermanfaat pertolongan pertama ketika banjir tiba-tiba datang, bisa jg untuk evakuasi korban banjir, lalulintas umum pun lancar tidak terpengaruh soal banjir…tidak butuh aspal lagi…

  3. serem lihat jalur busway di jl.hayam wuruk dan ditempat2 lain, sangat tidak rata, dan gelombangnya minta ampun, itu bus sampai terayun2 keras, lama2 bisa patah 2 tuh yg bus articulate itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here