BTP Minta Camat Berperan Layaknya Manajer

2
54

Ahok.Org – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan seluruh kepala wilayah di Jakarta termasuk Walikota dan Camat mengetahui segala persoalan yang ada di wilayahnya. Dia ingin menjadikan kepala wilayah tersebut layaknya sebagai manajer sebuah perumahan atau hotel yang mengetahui sedetil apapun masalah yang terjadi di hotelnya.

“Jadi kita mau buat camat ini harus melaporkan kondisi wilayahnya. Semua hal dia harus tahu, mau PKL, apa saja yang dikerjakan SKPD, dia harus tau. Dia kaya seperti manajer sebuah perumahan, manajer sebuah hotel gitu,” ujar pria yang akrab disapa Ahok, Sabtu (7/6/2014).

“Kalau manajer hotel tuh gimana? Toilet WC di kamar hotel, tisunya kurang aja masih dia pikirin. Letak sabun kurang harus diperhatikan. Nah, ini yang mau kita lakukan, masa Camat di kecamatan engga bisa (tahu tentang wilayahnya),” tambah Ahok.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Ahok, kepala wilayah itu, bisa dibantu oleh pejabat pemerintahan di bawahnya seperti lurah, ketua RT dan RW. Jadi tidak mungkin kepala wilayah tidak mengetahui hal sedetil apapun yang terjadi di wilayahnya.

Misalnya saja, Ahok mencontohkan, seorang Camat harus memerhatikan petugas kebersihan di wilayahnya, termasuk soal gaji. Dia mengatakan, pernah mendengar petugas kebersihan belum mendapatkan haknya selama tiga bulan.

“Mereka harus tau semua urusan. Sampai tukang sapu pun harus ditanya, Anda sudah gajian belum? Kalau dia nggak tau (petugas kebersihan yang belum terima gaji), gimana dia mau menjaga kebersihan, orang dengan tukang sapunya aja gak mau tau, kok,” tegas Ahok. [Kompas.com]

2 COMMENTS

  1. Halo pak Ahok

    Jakarta banyak masalah sebab penduduknya terlalu banyak.

    Tolong dah DKI beli tanah di pulau-pulau terpencil lalu deportasi sebagian penduduk DKI ke pulau-pulau tsb terutama orang-orang yang ngeyel dan susah diatur.

    Ibarat orang gemuk, penyakit dan masalahnya kan banyak sekali. Nah kalo orang tsb dikurusin… penyakit dan masalah pasti berkurang sendirinya….

    Begitu pak…

  2. jangan lupakan, 2 hal terpenting: TRANSPARANSI dan juga AKSES BEBAS PUBLIK/MASYARAKAT !

    kalau perlu, bikinlah SEMUA SISTEM2 yg ada menjadi transparan, dan bisa di-akses oleh SEMUA & berbagai jenis kalangan masyarakat/publik/orang2 !

    sehingga masyarakat/siapapun bisa memberi masukan2, kritik2, saran2, keluhan2, atau bahkan ide2 BAGUS dan LANGSUNG ke pak Ahok, tanpa di-filter atau dimanipulasi oleh oknum2 / pejabat2 / orang2 yg ngga benar !

    Salam Indonesia maju !~

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here